BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas 2019 telah berakhir di Inggris dan masih berlangsung di Eropa. Drama di tiap bursa transfer musim panas biasanya cukup seru, tidak terkecuali di musim panas ini. Transfer-transfer besar masih berpeluang terjadi.

Kendati demikian, ada beberapa klub Eropa yang menjadi 'korban' di bursa transfer musim panas. Mereka harus menerima fakta pahit kesulitan menahan pemain-pemain terbaik yang hengkang ke klub lain.

Selama klub lain menyanggupi banderol pemain yang diinginkannya maka klub pemilik tak dapat berbuat banyak menahannya. Meski mereka mendapatkan uang untuk membeli pemain baru, pemain baru ini belum tentu dapat beradaptasi dengan permainan tim.

Baca Juga:

Phillipe Coutinho Bisa Picu Efek Domino di Bursa Transfer Musim Panas

Luka Jovic Kecewakan Zinedine Zidane, Inter Milan dan AS Roma Merapat

Neymar dan 4 Pemain yang Sebabkan Barcelona dan Real Madrid Perang

Lantas, klub mana saja yang kehilangan pemain-pemain andalan mereka musim ini? Berikut rangkuman BolaSkor.com:

1. Ajax Amsterdam

Matthijs de Ligt

Lasse Schone, Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Maximilian Wober, Daley Sinkgraven, merupakan beberapa nama pemain yang hengkang dari Ajax Amsterdam. Mereka ada dalam skuat asuhan Erik ten Hag yang musim lalu menjuarai Eredivisie dan Piala KNVB.

Penjualan terbesar dihasilkan dari De Ligt (85,50 juta euro ke Juventus) dan De Jong (75 juta euro ke Barcelona). Kehilangan talenta-talenta muda Ajax itu digantikan oleh pihak manajemen yang merekrut Quincy Promes, Edson Alvarez, Razvan Marin.

Rumor transfer eksodus pemain Ajax belum berakhir. Andre Onana, Hakim Ziyech, dan Donny van de Beek masih berpeluang hengkang mengingat talenta besar yang mereka miliki.

2. Eintracht Frankfurt

Luka Jovic

Keberhasilan tim asuhan Adi Hutter mencapai semifinal Liga Europa musim lalu dan finis di urutan tujuh klasemen Bundesliga tidak lepas dari peran dua striker andalan di depan, Luka Jovic dan Sebastian Haller.

Keduanya saling melengkapi musim lalu. Jovic bergerak mencari ruang dan menjadi predator di kotak penalti lawan, sementara Haller menahan bola dengan postur tubuh tinggi yang dimilikinya.

Jovic hengkang ke Real Madrid dengan banderol 60 juta euro dan Haller ke West Ham United sebesar 40 juta euro. Sejauh ini, Frankfurt belum merekrut pemain anyar di posisi itu dan baru mendatangkan Martin Hinteregger (bek tengah), Djibril Sow (gelandang tengah), dan Dominik Kohr (gelandang tengah).

3. Atletico Madrid

Antoine Griezmann

Manajemen Atletico boleh jadi paling sibuk di musim panas ini. Skuat mereka digerus dengan kepergian Antoine Griezmann, Lucas Hernandez, Rodri, Gelson Martins, Filipe Luis, Diego Godin, Juanfran, dan Luciano Vietto.

Akan tapi sebagai gantinya, mereka merekrut Joao Felix, Marcos Llorente, Mario Hermoso, Kieran Trippier, Felipe, Renan Lodi, dan Hector Herrera. Menarik untuk dinanti, bagaimana kiprah pemain-pemain baru itu di bawah asuhan Diego Simeone.

4. AS Roma

Daniele De Rossi

Kepergian legenda Roma, Daniele De Rossi, mengawali eksodus tim yang juga kehilangan Stephan El Shaarawy, Konstan Manolas, Luca Pellegrini, Gerson, Steven N'Zonzi, dan Rick Karsdorp. Giallorossi juga ditangani pelatih anyar, Paulo Fonseca.

Transfer masuk mereka sejauh ini adalah: Leonardo Spinazzola, Pau Lopez, Bryan Cristante, dan Amadou Diawara. Semoga saja pemain-pemain yang pergi, khususnya Manolas, bisa digantikan pemain lainnya dengan performa yang tidak kalah bagus.

5. Chelsea

Eden Hazard

Nasib malang dirasakan Chelsea di musim panas ini hingga bursa transfer musim dingin (Januari 2020). Pasalnya, The Blues tidak bisa merekrut pemain sebagai dampak rekrutmen di bawah umur dan mereka dikenai sanksi embargo transfer dari FIFA.

Parahnya lagi, Chelsea kehilangan Eden Hazard, David Luiz, Gary Cahill, yang notabene pemain penting di lini depan dan pemimpin di lini belakang. Sementara sisanya pemain-pemain muda yang dijual atau dipinjamkan ke klub lain.

Mau tidak mau Frank Lampard, manajer Chelsea, harus memanfaatkan skuat yang dimilikinya untuk mengarungi perjalanan panjang di musim 2019-20.