BolaSkor.com - Musim 2018-19 sudah ada di belakang. Kini sebagian besar pemain sedang menghabiskan waktu liburan sekaligus menyegarkan kondisi jelang pramusim digelar.

Diakui atau tidak, musim lalu terbilang sangat melelahkan. Hal ini biasa terjadi jika kompetisi berjalan setelah gelaran Piala Dunia. Tak sedikit pemain yang memulai musim dalam kondisi terkuras.

Situasi ini juga secara langsung atau tidak ikut berkontribusi kepada banyaknya pemain yang menderita cedera sepanjang musim lalu. Cedera memang selalu hadir, namun periode pasca Piala Dunia memperbesar peluang pemain dibekap cedera. Pada kompetisi yang memiliki persaingan ketat dan jadwal ketat, cedera tentu krusial.

Berikut empat klub Premier League yang paling sering dilanda cedera sepanjang musim 2018-19.

Baca Juga:

Perandaian Manchester United dengan Ponsel iPhone dan Nokia

Kesuksesan Chelsea Menangi Liga Europa Tak Lepas dari Takhayul Maurizio Sarri

Jesse Lingard

1. Manchester United (61)

Dibandingkan klub lain, jumlah cedera yang melanda Manchester United terbilang luar biasa. Setan merah tercatat dibekap cedera sebanyak 61 kali, atau 19 kali lebih banyak daripada urutan kedua.

Bahkan dalam laga melawan Liverpool yang berakhir imbang 0-0 di Old Trafford, cedera menghantam empat pemain sekaligus. Apakah ini bisa menjadi alasan gagalnya Setan Merah menembus empat besar?

2. Tottenham Hotspur (42)

Tak dimungkiri lagi, Tottenham Hotspur mampu mengakhiri musim dengan sangat luar biasa. Bagaimana tidak, mereka mampu finis di empat besar dan tampil di final Liga Champions tanpa membeli satu pemain baru.

Hebatnya lagi, pencapaian itu diraih setelah mereka 42 kali dilanda cedera. Tak tanggung-tanggung, pemain yang cedera terbilang memiliki peran penting dalam tim, seperti Dele Alli, Moussa Sissoko, dan lumbung gol mereka Harry Kane.

3. Liverpool (37)

Serupa dengan Tottenham, Liverpool boleh bangga dengan pencapaian mereka musim lalu. Mereka mampu finis di urutan kedua Premier League setelah bersaing ketat dengan sang juara, Manchester City hingga pekan terakhir. The Reds juga sukses meraih trofi Liga Champions keenam mereka setelah membekap Hotspur di final.

Semua itu diraih meski 37 kali pasukan asuhan Jurgen Klopp dihajar cedera. Rata-rata cedera yang melanda pun termasuk yang berdurasi lama. Contohnya, Liverpool tak bisa menggunakan jasa Alex Oxlade-Chamberlain, nyaris sepanjang musim. Pun dengan Naby Keita, Joe Gomes, atau Roberto Firmino.

4. Huddersfield dan Newcastle (36)

Berbeda dengan Liverpool dan Tottenham yang mampu mengatasi problema cedera, Huddersfield justru terdepak dari Premier League.

Sedangkan nasib Newcastle United sedikit lebih baik. Pasukan Rafa Benitez masih bisa selamat dari degradasi meski sama-sama dibekap cedera sebanyak 36 kali.

5. Arsenal (35)

Cedera rasanya sudah sangat akrab dengan Arsenal. Cedera selalu mengganggu laju mereka di Premier League setiap musimnya.

Musim lalu, 35 kali The Gunners diganggu cedera. Musim lalu, mereka tidak bisa memaksimalkan pemain andalan macam Aaron Ramsey atau Hector Bellerin. Bahkan Bellerin kemungkinan masih akan absen di awal musim depan.