5 Klub yang Merogoh Kocek Dalam untuk Merekrut Mantan Pemain Akademi

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 16 Juli 2022
5 Klub yang Merogoh Kocek Dalam untuk Merekrut Mantan Pemain Akademi
Paul Pogba pada 2016 (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak ada yang tahu pasti bagaimana masa depan, begitu juga dalam dunia sepak bola. Acapkali kejadian unik terjadi tanpa disadari ketika klub merogoh kocek dalam untuk merekrut pemain, pemain yang notabene produk akademi mereka.

Tidak terlalu banyak yang membahas bahwa kejadian itu sedianya unik, sebab ada momen ketika klub-klub tersebut memiliki pemain tanpa harus mengeluarkan uang transfer karena mereka produk akademi.

Alih-alih melakukannya mereka justru melepas sang pemain ke klub lain, lalu mereka berkembang di sana dan nilainya meningkat, kemudian di suatu hari mantan klubnya merekrutnya dengan harga tinggi.

Baca Juga:

Barcelona Sepakat Jual Frenkie de Jong ke Manchester United

Datangnya Ten Hag Tak Memudahkan Situasi Van de Beek di Manchester United

Curahan Hati David de Gea Usai Rasakan Metode Latihan Erik ten Hag

Kejadian itu sering terjadi dan dapat dimaklumi karena sekali lagi, tidak ada yang dapat melihat masa depan. Berikut BolaSkor.com menjabarkan sederet klub yang mengeluarkan banyak uang untuk merekrut mantan pemain akademi mereka.

1. Paul Pogba

Produk akademi Manchester United, promosi pada 2011 dan pergi pada 2012 ke Juventus. Selama empat tahun di sana Paul Pogba berkembang pesat dan memenangi trofi, lalu kembali ke Man United untuk periode kedua.

Berapa biaya yang dikeluarkan Man United? 89,3 juta poundsterling plus bonus dan jadi salah satu rekor pembelian termahal. Enam tahun di Man United, Pogba pun pergi gratis dan kini kembali ke Juventus bak deja vu.

2. Cesc Fabregas

Medio awal 2000-an merupakan era kejayaan produk La Masia Barcelona yang dipimpin oleh Xavi dan Andres Iniesta, selain mereka ada Pedro, Sergio Busquets, Carles Puyol, Gerard Pique, dan Cesc Fabregas.

Nama yang disebut terakhir direkrut Barcelona dari Arsenal sebesar 25,4 juta poundsterling. Fabregas produk La Masia yang pindah ke akademi Arsenal, lalu berkembang. Tiga musim di Barcelona, Fabregas memenangi LaLiga, mencetak gol dan menciptakan assist. Saat ini Fabregas masih aktif bermain.

3. Mats Hummels

Pemain yang bolak balik gabung dua klub sepanjang kariernya. Mats Hummels hanya berkecimpung di Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Bayern, lalu kembali lagi ke Dortmund dan kini masih aktif bermain pada usia 33 tahun.

Pada 2016 Hummels gabung Bayern seharga 35 juta euro dari Dortmund dan tiga tahun setelahnya Dortmund membelinya lagi seharga 37 juta euro. Hummels merupakan produk akademi Bayern Munchen.

4. Alvaro Morata

Pada 2020 Atletico Madrid mengeluarkan 58 juta poundsterling untuk merekrut produk akademi mereka, Alvaro Morata, dari Chelsea. Saat ini penyerang asal Spanyol masih aktif bermain di sana pada usia 29 tahun.

Dalam kariernya Morata sudah membela banyak klub dari Juventus, Real Madrid, dan Chelsea. Performa terbaiknya justru terlihat kala membela Il Bianconeri pada medio 2014-2016. Sukses besar meraih trofi juga ada dalam CV Morata.

5. Jordi Alba

Banyak produk La Masia yang tersebar bermain di Eropa dan cukup banyak juga yang diincar Barcelona. Blaugrana juga pernah merekrut salah satunya kala memboyong Jordi Alba dari Valencia seharga 14 juta poundsterling.

Alba dilepas Barcelona pada 2005 dengan dugaan tubuhnya yang kecil untuk ukuran bek. Tapi waktu menjawab keraguan itu. Alba berkembang pesat dan jadi salah satu bek kiri ofensif top di Eropa. Alba lincah dan dapat memberikan umpan silang hingga mencetak gol.

Paul Pogba Alvaro Morata Cesc Fabregas Trivia Sepak Bola Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan