BolaSkor.com - Setiap klub sepak bola memiliki akademi masing-masing. Nantinya, lulusan akademi mereka diharapkan mampu memperkuat tim utama ketika telah memasuki usia matang.

Meski begitu, tidak semua pemain akademi bisa memperkuat klub tersebut. Pasalnya, sebagian besar klub top justru memiliki akademi yang tidak begitu bagus.

Klub-klub di Inggris dan Italia contohnya, jarang menggunakan jasa pemain asal akademi mereka. Bahkan, lulusan akademi klub besar justru berakhir di kesebelasan semenjana.

Lain halnya dengan kesebelasan asal Portugal atau Spanyol. Mereka kerap memercayai produk akademinya sendiri dan menuai keuntungan dari cara tersebut.

Baca Juga:

3 Pemain yang Mengurangi Beban Lionel Messi di Barcelona

6 Efek Plus-Minus Boxing Day

5 Mantan Anak-anak Asuh Sir Alex Ferguson yang Banting Setir Jadi Pelatih

Lima kesebelasan Eropa terkenal memiliki akademi terbaik. Terlihat dari lulusan akademi yang memperkuat klub top lain atau menjadi tulang punggung klub.

Terdapat sejumlah kriteria untuk masuk ke dalam daftar ini. Seorang pemain harus minimal menimba ilmu selama dua tahun di akademi sepak bola klub tersebut sebelum berusia 21 tahun.

Selain itu, pemain yang dibeli ketika masih muda berbeda dengan lulusan akademi. Contohnya, Ivan Rakitic yang dibeli oleh Schalke 04 saat masih muda atau Kylian Mbappe ketika bergabung dengan PSG.

Lantas, siapa saja kesebelasan yang memiliki lulusan akademi terbaik? Berikut ini merupakan lima klub Eropa dengan akademi sepak bola terbaik saat ini: