5 Laga Boxing Day Paling Menarik di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 25 Desember 2021
5 Laga Boxing Day Paling Menarik di Premier League
Ilustrasi fans Premier League di Boxing Day (Twitter)

BolaSkor.com - Pandemi virus corona belum berakhir di dunia. Manusia beradaptasi dalam situasi 'new normal' dan aktivitas tetap berjalan seperti biasanya. Pun demikian dengan sepak bola dunia dan khususnya di Eropa.

Salah satu hal yang masih berjalan itu adalah tradisi sepak bola di Inggris bernama Boxing Day. Bukan hari bertinju tentunya, melainkan laga-laga sepak bola yang berlangsung satu hari (26 Desember) setelah Natal.

Kendati banyak dikritik pelatih-pelatih non Inggris karena Boxing Day masuk ke dalam periode sibuk (festive period) bulan Desember, berisiko membuat pemain-pemain mudah letih dan rawan cedera, Boxing Day tetap berlangsung.

Dari awalnya hari libur sebagai hadiah dari bos kepada karyawan-karyawannya di era Ratu Viktoria, Boxing Day saat ini lebih banyak diingat dengan laga-laga Premier League sebagai hiburan untuk fans sepak bola menikmatinya di rumah dengan keluarga, atau datang ke stadion.

Baca Juga:

4 Catatan Menarik Premier League di 2021

7 Pertandingan Paling Seru dalam Sejarah Boxing Day

Premier League dan Sejarah Boxing Day di Inggris

Para pemain, staf, hingga pelatih tetap profesional menjalankan tugas mereka dan fans bisa menikmatinya. Faktanya dalam sejarah laga-laga Boxing Day yang sudah dimulai sejak 1860, begitu banyak laga seru yang sudah berlangsung. Apa saja?

1. Manchester United 4-3 Newcastle (2012)

Pertarungan sengit terjadi pada Boxing Day 2012. Kala itu, ManUnited menjamu Newcastle United di Old Trafford. Gol sudah tercipta pada menit keempat. James Perch membawa Newcastle unggul 1-0.

Jonny Evans kemudian mencatatkan namanya di papan skor dua kali. Tapi satu golnya itu bukan hanya untuk timnya, tapi juga untuk tim lawan alias bunuh diri. Dalam kurun waktu tiga menit kedua gol Evans itu terjadi.

Kemudian, Patrice Evra mencetak gol pada menit ke-58 dan membawa Ma United menyamakan kedudukan. Namun, 10 menit berselang, tim tamu kembali unggul melalui gol Papiss Cisse.

Tertinggal, Man United meningkatkan intensitas serangan. Robin van Persie mencatatakan namanya di papan skor pada menit ke-71. Gol penentu kemenangan pun datang di menit 94 dari gol Javier "Chicharito" Hernandez.

Pada akhir musim 2012-2013 United juara Premier League ke-20 dan itu jadi musim terakhir Sir Alex Ferguson melatih klub.

2. Arsenal 7-3 Newcastle (2012)

Masih di tahun yang sama di laga lainnya yang dihelat di Emirates Stadium. Winger asal Inggris, Theo Walcott menjadi bintang pertandingan dengan hat-trick gol serta dua assists.

Empat gol lainnya dilesakkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Lukas Podolski, dan dua gol Olivier Giroud. Sedangkan tiga gol Newcastle lahir dari dua gol Demba Ba serta satu gol Sylvain Marveaux.

Alan Pardew, pelatih Newcastle berdalih kekalahan itu terjadi karena timnya kelelahan. Apapun itu drama 10 gol di Emirates Stadium merupakan hiburan bagi fans.

3. Chelsea 4-4 Aston Villa (2007)

Mundur pada 2007 dan lagi-lagi papan skor berakhir dengan banyaknya gol yang tercipta. Laga dihelat di Stamford Bridge antara Chelsea melawan Aston Villa. Pertandingan berakhir dengan total delapan gol, tiga kartu merah, dua penalti, dan drama ganti-gantian mencetak gol.

Empat pencetak gol Chelsea lahir dari dua gola Andriy Shevchenko, Alex, dan Michael Ballack. Sedangkan empat gol Villa dilesakkan Shaun Maloney (dua gol), Martin Laursen, dan Gareth Barry dari penalti.

4. Newcastle 7-1 Tottenham (1996)

Dipimpin oleh Gerald Ashby di St James Park, pembantaian terjadi di markas Newcastle United yang menghasilkan kemenangan 7-1 atas Tottenham Hotspur. Alan Shearer, Les Ferdinand, dan Rob Lee masing-masing mencetak dua gol dan satunya lagi oleh Philippe Albert.

Pada medio 1990-an Newcastle memang terkenal sebagai tim yang kerap bersaing di papan atas klasemen. Apalagi mereka punya striker legendaris Inggris Alan Shearer, yang kini jadi pandit sepak bola.

5. Sheffield Wednesday 3-3 Man United (1992)

Man United sempat mendominasi Premier League di era Sir Alex Ferguson. Tapi mereka juga pernah membangun skuad dan musim 1992-1993 salah satunya. Man United menyambangi markas Sheffield Wednesday di Boxing Day.

Sheffield secara mengejutkan mampu unggul jauh 3-0 dari gol David Hirst, Mark Bright, dan John Sheridan. United bangkit melalui dua gol Brian McClair dan satu gol Eric Cantona. Laga itu jadi fondasi penting untuk United.

Breaking News Premier League Boxing day Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan