BolaSkor.com - Derby d'Italia akan dimainkan di semifinal Coppa Italia 2020-2021. Inter Milan akan terlebih dahulu jadi tuan rumah di Giuseppe Meazza kontra Juventus, Rabu (2/2) pukul 02.45 dini hari WIB.

Derby d'Italia selalu jadi laga yang dinanti baik itu di Serie A atau Coppa Italia. Gengsi besar kedua tim sebagai tim-tim raksasa di Italia plus sejarah serta tensi akibat calciopolli memanaskan atmosfer tiap kali kedua tim bentrok.

Inter mengalahkan Juventus di pertemuan pertama mereka musim ini di Serie A. Dari laga itu Andrea Pirlo berharap anak-anak asuhnya belajar dan tidak mengulanginya di leg pertama nanti.

Baca Juga:

Prediksi Inter Milan Vs Juventus: Maksimalkan Laga Kandang

Andrea Pirlo Angkat Suara Usai Ronaldo Dituduh Langgar Protokol COVID-19

Lautaro Martinez Segera Akhiri Spekulasi Masa Depannya

"Banyak, itu mengajari kami bahwa ketika kami tidak berkonsentrasi, kami bukan Juventus. Kami beruntung bisa menghadapi Napoli di tiga hari terakhir kemudian dan kami langsung meningkatkan perhatian kami," tutur Pirlo.

"Kami tidak bisa bersantai sekarang, paruh kedua musim baru saja dimulai, kami memiliki banyak pertandingan di depan."

"Pertandingan biasa dari Inter. Kami sangat mengenal pelatih mereka dan kami siap menghadapi apa yang bisa terjadi. Mereka bertahan dengan sangat baik dan berbahaya dalam serangan balik dan dengan lari ke ruang terbuka, kami harus sangat berhati-hati," terang dia.

Pertemuan kedua tim nanti akan menambah daftar panjang laga-laga Derby d'Italia di Coppa Italia. Berikut BolaSkor.com menjabarkan laga-laga seru Coppa Italia yang pernah terjadi sebelumnya

1. Inter 2-2 Juventus - Perempat Final Coppa Italia 2008

Caption

Inter menjadi tuan rumah di Giuseppe Meazza. Meski bermain dengan 10 pemain setelah Nicolas Burdisso menerima kartu merah di awal laga, Inter malah unggul 2-0 dari dua gol yang dicetak Julio Cruz.

Juve baru bisa membalasnya dengan dua gol di 11 menit terakhir dan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka. Dua gol Juventus dicetak oleh Alessandro Del Piero dan Jean Alain-Boumsong. Hasil itu seyogyanya jadi modal bagus Juve untuk leg kedua di Turin.

Susunan Pemain:

Inter Milan: Toldo; Burdisso, Materazzi (Vieira 80), Rivas, Maxwell; Solari (J Zanetti 57), Maniche, Pele', Cesar; Cruz, Crespo (Cambiasso 67).

Juventus: Belardi; Birindelli (Boumsong 67), Grygera, Legrottaglie, Molinaro; Marchionni (Trezeguet 7), Nocerino, C Zanetti, Palladino; Iaquinta, Del Piero.

2. Juventus 2-3 Inter - Perempat Final Coppa Italia 2008

Derby d'Italia 2008

Dengan agregat gol sama kuat 2-2 di leg pertama, Juventus sedianya punya keunggulan gol tandang. Skenario berjalan baik kala mereka sudah unggul 2-1 dari gol Del Piero dan Vicenzo Iaguinta yang dibalas gol Mario Balotelli.

Akan tapi kala itu Inter arahan Roberto Mancini sedang dalam performa terbaik - salah satu era terbaik - dan mampu berbalik unggul 3-2 dari gol tambahan Balotelli dan penalti Cruz. Balotelli mengumumkan namanya di mata dunia sebagai pemuda bertalenta dan membawa Inter ke semifinal.

Susunan Pemain:

Juventus: Belardi; Birindelli, Legrottaglie, Stendardo, Molinaro; Salihamidzic, Nocerino, Zanetti, Nedved; Del Piero, Iaquinta.

Inter Milan: Toldo; Maicon, Cordoba, Rivas, Maxwell; Maniche, Pele, Stankovic; Jimenez; Cruz, Balotelli.

3. Inter 2-1 Juventus - Perempat Final Coppa Italia 2010

Derby d'Italia 2010

Juventus 'tidak beruntung' menghadapi Inter arahan Jose Mourinho yang sedang berada dalam permainan terbaik, pada musim ketika Il Nerazzurri menyabet treble winners titel Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Diego Ribas sempat membawa Juve unggul 1-0 dari gol Diego Ribas, namun La Beneamata melakukan comeback dan berbalik menang melalui gol Lucio dan Mario Balotelli. Kemenangan di perempat final Coppa Italia membawa Inter terus melaju ke final dan menang 1-0 atas Roma.

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon; Grosso, Chiellini, Cannavaro, Caceres; Marchisio, Melo, Sissoko, Diego; Amauri, Del Piero

Inter Milan: Cesar; Chivu, Samuel, Lucio, Zanetti; Motta, Cambiasso, Muntari, Stankovic; Milito, Eto'o

4. Juventus 3-0 Inter - Semifinal Coppa Italia 2016

Selebrasi gol Alvaro Morata

Juventus dan Inter telah mengalami perubahan sejak terakhir bertemu pada 2010. Juve dilatih oleh Massimiliano Allegri dan Inter oleh Roberto Mancini di periode kedua. Pada leg pertama semifinal Juve terlalu tangguh untuk Inter.

Il Bianconeri menang 3-0 melalui gol yang dicetak Alvaro Morata dan Paulo Dybala. Kemenangan dengan skor telak menempatkan Juventus sebagai unggulan jelang leg kedua.

Susunan Pemain:

Juventus: Norberto Neto; Martin Caceres, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini; Patrice Evra, Claudio Marchisio, Kwadwo Asamoah, Juan Cuadrado, Paul Pogba; Mario Mandzukic, Alvaro Morata

Inter: Handanovic; Nagatomo, Joao Miranda, Jeison Murillo, D'Ambrosio; Melo, Medel, Kondogbia; Biabiany, Jovetic, Adem Ljajic

5. Inter 3-0 Juventus - Semifinal Coppa Italia 2016

Derby d'Italia pada 2016

Meski tertinggal 0-3 di leg pertama Inter nyatanya belum menyerah di leg dua semifinal Coppa Italia 2016. Mereka mampu menyamakan agregat gol jadi 3-3 melalui gol yang dicetak Ivan Perisic dan dua gol Marcelo Brozovic.

Laga dilanjutkan via drama adu penalti dan Juventus mampu menebus kelengahan mereka di leg dua ini. Juventus menang 5-3 via drama adu penalti dan melaju ke final.

Susunan Pemain:

Inter: Carrizo; Nagatomo, Jesus, D'Ambrosio, Santon; Brozovic, Medel, Perisic, Biabiany; Manaj, Palacio

Juventus: Neto; Rugani, Bonucci, Barzagli; Sandro, Sturaro, Pogba, Lemina, Cuadrado; Morata, Zaza