5 Laga Derby yang Libatkan Lebih dari Dua Klub

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 01 Maret 2021
5 Laga Derby yang Libatkan Lebih dari Dua Klub
Chelsea vs Arsenal (Twitter)

BolaSkor.com - Laga derby merupakan salah satu daya tarik dalam sepak bola. Persaingan antara dua klub sekota sering menambah bumbu-bumbu pertandingan itu sendiri.

Sejumlah derby yang terkenal yaitu, Derby Merseyside, Derby della Madonnina, Derby Manchester, Revierderby, Derby della Capitale dan masih banyak lagi. Rivalitas antara klub yang terlibat dalam duel-duel di atas sudah terjalin dalam waktu yang lama.

Baca Juga:

4 Momen Menarik dalam Sejarah Duel Inter Milan Vs Lazio

Sederet Produk Akademi yang Menghiasi Skuat Chelsea dan Man United

Adu Mahal Transfer Chelsea dan MU dalam Lima Musim Terakhir

Memenangi laga derby bukan sekadar demi untuk meraih tiga poin. Ada gengsi yang dipertaruhkan untuk menegaskan raja di kota tersebut.

Namun tidak semua laga derby milik dua klub saja. Sejumlah kota memiliki lebih dari dua klub.

Berikut ini lima laga derby dari penjuru dunia yang melibatkan lebih dari dua klub:

1. Derby London

Klub sepak bola yang ada di London

London merupakan salah satu kota yang memiliki klub sepak bola terbanyak di dunia. Setidaknya saat ini ada 30 wakil dari ibu kota Inggris tersebut yang berlaga di berbagai tingkatan kompetisi yang diakui FA.

Enam di antaranya kini berlaga di Premier League. Keenam klub yang dimaksud tersebut adalah Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Fulham, Crystal Palace, dan West Ham United.

Kondisi tersebut membuat laga bertajuk Derby London tidak mutlak milik dua klub saja. Meskipun dalam lebih dari satu dekade terakhir, duel Chelsea kontra Arsenal lebih dikedepankan menyandang laga ini.

Arsenal dan Tottenham bahkan juga punya rivalitas sendiri karena sama-sama terletak di bagian utara. Pertemuan kedua tim pun lebih suka dilabeli Derby London Utara dan merupakan salah satu yang terpanas di Inggris.


2. Derby Moscow

CSKA Moscow vs Spartak Moscow

Kota Moscow saat ini memiliki 12 klub profesional. Empat di antaranya berlaga di kasta tertinggi yaitu Russian Premier League.

Keempat tim yang berlaga di kasta tertinggi adalah Spartak Moscow, CSKA Moscow, Lokomotiv Moscow, dan Dynamo Moscow. Dua tim pertama merupakan klub tersukses di Rusia.

Spartak merupakan penguasa liga Rusia dengan koleksi 10 gelar juara. Sementara CSKA tepat berada di bawahnya dengan 6 trofi.

Duel Spartak kontra CSKA sering disebut dengan Main Moscow Derby yang mengacu dari prestasi kedua klub tersebut. Rivalitas keduanya kian panas karena diwarnai dengan fanatisme suporter masing-masing.

Sementara duel Spartak kontra Dynamo juga bukan Derby Moscow biasa. Laga ini biasa disebut The Oldest Russian Derby.

Kedua tim memang menjadi dua tim sekota pertama yang mewarnai sepak bola Rusia. Spartak dan Dynamo sudah bersaing sejak awal abad ke-20.


3. Derby Istanbul

Panasnya duel Fenerbahce vs Galatasaray

Sama seperti London, Istanbul menjadi salah satu kota yang memiliki klub sepak bola terbanyak di Eropa. Saat ini tercatat ada 26 tim yang berlaga di berbagai strata kompetisi profesional.

Ada tiga klub asal Istanbul yang paling populer yaitu Fenerbahce, Besiktas, dan Galatasaray. Padahal ada tiga klub lain yang juga berlaga di kasta tertinggi seperti Istanbul Basaksehir, Kasimpasa, dan Fatih Karagumruk.

Meski begitu, derby Istanbul lebih sering melekat kepada duel Fenerbahce kontra Galatasaray. Duel kedua tim juga biasa disebut Intercontinental Derby.

Hal itu tak lepas dari banyaknya latar belakang yang memanaskan rivalitas kedua klub bersama suporter setianya. Mulai dari konflik sosial, politik, hingga persaingan sisi Eropa dan Asia menjadi sumber permusuhan Fenerbahce dan Galatasaray.


4. Derby Madrid

Real Madrid vs Atletico Madrid

Selama ini Derby Madrid lebih dikenal dengan pertemuan Real Madrid dan Atletico Madrid. Namun ada sejumlah klub lain yang berasal dari ibu kota Spanyol tersebut.

Saat ini ada sembilan klub asal Madrid yang berpartisipasi di kompetisi sepak bola Spanyol. Getafe menemani Real dan Atletico sebagai kontestan LaLiga.

Namun klub-klub lain memang kesulitan menggeser pamor Real dan Atletico. Jadi tak heran jika tajuk Derby Madrid akan terus melekat kepada keduanya dalam beberapa tahun ke depan.


5. Derby Rio de Janeiro

Rio de Janeiro

Reputasi Brasil sebagai negara sepak bola tergambar jelas melalui salah satu kotanya, Rio de Janeiro. Di sini tercatat ada 24 klub yang eksis mewarnai berbagai tingkatan kompetisi.

Di kota ini juga merupakan markas empat klub besar Brasil, Botafogo, Flamengo, Fluminense, dan Vasco da Gama.

Menariknya, duel yang mempertemukan keempat klub tersebut punya nama derby yang berbeda-beda. Hal ini tak lepas dari hubungan dan sejarah rivalitas di antara mereka.

The Fla-Flu (Flamengo vs Fluminense), The Classic of Millions (Flamengo vs Vasco da Gama), Botafogo vs Flamengo (The Rivalry Derby). Sementara Botafogo vs Fluminense (The Grandpa Derby, Vasco da Gama vs Botafogo (The Black and White Derby), dan Vasco da Gama vs Fluminense (The Giants Derby).

Derby London Derby madrid Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan