5 Laga Paling Bersejarah Persib Bandung

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 14 Maret 2021
5 Laga Paling Bersejarah Persib Bandung
Logo Persib. (persib.co.id)

BolaSkor.com - Persib Bandung merupakan tim sepak bola kesayangan masyarakat Bandung, bahkan Jawa Barat. Tim berjulukan Maung Bandung ini lahir pada 14 Maret 1933.

Rangkaian perjalanan dalam menjalani berbagai pertandingan sepak bola di Indonesia telah diarungi. Tentunya menyimpan catatan sejarah yang menjadi kebanggaan.

Bolaskor mencoba untuk merangkum beberapa pertandingan yang paling bersejarah bagi Persib Bandung. Mulai dari zaman Perserikatan hingga Liga Indonesia.

1. Persib Bandung Vs Perseman Manokwari

Tepat 11 Maret 1986, Persib berhadapan dengan Perseman Manokwari. Kedua tim bertemu pada babak final Kompetisi Perserikatan di Stadion Utama Senayan Jakarta (sekarang Stadion Utama Gelora Bung Karno).

Di laga ini, Persib berhasil mengalahkan Perseman Manokwari dengan skor 1-0. Sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 25 tahun.

Bertanding di hadapan puluhan ribu bobotoh yang memadati Stadion Utama Senayan, gol tunggal kemenangan Persib dicetak Djadjang Nurdjaman pada menit 77.

Keberhasilan itu disambut euforia luar biasa publik sepak bola Bandung dan Jawa Barat. Maklum, Persib terakhir kali menjadi juara pada tahun 1961. Apalagi, setelah sempat bertarung di Divisi I dalam dua musim kompetisi, tim kebanggaan bobotoh ini pun selalu gagal menjadi juara akibat kekalahan adu penalti dari PSMS Medan pada grandfinal Kompetisi Perserikatan 1983 dan 1985.

Pada pertandingan grandfinal, pelatih Nandar Iskandar menurunkan komposisi pemain Sobur (kiper); Adeng Hudaya, Robby Darwis, Suryamin, Ade Mulyono; Adjat Sudradjat, Bambang Sukowiyono, Iwan Sunarya; Suhendar, Dede Rosadi dan Djadjang Nurdjaman.

Sedangkan pelatih Perseman, Paul Cunming kembali mengandalkan Adolf Kabo, Yonas Sawor, Wellem Mara, Yohanis Kambuaya dan Eli Rumaropen.

Baca Juga:

Nostalgia - Drama Kontra Persipura di Buligir Day Berakhir Juara bagi Persib

5 Pemain Lokal Terbaik Persib Sepanjang Sejarah

2. Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya

(persib.co.id)

Laga berlangsung 11 Maret 1990. Sempat tertatih-tatih di awal musim, Persib akhirnya bisa mendapatkan gelar juara Kompetisi Perserikatan 1989-1990.

Persib berhasil mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0. Satu di antara dua gol Persib merupakan gol bunuh diri pemain Persebaya, Subangkit menit keenam. Sedangkan satu gol lainnya dicetak Dede Rosadi menit ke-59.

Gelar juara ini membuat pengorbanan sekitar 80 ribu Bobotoh yang datang langsung ke Stadion Utama Senayan, Jakarta tak sia-sia. Mereka larut dalam kegembiraan sekaligus membungkam sekitar 40 ribu pendukung Persebaya di stadion.

Bahkan di tengah kegembiraan, Ade Dana sang pelatih jatuh pingsan karena rasa gembira yang tak tertahankan. Lagu "Halo-Halo Bandung" terus menggema mengiringi rombongan tim dari stadion menuju Hotel kartika Chandra.

Di laga tersebut, pelatih Ade Dana memasang komposisi pemain Samai Setiadi (kiper), Dede Iskandar, Ade Mulyono, Robby Darwis, Adeng Hudaya (belakang), Asep Sumantri, Yusuf Bachtiar, Adjat Sudradjat (tengah), Nyangnyang/Dede Rosadi, Sutiono Lamso, Djadjang Nurdjaman.

Sementara Persebaya yang ditangani pelatih Koesmanhadi memasang I Gusti Putu Yasa (kiper), Muharom Rosdiana, Usman Hadi, Maura Helly, Subangkit, Nuryono Haryadi, Ibnu Graham, Yusuf Ekodono, Syamsul Arifin, Putut Wijanarko, Budi Yohanis/Seger Sutrisno. Bagi Persib, ini adalah gelar juara keempat kalinya setelah tahun 1937, 1961 dan 1986.

Baca Juga:

Gustavo Fabian Lopez, Cukup Satu Musim Menjadi Legenda di Arema

5 Pemain Lokal Terbaik PSIS Semarang Sepanjang Sejarah

3. Persib Bandung Vs Petrokimia Gresik

Pertandingan digelar pada 30 Juli 1995, di musim pertama kompetisi bertajuk Liga Indonesia. Di tahun ini Persib berhasil menjadi juara mengalahkan Petrokimia Gresik di babak final yang digelar di Stadion Utama Senayan, Jakarta.

Padahal awalnya Persib tidak akan mengikuti kompetisi yang merupakan peleburan Perserikatan dan Galatama ini. Alasannya karena kesulitan anggaran.

Namun, pelatih Persib Indra Thohir dan Wahyu Hamijaya yang merupakan Ketua Umum Persib kala itu memberanikan diri untuk terlibat. Akhirnya Persib tampil di Liga Indonesia pertama yang dinamai Ligina.

Meski PSSI memperbolehkan setiap klub diperkuat oleh tiga pemain asing, Persib yang ditangani pelatih Indra Thohir dan asistennya Djadjang Nurdjaman serta Emen Suwarman memilih untuk menggunakan jasa para pemain lokal.

Seperti di posisi penjaga gawang diperkuat Aries Rinaldi, Anwar Sanusi, Samai Setiadi, Yohannes Gatot Prasetyo. Lalu Nandang Kurnaedi, Dede Iskandar, Robby Darwis, Roy Darwis, Mulyana, Yadi Mulyadi, Nunung Mulyadi, Dudi Subandi, Hendra Komara, Nana Supriatna, Dadang Hidayat, Asep Sumantri, Yudi Guntara, Yusuf Bachtiar, Yaya Sunarya, Asep Kustiana, Sutiono Lamso, Asep Dayat, Asep Poni, Kekey Zakaria, Tatang Suryana, Dadang Kurnia.

Di babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0. Di babak kedua Persib berhasil memecah kebuntuan di menit ke-76 melalui Yusuf Bachtiar. Tidak ada lagi gol tercipta, Persib berhasil memastikan diri menjadi juara Liga Indonesia pertama.

Trivia Sepak Bola Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan