BolaSkor.com - Sepak bola dan musik merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Di mana ada pertandingan mengolah si kulit bundar, di situ terdapat fans yang menyanyikan yel untuk memberi semangat.

Tak hanya saat menang atau sedang memberikan semangat, tetapi untuk mengangkat moral tim. Contohnya ketika fans timnas Inggris menyanyikan lagu Stop Crying Your Heart Out saat tersingkir dari Piala Dunia 2002.

Sejarah mencatat penggunaan komposisi musik di stadion sepak bola telah ada sejak dekade 1950an. Saat itu, fans klub asal Skotlandia, Hibernian, menyanyikan lagu Glory Glory ditambah nama klub mereka.

Sejak saat itu, fans kesebelasan lain mengadaptasi lagu tersebut ketika tim kesayangan mereka bertanding. Paling terkenal saat digunakan fans Manchester United menjadi Glory Glory Man United.

Baca Juga:

Eden Hazard dalam Angka Selama Membela Chelsea

Jangan Bingung, Mengenal 7 Aturan Baru Premier League 2019-2020

Fans Sepak Bola

Berangsur-angsur lagu populer pun mendapatkan rumah baru, di stadion sepak bola. Banyak orang tidak mengetahui suatu lagu, tetapi ikut menyanyikannya ketika kesebelasan bertanding.

Lantas, apa yang membuat lagu-lagu itu populer di stadion? Apabila diperhatikan, terdapat formula yang hampir sama: punya kalimat berulang yang mudah diingat dan memiliki ritme yang tidak terlalu rumit.

Hasilnya, muncul sub genre dari musik rock yang bernama stadium rock. Ciri-cirinya? Seperti yang sudah disebutkan di atas dan menjadi anthem dari sejumlah klub.

Memang, terdapat sejumlah lagu yang identik dengan beberapa klub. Sebut saja You'll Never Walk Alone dengan Liverpool atau This Is the One dengan Manchester United.

Namun, terdapat sejumlah karya lagu yang saking populernya bisa dinyanyikan oleh fans beberapa kesebelasan sekaligus. Lantas, lagu apa saja yang dimaksud? Berikut ini BolaSkor.com merangkum lima di antaranya.