BolaSkor.com - Begitu banyak pertandingan besar yang berlangsung di akhir pekan ini. Salah satu yang dinanti ada di pekan 21 Premier League antara Arsenal melawan Manchester United di Emirates Stadium, Minggu (31/01) pukul 00.30 dini hari WIB.

Arsenal dan MU merupakan dua rival klasik dengan klimaks persaingan terjadi di antara dua manajer legendaris, Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson pada medio 1990-an hingga 2000-an.

Jelang bentrok kedua tim baik Arsenal dan MU datang dalam kondisi yang berbeda. Arsenal tengah on fire menyusul kebangkitan performa mereka dan baru menang 3-1 atas Southampton, sementara MU merasakan kekalahan pertama sejak November saat takluk 1-2 dari Sheffield United.

Baca Juga:

MU 'Berikan' Rekor Fantastis untuk Sheffield United

Real Madrid Resmi Sekolahkan Martin Odegaard di Arsenal

Juventus Usik Upaya Arsenal Rekrut Houssem Aouar

Man United masih lebih baik dari segi posisi klasemen di urutan dua dengan raihan 40 poin dari 20 laga, sedangkan Arsenal di peringkat sembilan dengan koleksi 30 poin dari 20 pertandingan. Tak ayal laga keduanya nanti akan menguji tekad kedua tim.

Sudah cukup banyak momen atau drama tiap kali Arsenal bentrok melawan MU. BolaSkor.com coba menjabarkan lima momen atau drama tersebut. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Pizzagate

Laga sengit Arsenal vs MU pada 2004

Pernahkah Anda membayangkan potongan pizza mendarat di muka Sir Alex Ferguson? Sulit dibayangkan tapi itulah yang terjadi pada Oktober 2004. Arsenal menyambangi Old Trafford sebagai juara bertahan Premier League dan rekor tak pernah kalah (49 laga).

Laga berlangsung sengit dan MU mengakhiri rekor itu dengan kemenangan 2-0. Akan tapi tensi laga berlanjut hingga laga berakhir ketika sebuah cerita legendaris di Inggris terjadi.

Para pemain kedua tim saling dorong dan ribut di lorong menuju kamar ganti. Di tengah kemelut itu Cesc Fabregas muda melempar potongan pizza dan mendarat tepat di wajah Ferguson. Itu diakui oleh Fabregas 13 tahun setelahnya.

"Ya, (saya melempar pizza ke Ferguson). Tiba-tiba saya mendengar suara (dari lorong) dan berpikir apa yang terjadi? Jadi saya pergi mengeceknya dengan membawa sepotong pizza dan saya melihat Sol Campbell, Rio Ferdinand, Martin Keown, dan semuanya saling mendorong," tutur Fabregas dalam acara "A League of Their Own" yang dipandu James Corden.

"Saya seperti ingin menengahi mereka, tapi tidak tahu bagaimana caranya dan kemudian saya melempar pizza dan mengenai wajahnya, yang saya tidak bermaksud melakukannya. Saya meminta maaf kepada Sir Alex, saya benar-benar tidak bermaksud melakukannya," terangnya.

Momen itu jadi salah satu yang terbaik menggambarkan rivalitas kedua tim.

2. Arsenal Juara di Old Trafford

Arsenal juara Premier League 2002 di Old Trafford

Kenangan pahit kala melihat MU juara treble winners 1999 dan kekalahan 1-6 di Old Trafford dibayar tuntas pada 2002. Arsenal memenangi 13 laga terakhir liga dan tidak terbendung dengan klimaks terjadi di Old Trafford.

Arsenal menang 1-0 kontra MU melalui gol tunggal Sylvain Wiltord dan memastikan titel Premier League. Merayakannya di Old Trafford menambah kepedihan Man United.

3. Teriakan Martin Keown kepada Ruud van Nistelrooy

Martin Keown teriak di depan Ruud van Nistelrooy

Laga berakhir imbang tanpa gol di Old Trafford pada September 2003. Hasil akhir memperlihatkan laga terkesan berjalan monoton tanpa gol, tapi faktanya tidak demikian dengan sengitnya pertandingan di antara kedua kubu.

Keributan hampir terjadi kala Patrick Vieira menerima kartu merah usai melanggar Ruud van Nistelrooy sebelum dilerai Roy Keane. Van Nistelrooy punya peluang memenangi laga kala mendapatkan penalti (diduga melakukan diving) di akhir laga.

Namun sepakannya tak menemui mistar gawang. Martin Keown dengan emosional dan girangnya beteriak di depan wajah Nistelrooy. Pada akhir musim Arsenal juara Premier League.

4. Gol Ikonik Ryan Giggs

Gol Ryan Giggs ke gawang Arsenal

Gol penanda era di Manchester United dan juga yang nantinya dikenal sebagai angkatan 1992 yang terkenal di Eropa dan dunia. Pada musim treble winners bersejarah MU 1999 Ryan Giggs muda mencetak gol indah ke gawang Arsenal.

Pada ajang Piala FA dan kalah jumlah pemain dari Arsenal, Ferguson memasukkan Giggs dari bangku cadangan dan ia berlari menyisir sayap melewati pemain-pemain Arsenal sebelum melepaskan gol indah dengan kaki kirinya ke gawang Arsenal. Gol itu jadi salah satu momen terbaik di Piala FA.

5. Titel Pertama Liga Arsene Wenger

Arsene Wenger kala memenangi titel Premier League

Arsene Wenger datang menangani Arsenal pada 1996 dan dua tahun setelahnya sukses memenangi titel liga. Arsenal melakukannya dengan cara yang hebat setelah sempat tertinggal 12 poin dari Man United yang ada di puncak klasemen.

Klimaks dari persaingan itu terjadi kala gol Marc Overmars yang terkenal di Inggris tercipta di Old Trafford, membawa Arsenal menang 1-0 atas MU dan menjuarai liga.