5 Momen Hujan Gol di Derby della Madonnina

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 04 Februari 2023
5 Momen Hujan Gol di Derby della Madonnina
Derby della Madonnina (Twitter)

BolaSkor.com - Derby della Madonnina akan mewarnai lanjutan Serie A 2022-2023, akhir pekan ini. Duel Inter Milan kontra AC Milan ini menjanjikan pertarungan sengit.

Duel kedua tim akan berlangsung di Giuseppe Meazza, Senin (6/2), pukul 02.45 dini hari WIB. Milan wajib menang untuk menyalip posisi Inter di klasemen sementara.

Fakta tersebut membuat Inter dan Milan dipastikan tampil ngotot untuk meraih kemenangan. Apalagi gengsi laga derby tentu berbeda dari pertandingan lain.

Baca Juga:

Milan Skriniar Siap Tampil di Derby della Madonnina

Derby della Madoninna, Panggung Spesial Rafael Leao di Laga ke-100

Olivier Giroud Ketagihan Lakoni Derby della Madonnina

Bukan tidak mungkin Derby della Madonnina edisi kali ini diwarnai hujan gol. Pecinta sepak bola tentu berharap kedua tim terlibat aksi kejar-mengejar gol yang sengit.

Untuk sedikit bernostalgia, BolaSkor.com telah merangkum lima momen hujan gol yang terjadi di Derby della Madonnina pada periode 2000-an. Berikut rangkumannya:

1. AC Milan 3-2 Inter Milan (21 Februari 2004)

Salah satu Derby della Madonnina terseru terjadi pada 21 Februari. Dalam pertandingan ini, Milan melakukan comeback gemilang untuk mengalahkan musuh bebuyutannya dengan skor 3-2.

Dalam laga ini, Milan harus tertinggal 0-2 hingga babak pertama berakhir. Saat itu Inter mencetak dua gol melalui aksi Dejan Stankovic (15') dan Cristiano Zanetti (40').

Kondisi ini membuat Milan tertekan. Tim asuhan Carlo Ancelotti itu memang wajib meraih kemenangan demi menjaga posisinya di puncak klasemen.

Keajaiban pun terjadi di babak kedua. Milan secara mengejutkan mampu menyamakan kedudukan dalam tempo dua menit lewat dua gol yang dicetak Jon Dahl Tomasson (56') dan Ricardo Kaka (57').

Clarence Seedorf akhirnya memastikan kemenangan Milan lima menit jelang waktu normal berakhir, Tendangan kerasnya gagal dihentikan oleh Francesco Toldo.

Kemenangan atas Inter membantu Milan meraih Scudetto di akhir musim. Mereka unggul sembilan poin dari AS Roma pada klasemen akhir.


2. Inter Milan 3-2 AC Milan (12 Desember 2005)

Dua musim berselang tepatnya pada paruh pertama musim 2005-2006, Derby della Madonnina yang tak kalah sengit terjadi. Inter mampu mengalahkan Milan dengan skor 3-2 lewat sebuah pertandingan yang ketat.

Inter mampu unggul lebih dulu lewat penalti Adriano pada menit ke-23. Namun 15 menit berselang, giliran Milan membalas lewat penalti Andriy Shevchenko.

Inter kembali unggul pada menit ke-63 lewat aksi Obafemi Martins. Kedudukan ini bertahan hingga waktu normal tersisa lima menit.

Pada momen ini, banyak pihak berpikir Inter akan keluar sebagai pemenang. Namun Jaap Stam kembali membuat kedudukan imbang lewat golnya pada menit ke-85.

Drama terjadi pada masa injury time. Sebuah skema sepak pojok yang didapat Inter mampu diteruskan Adriano dengan sundulan kepala yang merobek jala gawang Milan kawalan Nelson Dida.

Penyerang berkebangsaan Brasil itu merayakan gol ini dengan sangat emosional sambil melepas jersey. Sebuah pertandingan yang sangat menghibur.


3. AC Milan 3-4 Inter Milan (28 Oktober 2006)

Inter seperti akan menang mudah dalam pertandingan ini usai unggul tiga gol lebih dulu. Hernan Crespo, Dejan Stankovic, dan Zlatan Ibrahimovic mencatatkan namanya di papan skor saat laga baru memasuki menit ke-48.

Milan kemudian mencoba bangkit lewat gol Clarence Seedorf tiga menit berselang. Namun Inter kembali menjauh usai sundulan Marco Materazzi pada menit ke-70 berbuah gol keempat.

Di waktu tersisa, Milan mengurung pertahanan Inter. Sayangnya, hanya dua gol yang mampu mereka ciptakan melalui sundulan Alberto Gilardino dan sontekan Ricardo Kaka.


4. Inter Milan 4-2 AC Milan (6 Mei 2012)

Sebuah pil pahit harus ditelan Milan pada 6 Mei 2012. Saat itu, Rossoneri harus takluk 2-4 dari Inter pada Derby della Madonnina yang sekaligus memastikan kegagalan mereka merebut Scudetto.

Sebelum pertandingan, Milan memang wajib menang demi memaksa perburuan Scudetto berlanjut hingga pekan terakhir. Saat itu mereka hanya tertinggal dua poin dari Juventus di puncak klasemen dengan dua laga tersisa.

Namun Inter yang tak rela melihat tetangganya berpesta coba menghalau. La Beneamata bahkan mampu mencuri gol cepat lewat Diego Milito ketika laga baru berjalan 14 menit.

Milan sempat menunjukkan mental juaranya dengan membalikkan kedudukan lewat aksi Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-44 dan 46. Namun kondisi ini tak bertahan lama.

Inter mampu membalikkan kedudukan lagi di sisa laga setelah tiga kali menjebol gawang Milan. Gol-gol kemenangan Inter dicetak oleh Diego Milito (53', 79') dan Maicon (87').


5. Inter Milan 4-2 AC Milan (9 Februari 2020)

Derby della Madonnina yang tak kalah seru tersaji pada 9 Februari 2020. Inter dan Milan kembali terlibat aksi kejar-mengejar gol yang sengit.

Milan seperti akan meraih kemenangan dengan mudah saat menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh Ante Rebic (40') dan Zlatan Ibrahimovic (45').

Di luar dugaan, Inter menunjukkan penampilan yang berbeda pada paruh kedua. Tim asuhan Antonio Conte tersebut secara sensasional mampu mencetak empat gol balasan untuk membalikkan kedudukan menjadi 4-2.

Empat gol balasan Inter dicetak oleh Marcelo Brozovic (51'), Matias Vecino (54'), Stefan de Vrij (70') dan Romelu Lukaku (90').

Derby della madonnina Serie a Inter Milan AC Milan Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan