BolaSkor.com - Jose Mourinho adalah pelatih atau manajer top Eropa yang dikenal kontroversial. Hal itu tak perlu diragukan lagi. Disebut top karena sederet trofi yang diraihnya bersama klub-klub, namun disebut juga kontroversial karena ucapanya yang acapkali di luar dugaan.

The Special One tidak pernah menahan ucapannya dengan apa yang terlintas di benak pikirannya, meski pun itu berkaitan dengan klub atau pemain-pemain yang pernah dilatihnya.

Contoh musim ini bisa dilihat dengan kritikannya kepada Tanguy Ndombele, rekrutan anyar Tottenham Hotspur dari Olympique Lyonnais sebesar 62 juta plus 10 juta euro (total 72 juta euro).

Baca Juga:

Pahit Manis Hubungan Mesut Ozil dan Jose Mourinho di Real Madrid

Kembali Membusungkan Dada, Jose Mourinho Sebut Real Madrid 2011-2012 Tim Terbaik di Eropa

Ketika Lampard, Drogba, Terry Menangisi Kepergian Jose Mourinho dari Chelsea

"Menurut saya pada babak pertama, kami tidak punya gelandang. Tentu saja saya tidak membicarakan (Oliver) Skipp, dia masih berusia 19 tahun. Saya tidak mengkritik Skipp. Tanguy punya waktu yang cukup untuk naik ke level selanjutnya," tutur Mourinho.

"Saya harap dia (Ndombele) harus menjadikan setiap menit bermainnya di Premier League sebagai kesempatan untuk berkembang. Banyak sekali pemain luar biasa hebat kesulitan beradaptasi di musim pertamanya jika dia bermain di sebuah liga yang baru. Banyak sekali contohnya.

"Dia memiliki talenta yang luar biasa, dia tahu harus melakukan yang lebih baik dan mengerti saya tidak bisa memberinya banyak kesempatan bermain karena tim ini jauh lebih penting."

Mourinho menuturkannya pada awal Maret lalu ketika Spurs imbang 1-1 melawan Burnley. Ndombele bukan satu-satunya contoh pemain yang dikritik atau diserang Mourinho kala ia berbicara di depan publik.

Berikut penjabaran dari BolaSkor.com mengenai pemain-pemain yang pernah dikritik atau diserang Mourinho:

1. Eden Hazard

Jose Mourinho dan Eden Hazard

Bintang seperti Eden Hazard pun tak lepas dari kritikan. Tepatnya terjadi pada semifinal Liga Champions 2013-14 selepas kekalahan 1-3 Chelsea dari segi agregat gol kontra Atletico Madrid. Hazard mengkritik permainan The Blues yang terlalu bertahan.

Mourinho tentu saja tidak tinggal diam meresponsnya. Dia mengkritik kekurangan Hazard dalam fase bertahan dan membantu tim.

"Ketika komentar datang dari seorang pemain seperti Eden, ini normal karena dia bukan tipe pemain yang mengorbankan dirinya untuk tim," tutur Mourinho.

"Normalnya, Anda mendapatkan komentar seperti ini dari pemain sepertinya, dari pemain yang tidak dapat menyelesaikan masalah seperti yang kami alami di gol pertama. Eden tipe pemain yang tidak siap secara mental untuk melihat bek kiri dan menyerahkan nyawanya untuknya," cetusnya.

2. Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho

Mantan bek tengah timnas Portugal tidak pernah kapok dilatih Mourinho dari Porto, Chelsea, dan Real Madrid. Padahal pada 2005 di Chelsea Carvalho pernah dapat omongan tidak enak dari sang manajer ketika ia mengeluh karena dicadangkan.

"Ricardo Carvalho tampaknya memiliki masalah untuk memahami hal-hal tertentu, mungkin dia seharusnya melakukan tes IQ, atau pergi ke rumah sakit jiwa atau sesuatu seperti itu," ujar Mourinho yang dengan mudah membicarakannya seolah itu komentar biasa.