5 Momen Menarik Sepanjang Sejarah Duel Arsenal Vs Manchester City

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Februari 2021
5 Momen Menarik Sepanjang Sejarah Duel Arsenal Vs Manchester City
Selebrasi kontrovesial Emmanuel Adebayor (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal akan menjamu Manchester City di Emirates Stadium pada pekan 25 Premier League, Minggu (21/02) pukul 23.30 WIB. Laga itu mempertemukan Mikel Arteta dengan Pep Guardiola.

Arteta menjadi asisten Guardiola selama tiga tahun di Man City. Pertemuan keduanya selalu menarik sebab Arteta dan Guardiola memiliki pandangan sepak bola yang tidak jauh berbeda (filosofi bermain).

Selain itu dalam sejarahnya Arsenal kontra Man City selalu jadi pertandingan yang seru. Pasalnya kedua tim mengusung sepak bola ofensif, baik itu Arsenal era Arsene Wenger atau kini dengan Mikel Arteta.

Baca Juga:

Kebangkitan Karier Ilkay Gundogan, Cetak Gol Melebihi Liverpool

Arsenal 4-2 Leeds, Kontrasnya Statistik Aubameyang dengan Willian

Kebahagiaan Arsenal Hanya Sebatas Lolos Liga Europa

Transfer-transfer pemain dari Arsenal ke City juga mewarnai bumbu persaingan itu, seperti saat Samir Nasri, Bacary Sagna, Gael Clich, dan Emmanuel Adebayor gabung The Citizens.

Dalam edisi terkini BolaSkor.com akan membahas lima momen menarik dalam sejarah pertemuan Arsenal dengan Man City. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Provokasi Emmanuel Adebayor

Provokasi Emmanuel Adebayor kepada fans Arsenal

Selepas pindah dari Arsenal ke Man City sebesar 25 juta poundsteling, Emmanuel Adebayor berulah memprovokasi fans Arsenal kala Man City mengalahkan The Gunners dengan skor 4-2 di Etihad Stadium pada 2009.

Adebayor mencetak gol keempat dan berlari menuju tribun yang diisi fans Arsenal lalu melakukan selebrasi gol. Adebayor didenda karena dan fans Arsenal sangat marah kepada sang pemain karena selebrasi golnya itu.

2. Mario Balotelli Menyita Perhatian

Tekel horor Balotelli kepada Song

Sudah bukan hal yang baru lagi jika setiap aksi dan tingkah laku Mario Balotelli menyita perhatian publik. Pun demikian pada 2012 ketika Man City kalah 0-1 dari Arsenal. Balotelli selamat dari potensi larangan bermain lebih lama lagi.

Pada laga itu Balotelli menerima kartu merah dari akumulasi dua kartu kuning, tapi ia bisa saja menerima kartu merah langsung atas pelanggaran kerasnya kepada Alex Song. Beruntung wasit Martin Atkinson tak memberinya kartu merah.

Padahal tekel Balotelli brutal dan mengenai kaki dekat lutut Song. Balotelli selamat dari potensi larangan bertanding lebih lama di musim yang berakhir dengan City juara Premier League.

3. Kemenangan Terbesar Arsenal atas City

Arsenal menang 5-0 atas City

28 Oktober 2000, markas lama dan bersejarah Arsenal (Highbury) menjadi saksi kemenangan klub sejak 1961 di Premier League atas Man City. Manchester Biru juga belum jadi tim yang mengerikan seperti saat ini di bawah konsorsium Timur Tengah.

Arsenal menggila mencetak lima gol melalui dua gol Thierry Henry, Ashley Cole, Dennis Bergkamp, dan Sylvain Wiltord. City sama sekali tak berkutik di Highbury.

4. Kado Perpisahan Manuel Pellegrini

Manuel Pellegrini

Manuel Pellegrini melatih Man City selama tiga tahun (2013-2016) dan mempersembahkan dua titel Piala Liga dan satu Premier League. 8 Mei 2016 menjadi momen bersejarah di Etihad pada laga kandang terakhir di bawah arahan Pellegrini.

Pertandingan berakhir imbang 2-2 dan hasil itu lebih menguntungkan Arsenal, sebab satu poin itu sudah cukup bagi mereka mengamankan tempat di zona Liga Champions. Arsenal bersama City, Tottenham Hotspur, dan Leicester City masuk empat besar Premier League.

5. Drama Sembilan Gol di Etihad Stadium

Man City 6-3 Arsenal

Hujan gol selalu jadi hiburan bagi penonton netral pertandingan. Hiburan itu tersaji di Etihad Stadium pada 14 Desember 2013. Sembilan gol tercipta di pertandingan itu dan City keluar sebagai pemenang dengan skor 6-3.

Sergio Aguero, Alvaro Negredo, Fernandinho (dua gol), David Silva, Yaya Toure jadi pencetak gol City, sementara gol-gol Arsenal lahir dari Theo Walcott (dua gol) dan Per Mertesacker. City memberi peringatan kepada Arsenal yang saat itu memuncaki klasemen sementara Premier League.

Breaking News Arsenal Manchester City Premier League Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan