5 Momen Paling Berkesan dari Derby Manchester

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 11 Desember 2020
5 Momen Paling Berkesan dari Derby Manchester
Derby Manchester (Twitter)

BolaSkor.com - Laga derby akan selalu jadi laga derby. Tidak peduli bagaimana situasi kedua tim, pertandingan derby akan selalu seru untuk disaksikan dan dinanti. Dalam waktu dekat ini Derby Manchester akan dihelat di Premier League.

Manchester United akan menjadi tuan rumah di Old Trafford pada pekan 12 Premier League, Minggu (13/12) pukul 00.30 dini hari WIB melawan Manchester City. Momentum keduanya berbeda jelang derby ke-183 itu.

Man City dengan tim bertabur bintang dan diasuh pelatih top Pep Guardiola jadi unggulan, apalagi dalam tiga tahun terakhir mereka dua kali memenangi Premier League. Sementara United masih mencari bentuk performa terbaik selepas ditinggal Sir Alex Ferguson pada 2013.

Baca Juga:

Derby Manchester, Hari Penghakiman Nasib Ole Gunnar Solskjaer

5 Pertandingan Derby Manchester Paling Seru

Perjalanan Tetangga Keluar dari Bayang-Bayang Manchester United

Sejak saat itu United mengalami kesulitan besar menjuarai Premier League kembali dan 'kapal' United tak stabil di bawah pimpinan Ole Gunnar Solskjaer. Kendati demikian derby akan selalu dinantikan.

Seperti halnya laga-laga derby lainnya selalu ada cerita di balik tiap edisi derby per musimnya. Kali ini BolaSkor.com merangkum lima yang paling berkesan. Berikut uraiannya:

1. Why Always Me?

Selebrasi gol ikonik Mario Balotelli

Mario Balotelli bak magnet untuk cerita-cerita kontroversi. Pun demikian dari Derby Manchester ketika Man City pesta gol 6-1 atas sang rival di Old Trafford pada 2011, menodai catatan manis Sir Alex Ferguson di United.

Jonny Evans menerima kartu merah di kubu United dan setelahnya 'neraka' untuk United yang gawangnya dijebol dua kali oleh Balotelli, Sergio Aguero, dua gol Edin Dzeko, dan David Silva yang diperkecil Darren Fletcher.

'Tetangga ribut' perlahan berusaha keluar dari bayang-bayang MU. Balotelli yang tengah dalam sorotan usai membakar rumahnya sendiri langsung membuka bajunya dan menunjukkan tulisan 'Why Always Me?' yang artinya "Mengapa selalu saya". Ikonik.

2. Raja Wayne Rooney

Tendangan salto Wayne Rooney

Di tahun yang sama legenda Manchester United menghadirkan salah satu momen paling berkesan dalam sejarah Derby Manchester. MU menang 2-1 di Old Trafford dan salah satu golnya dicetak fantastis oleh Rooney.

Menerima umpan silang Nani, Rooney dengan nalurinya membalikkan badan dan melepaskan tendangan salto, bola pun deras bergulir ke gawang City.

"Saya melihat bola datang ke kotak penalti dan berpikir 'Mengapa tidak? (salto)' Syukurnya bola berakhir masuk ke gawang." Rooney langsung berlari ke sepak pojok dan bergaya seperti halnya raja dengan selebrasinya.

3. Laga Terakhir di Maine Road

Shaun Goater bawa City menangi laga terakhir di Maine Road

Jauh sebelum City menjadi klub besar dan disegani seperti saat ini mereka punya cerita di Maine Road, markas sebelum Etihad Stadium. Pada 2002 mereka bahkan baru promosi ke Premier League dan menjamu United dengan pemain-pemain top mereka.

Tanpa sang kapten Roy Keane yang terkena akumulasi kartu, MU kalah telak 1-3 dari gol-gol Shaun Goater dan Nicolas Anelka. Itu jadi salah satu kekalahan pahit bagi United yang digambarkan melalui kata-kata oleh Gary Neville.

"Vasco Da Gama cukup buruk. Itu dan City akan jadi salah satu yang hidup dalam kenangan," tutur Gary Neville.

4. Semifinal Piala FA

Gol Yaya Toure

Semifinal Piala FA 2010-2011 di Wembley. Gol dari Yaya Toure di menit 52 jadi pembeda hasil akhir pertandingan, akan tapi laga itu diwarnai drama dan juga emosi dari masing-masing kubu.

Paul Scholes menerima kartu merah usai melayangkan tekel horor kepada Pablo Zabaleta. Scholes kembali dari masa pensiun untuk membela MU di periode kedua. Belum selesai Balotelli memancing amarah dari Rio Ferdinand dan Anderson usai melakukan selebrasi di depan fans MU.

5. Dramatis di Old Trafford

Gol dramatis Michael Owen

Musim 2009-2010 jadi salah satu Derby Manchester paling seru dalam sejarah. Kejar-kejaran gol terjadi pada laga yang berakhir 4-3 untuk kemenangan United. Dua gol City datang dari Craig Bellamy dan satu gol dari Gareth Barry.

Tiga gol MU dicetak oleh Rooney dan dua gol Darren Fletcher. Drama pun terjadi pada waktu tambahan babak kedua, Michael Owen menorehkan gol penentu kemenangan yang membuat seisi Old Trafford bergemuruh kencang.

Gol dramatis dan Michael Owen mengenakan nomor sakral di MU yakni nomor punggung 7. Benar-benar momen yang berkesan bagi fans MU.

Breaking News Trivia Sepak Bola Manchester Derby Manchester Manchester City Manchester United Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan