BolaSkor.com - Kartu merah merupakan hal yang paling dihindari oleh seluruh pesepak bola di seluruh dunia. Namun banyak di antara mereka yang harus menerimanya karena alasan konyol.

Regulasi terkait kartu merah dan kartu kuning pertama kali diterapkan pada Piala Dunia 1970. Tujuan utamanya saat itu untuk melindungi dan menjaga perilaku pemain di lapangan.

Kartu merah biasanya keluar dari saku wasit karena ada pemain yang sudah mendapat dua kartu kuning. Kartu merah juga bisa langsung dikeluarkan wasit jika ada pemain yang melakukan pelanggaran keras yang membahayakan keselamatan lawan.

Baca Juga:

4 Alasan Chelsea Tak Keliru Rekrut Timo Werner

5 Kreativitas Klub Sepak Bola Meriahkan Pertandingan Tanpa Penonton Selama Pandemi Virus Corona

5 Pemain Asal Inggris dengan Torehan Hat-trick Gol di Liga Dunia

Pemain belakang dan gelandang bertahan paling rentan menerima kartu merah. Hak itu tak terlepas dari tugas mereka untuk menghentikan lawan.

Namun ada juga kartu merah yang dikeluarkan wasit karena aksi-aksi konyol para pemain. Tak jarang yang menjadi pelakunya berlabel bintang.

Berikut lima momen pemain bintang dikartu merah wasit karena melakukan hal konyol:

1. Tepukan tangan Wayne Rooney

Wayne Rooney pernah dikartu merah karena bertepuk tangan. Hal itu terjadi saat Manchester United bertandang ke markas Villarreal di ajang Lga Champions 2005-2006.

Bertepuk tangan sebenarnya memiliki makna positif. Namun yang dilakukan Rooney sebaliknya.

Rooney bertepuk tangan didepan muka wasit yang baru saja memberinya kartu kuning. Tak ayal sikap Wazza tersebut dianggap sebagai penghinaan sehingga sang pengadil tanpa ragu memberinya kartu merah.

Beberapa tahun setelah insiden tersebut, Ronney mengaku menyesal telah melakukannya. Namun insiden itu juga membuatnya lebih bisa mengontrol emosinya saat bertanding.


2. Ayunan kaki David Beckham

David Beckham tak luput dari kesalahan konyol. Ia pernah dikartu merah karena mengayunkan kakinya ke kaki lawan.

Momen tersebut terjadi ketika membela Timnas Inggris di Piala Dunia 1998. Tepatnya saat melakoni babak 16 besar kontra Argentina.

Pada awal babak kedua, Beckham dilanggar Diego Simeone hingga terjatuh. Wasit pun meniup peluit tanda terjadinya pelanggaran.

Namun entah apa yang dipikirkan saat itu, Beckham mengayunkan kakinya kepada Simeone. Sebenarnya Hal tersebut dilakukannya dengan tidak terlalu keras.

Namun Simeone memanfaatkan situasi dengan mengerang kesakitan seakan baru ditendang dengan keras. Wasit yang melihatnya tanpa ampun langsung mengeluarkan kartu merah kepada Beckham.

Keluarnya Beckham menjadi salah satu penyebab Inggris kalah dalam pertandingan tersebut. Ia pun secara cepat menjadi musuh nomor satu publik sepak bola negaranya sendiri.


3. Tandukan Zinedine Zidane

Piala Dunia 2006 merupakan turnamen terakhir dalam karier Zinedine Zidane. Ia pun sukses membawa Timnas Prancis ke partai final.

Gelar juara dunia tentu akan menjadi penutup sempurna kariernya. Namun yang terjadi sangatlah bertolak belakang.

Zidane harus menerima kartu merah saat menghadapi Italia di laga final yang merupakan pertandingan terakhirnya. Ironisnya, hukuman tersebut diberikan wasit karena aksi konyolnya.

Zidane menanduk dada Zidane pada babak perpanjangan waktu. Ia melakukannya karena terprovokasi oleh ucapan bek Timnas Italia tersebut.

Apa yang diucapkan Materazzi kepada Zidane sempat menjadi rahasia yang membuat publik penasarab. Namun belakangan, bek berpostur jangkung itu mengakui mengeluarkan ucapan yang tak pantas terkait adik perempuan Zizou.


4. Injakan Steven Gerrard

Steven Gerrard dikenal memiliki sikap kepemimpinan yang kuat. Namun hal itu tak membuat mantan kapten Liverpool itu luput dari aksi konyol yang berujung kartu merah.

Momen tersebut terjadi saat Liverpool menjamu Manchester United di ajang Premier League 2014-2015. Gerrard dikartu merah karena menginjak Ander Herrera dengan sengaja.

Konyolnya, hal itu ia lakukan hanya 38 detik setelah masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti. Gerrard pun langsung dibanjiri kecaman karena aksinya tersebut termasuk dari legenda Liverpool.


5. Tendangan Francesco Totti

Francesco Totti pernah melakukan hal konyol pada laga final Coppa Italia 2010. Saat itu AS Roma berhadapan dengan Inter Milan.

Totti nampak frustrasi karena Roma tertinggal 0-1 hingga pertandingan memasuki menit-menit akhir, Mario Balotelli pun menjadi korban.

Totti dengan sengaja menendang kaki penyerang bengal yang saat itu baru berusia 19 tahun. Balotelli langsung terjatuh dengan mengerang kesakitan.

Tanpa ragu, wasit langsung mengganjar Totti dengan kartu merah. Sang Pangeran Roma meninggalkan lapangan masih dengan emosi.

Beberapa tahun pasca insiden tersebut, Totti mengaku memang sengaja melakukannya. Emosinya terpancing oleh provokasi Balotelli sepanjang pertandingan tersebut.