BolaSkor.com - Perjalanan panjang 19 tahun karier Wayne Rooney telah mencapai titik terakhir. Pria asal Inggris berusia 35 tahun memutuskan pensiun sebagai pemain usai ditunjuk menjadi manajer Derby County.

Rooney pensiun dengan 120 caps dan 53 gol dengan timnas Inggris dan kesuksesan besar memenangi lima trofi Premier League, tiga Piala Liga, satu Piala FA, Liga Champions, dan Liga Europa dengan Manchester United.

Dia juga menjadi top skorer sepanjang masa Inggris dan United. Bersama United Rooney mencetak 253 gol di seluruh kompetisi dan 208 gol di Premier League menjadikannya pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah liga.

Baca Juga:

Nostalgia - Selebrasi Rooney di Depan The Kop yang Berujung Pelemparan Handphone

Respons Figur-figur Sepak Bola Selepas Pernyataan Pensiun Wayne Rooney

Statistik Penalti Wasit Paul Tierney untuk Man United dan Liverpool

"Bagi saya, untuk mencoba dan membantu klub (Derby) kembali ke masa kejayaannya adalah kesempatan besar. Masa depan saya adalah dalam manajemen," ucap Wayne Rooney dikutip dari Goal.

"Saya memiliki karier yang hebat dengan beberapa pasang surut, tetapi saya tidak akan mengubah apapun. Tapi sekarang, saya ingin menulis sejarah dalam karier manajerial saya. Seluruh hidup saya adalah bermain sepak bola, jadi saya beruntung masih menjadi bagian darinya. Ini babak baru bagi saya."

"Apakah saya akan merindukan bermain? Tentu saja, tetapi waktu tidak berhenti. Saya memiliki waktu saya, inilah saatnya bagi generasi muda untuk memiliki waktu mereka dan saya membimbing mereka," tegas dia.

Dalam perjalanan karier Wayne Rooney banyak momen tercipta dan BolaSkor.com akan memilih lima momen di antaranya. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Hat-trick di Laga Debut

Wayne Rooney kala melawan Fenerbahce

Banderol 30 juta poundsterling dikeluarkan Man United untuk merekrut Wayne Rooney dari Everton pada 2004 di usia 18 tahun. Rooney penyerang enerjik, pekerja keras, dan punya naluri mencetak gol tinggi.

Itu dibuktikannya melalui hat-trick di laga debutnya di Eropa. Melawan Fenerbahce di Liga Champions MU menang 6-2 dan Rooney menorehkan hat-trick alias tiga gol. Awal yang baik bagi Wazza.

2. Salto di Derby Manchester

Tendangan salto Wayne Rooney

Ini akan selalu dikenang sebagai salah satu gol terbaik di Premier League dan juga Derby Manchester. Pada Februari 2011 Derby Manchester kontra Manchester City di Old Trafford kedudukan sama kuat 1-1.

Pada momen itu Wayne Rooney jadi pembeda dengan gol saltonya kala menerima umpan silang Luis Nani dan memberikan kemenangan untuk tim. Rooney total mencetak 11 gol di Derby Manchester.

3. Akhiri Rekor Unbeaten Arsenal

Sepakan Wayne Rooney ke gawang Arsenal

Pada 2002 - dua tahun sebelum pergi ke United - Wayne Rooney mempopulerkan namanya dengan cara spesial: mengakhiri rekor unbeaten Arsenal, tim yang kelak menjadi rival bebuyutan United.

Gol itu memperlihatkan kualitasnya: kekuatan, teknik hebat, dan membangun serangan dengan baik. Rekor unbeaten Arsenal arahan Arsene Wenger berhenti pada angka 49 laga.

4. Rekor di timnas Inggris

Wayne Rooney di timnas Inggris

Striker sekaligus kapten timnas Inggris Harry Kane mengejar rekor Wayne Rooney. Akan tapi saat ini Rooney masih bisa bertengger di atas sebagai top skorer sepanjang masa The Three Lions.

Rooney mencetak 53 gol untuk Inggris dan gol ke gawang Swiss menjadi gol ke-50. Itu melewati rekor legenda Inggris dan juga Man United, Sir Bobby Charlton.

5. Gol dari Tengah Lapangan

Wayne Rooney kala melawan West Ham United

Melihat gol dari tengah lapangan selalu jadi momen yang bagus untuk dilihat. Wayne Rooney juga telah melakukannya dua kali melawan tim yang sama: West Ham United.

Pertama di Upton Park kala masih berseragam Man United dan yang kedua pada periode kedua membela Everton.