BolaSkor.com - Setiap anak yang bercita-cita menjadi pesepak bola profesional tentu memiliki idola, tak terkecuali bagi mereka yang sudah menggapai kesuksesan. Namun apa jadinya jika pemain dan panutannya punya kesempatan berduel dalam satu lapangan?

Ada sejumlah faktor yang membuat seorang pesepak bola mengidolai pesepak bola lainnya. Bisa dari segi teknis atau non teknis.

Para pesepak bola rata-rata memiliki idola yang posisi bermainnya sama dengan mereka. Tak jarang gaya bermain keduanya menjadi sangat mirip.

Baca Juga:

5 Alasan Barcelona Wajib Jual Lionel Messi pada Bursa Transfer Musim Dingin 2021

Bursa Transfer Domestik Inggris Masih Dibuka, 5 Pemain Berpeluang Hengkang

5 Pemain Top yang Tidak Masuk Skuad Liga Champions dan Liga Europa 2020-2021

Ada juga pemain yang mengidolakan seorang bintang dengan posisi yang berbeda darinya. Biasanya mereka terinspirasi karena skill individu atau kerja keras sang idola.

Selain itu, idola para pesepak bola berasal dari negara yang sama. Fenomena ini merupakan hal yang wajar terjadi.

Pesepak bola dan sang idola biasanya terpaut usia yang cukup jauh. Namun beberapa di antaranya punya kesempatan bertemu langsung dalam pertandingan.

Berikut 5 pasang pesepak bola dan idolanya yang pernah berduel langsung di lapangan:

1. Zlatan Ibrahimovic dan Ronaldo Luis Nazario

Zlatan Ibrahimovic dikenal sebagai salah satu pesepak bola paling arogan di dunia. Pemain berkebangsaan Swedia itu menganggap dirinya sebagai yang terbaik.

Meski begitu, Ibrahimovic tetap memiliki seorang panutan. Ia menjadikan Ronaldo Luis Nazario sebagai panutan.

Ibrahimovic bahkan tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya saat berada satu lapangan dengan sang idola. Momen itu terjadi pada 11 Maret 2007 ketika Inter Milan yang diperkuatnya berhadapan dengan AC Milan dalam Derby della Madonnina.

Sebelum pertandingan dimulai, Ibrahimovic tertangkap kamera memperhatikan gerak-gerik Ronaldo dengan serius. Ia melakukannya sambil tersenyum.

Pertemuan idola dan fans ini juga berlangsung menarik. Ronaldo dan Ibrahimovic sama-sama mencetak satu gol meski akhirnya Inter menang dengan skor 2-1.


2. Carles Puyol dan Paolo Maldini

Kesuksesan Barcelona mendominasi Eropa selama lebih dari satu dekade terakhir tak lepas dari peran Carles Puyol. Ketangguhan dan kepemimpinannya sebagai bek tengah sekaligus kapten begitu diandalkan Blaugrana.

Puyol menjadi idola para bek-bek muda karena mampu tampil kokoh menjaga pertahanan. Namun ia justru menjadikan Paolo Maldini sebagai panutan.

Puyol dan Maldini punya sejumlah kesamaan. Keduanya sama-sama memulai karier sebagai bek sayap dengan postur tubuh yang kurang ideal.

Namun kekurangan itu mampu ditutupi keduanya dengan penampilan lugas. Kecerdikan Puyol dan Maldini dalam membaca permainan tak perlu diragukan lagi.

Beruntungnya, Puyol sudah lebih dari sekali berduel langsung dengan Maldini dalam sebuah pertandingan. Pada puncak karier keduanya, Barcelona dan AC Milan memang sering bertemu di ajang Liga Champions.


3. Iker Casillas dan Gianluigi Buffon

Iker Casillas mungkin hanya terpaut usia tiga tahun dari Gianluigi Buffon. Namun ia tak malu mengakui sebagai fans kiper berkebangsaan Italia tersebut.

Nama Buffon memang lebih dulu dikenal dari Casillas. Namun secara garis besar, kedua penjaga gawang kelas dunia ini berada dalam sau generasi yang sama.

Tak heran keduanya sering bertemu dalam pertandingan baik di level klub atau tim nasional. Berbagai trofi bergengsi pun sudah dimiliki Casillas dan Buffon.

Namun ada satu hal yang membuat Casillas saat ini lebih baik dari Buffon. Ia memiliki tiga medali juara Liga Champions sedangkan sang idola masih berusaha mendapatkan yang pertama.


4. Lionel Messi dan Pablo Aimar

Lionel Messi disebut-sebut sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Meski begitu, ia juga masih memiliki idola.

Messi ternyata sangat mengidolai seniornya di Timnas Argentina, Pablo Aimar. Ia bahkan sempat memberikan penghormatan khusus saat sang panutan gantung sepatu.

Kedua pemain beberapa kali juga sempat bertemu sebagai lawan di lapangan. Momen tersebut pertama kali terjadi pada 12 November 2006 saat Barcelona mengalahakn Real Zaragoza dengan skor 3-1 di Camp Nou.


5. Kylian Mbappe dan Cristiano Ronaldo

Pertemuan idola dan fans paling baru terjadi pada laga Prancis kontra Portugal dalam lanjutan UEFA Nations League, Senin (12/10) dini hari WIB. Kylian Mbappe mendapat kehormatan berduel langsung dengan idola masa kecilnya, Cristiano Ronaldo.

Ini memang bukan pertemuan pertama keduanya dalam sebuah pertandingan. Mbappe juga pernah berhadapan dengan Ronaldo di level klub saat Real Madrid dan Paris Saint-Germain pada ajang Liga Champions 2017-2018.

Mbappe dan Ronaldo terlihat akrab di sela-sela pertandingan. Padahal laga berjalan cukup sengit.

Usai pertandingan, Mbappe juga mengabadikan momen pertemuan dengan Ronaldo di media sosial. Ia tak ragu menyebut bintang Juventus itu sebagai idola, raja, sekaligus yang terbaik di dunia.