BolaSkor.com - Tak hanya di sepak bola, tim nasional basket Indonesia turut melakukan naturalisasi demi menggenjot prestasi. Meski awalnya hanya dipakain untuk kepentingan klub, beberapa pebasket justru sukses memersembahkan medali bagi tim Garuda.

Menjelang Piala Dunia Basket 2023, Perbasi berencana kembali mendatangkan pemain naturalisasi. Hal ini perlu dilakukan mengingat Indonesia tak otomatis lolos ke putaran final meski berstatus tuan rumah.

Baca Juga:

Cara Unik Satria Muda Pertamina Mulai Kembali Latihan pada Juni

Pasca Pandemi, Klub IBL Tetap Tak Boleh Pakai Pemain Timnas Indonesia

Lester Prosper dan Brandon Jawato kini tengah disiapkan Badan Tim Nasional (BTN) untuk dinaturalisasi. Namun, proses yang berbelit membuat keduanya tidak bisa membela tim nasional basket Indonesia pada Kualifikasi FIBA Asia 2021 pada Januari lalu.

Selain Brandon dan Prosper yang tengah disiapkan, Indonesia sebetulnya memiliki deretan pemain lain dengan status naturalisasi. Berikut ini, BolaSkor.com akan menyajikan kelima nama tersebut.

Jamarr Johnson

Jamarr Johnson merupakan pemain naturalisasi Indonesia paling populer. Kehadirannya bersama CLS Knights Surabaya pada 2016 mencuri perhatian publik.

Kala itu, Jamarr sukses merebut gelar individu seperti Most Valuable Player dan Rookie of the Year. Selain itu, Jamarr berhasil mengantarkan CLS Knights menjuara IBL di tahun yang sama.

Kecemerlangan Jamarr bersama CLS Knight membuat tim nasional basket Indonesia terpincut. Pada Asian Games 2018, Jamarr ikut membela tim Garuda.