5 Pebasket NBA yang Tak Disangka Menangi MVP

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Kamis, 23 April 2020
5 Pebasket NBA yang Tak Disangka Menangi MVP
Trofi MVP NBA. (NBA)

BolaSkor.com - MVP NBA kerap dianggap sebagai trofi tertinggi bagi pemain basket individu. Namun, biasanya tidak jarang pebasket yang tidak diduga bisa memenangi gelar tersebut.

Gelar MVP mulai diberikan sejak 1955-1956 untuk pemain yang tampil impresif sepanjang musim reguler. Hingga 1979-1980, gelar itu diberikan lewat jajak pendapat.

Akan tetapi, sejak musim 1980-1981 terjadi perubahan. Sejak saat itu, gelar MVP NBA ditentukan oleh jurnalis olahraga di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Tak heran biasanya apabila nama-nama besar memenangi MVP NBA. Sebut saja LeBron James, Magic Johnson, atau Michael Jordan yang pernah meraih gelar tersebut.

Baca Juga:

NBA Bisa Korbankan Musim Depan demi 2019-2020

Tayang Perdana, 'The Last Dance' Hadirkan Sisi Buruk Michael Jordan

Meski demikian, beberapa pebasket yang di luar dugaan pernah memenangi MVP NBA. Berikut ini adalah 5 pebasket yang tidak diduga-duga pernah memenangi gelar tersebut:

Bill Walton

Bill Walton

Pada musim 1977-1978, Portland Trail Blazers memenangi wilayah barat NBA setelah meraih gelar pada musim sebelumnya. Blazers meraih 58 kemenangan, unggul 10 kemenangan dari Denver Nuggets di peringkat kedua.

Adalah Bill Walton yang menjadi motor permainan Blazers pada musim tersebut. Sayangnya Walton gagal melanjutkan performa impresifnya karena menderita cedera.

Akan tetapi, performa apik Walton selama musim reguler cukup membuatnya meraih MVP NBA musim tersebut. Satu musim setelah meraih MVP, dia memutuskan pindah ke San Diego Clippers.

Karl Malone

Karl Malone

Pada musim 1996-1997, Karl Malone mencatatkan raihan 27,4 poin, 9,9 rebound, dan 4,5 assist dalam 55 persen tembakan. Jumlah tersebut membuatnya tampil menonjol meski ada Michael Jordan di Chicago Bulls.

Catatan Malone membantu Utah Jazz meraih 64 kemenangan dan menjadi tim paling produktif kedua di NBA. Pada saat yang sama, Jordan dan Bulls meraih 68 kemenangan.

Pada partai puncak, kebetulan Jazz dan Bulls saling berhadapan. Akhirnya duel tersebut dimenangi oleh Bulls pimpinan Jordan dengan skor 4-2.

Setelah partai puncak, banyak pihak menganggap Jordan bakal memenangi MVP NBA. Namun, pada akhirnya justru Malone yang meraih gelar tersebut.

Stephen Curry Breaking News NBA Derrick Rose Chicago Bulls Golden State Warriors Phoenix Suns Utah Jazz Portland Trail Blazers MVP NBA Trivia NBA
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan