5 Pelatih Calon Pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Oktober 2020
5 Pelatih Calon Pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United
Ole Gunnar Solskjaer (Twitter)

BolaSkor.com - Tekanan semakin dirasakan Ole Gunnar Solskjaer usai kekalahan 1-6 Manchester United dari Tottenham Hotspur dalam lanjutan laga Premier League, Minggu (04/10) malam WIB. Hasil itu mempertegas krisis kepercayan diri skuad Setan Merah.

Sedari awal musim ini dimulai performa United sudah tidak meyakinkan ketika kalah 1-3 dari Crystal Palace, lalu menang 'beruntung' saat mengalahkan Brighton & Hove Albion dengan skor 3-2. Jadi kekalahan dari Spurs mempertegasnya.

Permasalahan dari buruknya performa United bergantung dari banyak faktor dari manajemen, manajer, hingga pemain, namun pada akhirnya manajer jadi sorotan dengan taktik, permainan, serta keputusannya.

United memiliki Donny van de Beek yang direkrut dari Ajax Amsterdam namun sejauh ini diturunkan sebagai starter di turnamen seperti Piala Liga. Sementara di Premier League turun dari bangku cadangan.

Baca Juga:

Kepuasan Jose Mourinho Bikin Ole Gunnar Solskjaer Tak Bisa Tidur Nyenyak

You'll Never Walk Alone, Manchester United

Manchester United 1-6 Tottenham Hotspur: Setan Merah Hancur Lebur di Old Trafford

Ole Gunnar Solskjaer

United terlihat tidak memiliki permainan yang jelas secara kolektif dan terlalu bergantung kepada kualitas individu pemain. Tak ayal kedatangan pemain-pemain baru disinyalir tidak akan mengangkat performa United secara menyeluruh jika klub masih dilatih Solskjaer.

Apabila performa United tidak berubah maka nasib Solskjaer juga rawan dipecat seperti manajer lainnya, meski ia berstatus legenda klub. Lantas siapa saja kira-kira kandidat penggantinya? Berikut BolaSkor.com menjabarkan mereka yang berpotensi menggantikan Solskjaer.

1. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri

Sudah tidak lagi melatih klub atau timnas sejak pergi dari Juventus pada 2019 lalu. Massimiliano Allegri sudah memenangi Scudetto bersama AC Milan dan Juventus. Pelatih berusia 53 tahun terkenal dengan wawasan taktiknya yang luas.

Allegri memelajari skuad yang dimilikinya dan mencari formasi yang tepat untuk dapat memaksimalkannya. Bersama Juventus Allegri bisa menggunakan taktik empat bek dan juga tiga bek bergantung kepada lawan yang dihadapinya. Solusi ideal bagi United, apalagi saat ini Allegri tidak sedang melatih klub.

2. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino

Belum teruji dari sisi perolehan trofi, meski begitu sama seperti Allegri Mauricio Pochettino juga tidak sedang melatih usai meninggalkan Tottenham Hotspur pada 2019. Selama lima tahun di sana Pochettino mengembangkan Spurs.

Pochettino (48 tahun) mengorbitkan pemain-pemain muda Inggris seperti Harry Kane, Eric Dier, Dele Alli, dan Harry Winks, plus memadukannya dengan permainan cepat dan menghibur. Pochettino juga pernah melatih Espanyol pada 2009-2012.

3. Laurent Blanc

Laurent Blanc

Sudah lama tidak melatih klub atau timnas sejak 2016 pasca tiga tahun membela PSG (Paris Saint-Germain). Laurent Blanc bisa jadi opsi pengganti Solskjaer, plus dia juga tahu kultur United karena pernah memperkuatnya pada 2001-2003.

Meski sudah pernah meraih trofi bersama PSG, kualitas Blanc belum sepenuhnya teruji apabila bermain di liga-liga top Eropa dengan level yang lebih tinggi seperti Premier League.

4. Ralf Rangnick

Ralf Rangnick

Tanpa adanya Direktur Olahraga United bisa mencoba merekrut Ralf Rangnick. Pelatih berusia 62 tahun tidak hanya bisa melatih klub tapi juga dilibatkan dari sisi perkembangan pemain muda dan rekrutmen, sebab ia punya pengalaman sebagai Direktur Olahraga.

Sebagian besar kariernya dihabiskan di Jerman dengan melatih Stuttgart, Schalke, Hoffenheim, dan Leipzig. Permasalahannya Rangnick tak punya catatan bagus dalam hal meraih trofi meski bagus mengembangkan pemain muda.

5. Ryan Giggs

Ryan Giggs

Apabila United mengikuti 'tren' terkini dalam merekrut eks pemain atau legenda sebagai pelatih, maka Ryan Giggs bisa mengikuti jejak Solskjaer di United. Legenda United itu bermain di klub sepanjang kariernya dari 1990 hingga 2014.

Giggs (46 tahun) kini melatih timnas Wales dan sudah memasuki tahun kedua. Meski begitu seperti halnya Solskjaer, Giggs juga belum teruji di dunia karier kepelatihan.

Breaking News Manchester United Ole gunnar Solskjaer Massimiliano Allegri Mauricio Pochettino Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan