BolaSkor.com - Musim 2021-2022 baru dimulai dan Mikel Arteta sudah mendapatkan sorotan tajam, menyusul kekalahan 0-2 Arsenal dari tim promosi Brentford. Selepas laga itu The Gunners akan memainkan laga-laga yang tidak mudah.

Terdekat Arsenal akan melawan Chelsea (22/08) dan kemudian menghadapi Manchester City (28/08) di dua laga Premier League. Meski saat ini terlalu dini, nasib Arteta berpotensi ditentukan di kedua laga itu.

Arteta sudah dua tahun setengah menangani Arsenal dan sejauh ini tidak ada perkembangan signifikan, kendati pelatih asal Spanyol itu memberikan titel Piala FA dan Community Shield. Tim London Utara masih bermain inkonsisten dan musim lalu gagal masuk zona Liga Champions.

Baca Juga:

Sederet Produk Akademi yang Menghiasi Skuat Arsenal dan Chelsea 2021-2022

4 Masalah yang Harus Dibenahi Arteta sebelum Arsenal Jumpa Chelsea

Membandingkan Transfer Chelsea dengan Arsenal Sejak Dilatih Arteta

Jika situasi tak membaik bukan tidak mungkin Arteta akan menjadi manajer pertama yang dipecat musim ini. Arsenal harus mulai mencari penggantinya dan berikut lima calon pelatih jempolan yang dapat menggantikannya.

1. Antonio Conte

Pelatih top yang tersedia dan sedang tidak melatih tim mana pun. Soal kesuksesan tak perlu ditanya lagi, Antonio Conte sukses memenangi Scudetto dengan Juventus, Inter Milan, dan titel Premier League dengan Chelsea.

Conte pelatih yang sangat menuntut dan acapkali bermain dengan taktik tiga bek. Filosofi itu bisa kembali diterapkannya di Arsenal, tapi pertanyaannya adalah, apakah Arsenal mampu menyamai ambisi Conte?

Sudah bukan rahasia lagi jika Conte pelatih yang ambisius. Apabila ia menilai tim tidak ambisius untuk memenuhi keinginannya, maka Conte tak segan pindah seperti halnya kala melatih Inter. Jadi, Arsenal harus memenuhi permintaan transfer pelatih asal Italia itu jika menginginkannya.

2. Eddie Howe

Tidak setenar Conte apalagi jika membandingkannya dengan perolehan trofi, tetapi Eddie Howe sebuah pertaruhan yang dapat diuji oleh Arsenal. Terutamanya saat ini pelatih berusia 43 tahun sedang tidak melatih tim.

Selama melatih Bournemouth pada dua periode (2008-2011 dan 2012-2020) Howe mampu mengembangkan pemain-pemain muda asal Inggris. Dengan skuad seadanya Bournemouth sempat stabil bertahan di Premier League.

Tidak hanya sekedar bertahan Bournemouth juga memainkan sepak bola ofensif dan ini cocok dengan filosofi sepak bola Arsenal.

3. Arsene Wenger

Sepak bola mengajarkan banyak hal termasuk akan suatu hal yang mungkin tidak pernah terjadi, tapi pada akhirnya jadi kenyataan. Misalnya seperti Lionel Messi yang meninggalkan Barcelona dan gabung PSG (Paris Saint-Germain).

Jadi bukan tidak mungkin eks manajer legendaris Arsenal yang sudah melatih selama 22 tahun, Arsene Wenger kembali ke London Utara.

Wenger saat ini menjadi Kepala Pengembangan Sepak Bola Global di FIFA, tapi ia tak melatih tim dan ini jadi satu hal yang sangat diinginkannya. Wenger tak melatih sejak 2018 dan ada peluang ia kembali melatih Arsenal.

4. Paulo Fonseca

Tidak jadi melatih Tottenham Hotspur karena masalah pajak hingga akhirnya Nuno Espirinto Santo melatih di sana. Paulo Fonseca sebelumnya dua tahun melatih AS Roma dan kini tidak sedang melatih klub.

Punya pengalaman meraih trofi dengan Harbor, Braga, dan Shakhtar Donetsk, Fonseca bisa jadi salah satu opsi yang dipertimbangkan untuk opsi manajer Arsenal. Terlebih Fonseca juga punya filosofi sepak bola ofensif.

5. Brendan Rodgers

Pelatih berusia 48 tahun pernah membesut Swansea City dan Liverpool dan saat ini melatih Leicester City. Brendan Rodgers juga ideal untuk Arsenal karena filosofi sepak bola menyerang yang dimilikinya.

Akan tapi tidak akan mudah bagi Arsenal meyakinkan Rodgers dan Leicester 'bercerai'. Apalagi Rodgers sudah mengembangkan Leicester selama dua tahun dan bertarung masuk konsisten di empat besar alias zona Liga Champions.