5 Pelatih yang Bersinar pada 2021

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 31 Desember 2021
5 Pelatih yang Bersinar pada 2021
Roberto Mancini (Twitter Italia)

BolaSkor.com - Tahun 2021 akan segera usai pada beberapa hari lagi. Sepanjang 2021, ada sejumlah juru taktik yang tampil bersinar. Siapa saja mereka?

Tak hanya pemain, pelatih juga menjadi bagian penting di balik kesuksesan suatu klub. Meskipun, terkadang banyak yang melupakan dedikasi yang peramu strategi.

Baca juga:

5 Hal Menarik Tentang Ianis Stoica, Calon Pengganti Aubameyang di Arsenal

Membedah Formasi 4-2-2-2 Man United Racikan Ralf Rangnick

5 Pendatang Baru Terbaik Musim 2021-2022 di Serie A

Oleh karena itu, BolaSkor mengumpulkan lima pelatih yang tampil impresif selama 2021. Gelar menjadi satu di antara tolok ukur yang diambil untuk memilih daftar ini. Berikut kelimanya:

Roberto Mancini

Caption

Roberto Mancini punya rekam jejak gemilang pada level klub. Kini, ia membuktikan membawa Italia juara Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Inggris di laga puncak.

Roberto Mancini membangun ulang skuad Italia usai gagal berlaga di Piala Dunia 2018. Mancini memilih pemain yang sesuai dengan taktiknya.

Hasilnya, Italia bermain apik sepanjang Piala Eropa 2020. Berkat taktik Mancini, Gli Azzurri melangkah hingga final dan mengalahkan Inggris dalam drama adu tendangan penalti. Itu adalah gelar Piala Eropa kedua Italia usai sebelumnya juga menjadi yang terbaik pada 1968.

Antonio Conte

Antonio Conte adalah sosok di balik kesuksesan Inter Milan juara Serie A musim lalu. La Beneamata memutus dominasi Juventus yang sudah berlangsung lama.

Pada musim keduanya di Inter, Conte membuat sistem bermain yang semakin padu. Inter tampil kuat dalam bertahan dan tajam ketika menyerang dengan taktik tiga bek.

Pada akhir kompetisi, Nerazzurri keluar sebagai juara usai mengumpulkan 91 poin dari 38 pertandingan. Sementara itu, Milan yang duduk pada posisi kedua hanya mengoleksi 79 poin.

Namun, kebersamaan Conte dengan Inter tidak berlangsung lama. Pelatih 52 tahun itu memutuskan angkat kaki usai tak ada kesamaan misi. Kemudian, Conte menukangi Tottenham Hotspur ketika musim sudah berjalan.

Diego Simeone

Diego Simeone kembali membawa Atletico Madrid berjaya di LaLiga. Simeone membuat para pemain Atletico yang kalah bertabur bintang dibanding Real Madrid dan Barcelona menjadi kesatuan yang padu.

Memang, Atletico tak sepenuhnya konsisten pada LaLiga 2020-2021. Namun, Los Rojiblancos berhasil memanfaatkan masalah internal yang menimpa Real Madrid dan Barcelona.

Atletico pun memastikan kemenangan pada detik-detik akhir. Luis Suarez dan kawan-kawan unggul dua angka dari Madrid yang berada tepat di bawah.

Unai Emery

Unai Emery dan Liga Europa bak dua sisi mata uang yang sulit dipisahkan. Pelatih asal Spanyol itu kembali membuktikan kesaktiannya di Liga Europa pada musim lalu.

Unai Emery tak punya banyak pemain bintang dalam skuadnya. Namun, taktik 4-4-2 yang biasa diusungnya membuat lawan kerepotan.

Puncaknya adalah pertandingan final Liga Europa melawan Manchester United. The Yellow Submarine menumbangkan The Red Devils melalui adu tendangan penalti. Itu adalah gelar Liga Europa keempat sepanjang karier Emery.

Lionel Scaloni

Tak ada ekspektasi tinggi ketika Lionel Scaloni yang masih berusia 43 tahun memimpin tim nasional Argentina. Namun, justru di tangan mantan pemain Lazio itulah La Albicelesta menjadi juara di Copa America.

Lionel Scaloni membentuk Argentina menjadi tim yang solid dengan masih menjadikan Lionel Messi sebagai tumpuan utama. Selain itu, ada nama-nama lainnya seperti Lautaro Martinez dan Rodrigo de Paul yang juga berperan penting.

Hasilnya, Argentina menjadi pemenang pada Copa America 2021. Argentina menumbangkan Brasil di partai final. Gelar itu pun sekaligus menjadi yang pertama untuk Lionel Messi bersama Argentina.

Trivia Sepak Bola Breaking News Diego simeone Roberto Mancini Antonio Conte Lionel Scaloni Unai Emery
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.481

Bagikan