BolaSkor.com - Timnas Putri Indonesia akan berkiprah di ajang Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari mendatang. Ade Mustikiana Oktafiani dkk. lolos ke putaran final setelah menyingkirkan Singapura di babak kualifikasi.

Garuda Pertiwi, julukan Timnas Putri, tergabung di Grup B bersama tiga tim kuat, Australia, Thailand, dan Filipina.

Untuk ajang Piala Asia Wanita 2022 ini, Timnas Putri bakal berkekuatan 23 pemain terbaik pilihan pelatih Rudy Eka Priyambada.

Baca Juga:

Resmi, Ini Daftar Pemain Timnas Putri Indonesia untuk Piala Asia Wanita 2022

Membanggakan, Pemain Timnas Putri Shalika Aurelia Direkrut Roma CF

Sebelum menyaksikan aksi perdana Timnas Putri di Piala Asia Wanita 2022 menghadapi Australia pada Jumat (21/1), BolaSkor.com akan menyajikan profil singkat lima pemain yang diprediksi jadi andalan tim Merah-Putih di turnamen paling bergengsi se-Benua Kuning ini. Berikut daftarnya:

1. Rani Mulyasari

Aksi Rani Mulyasari saat uji coba Timnas Putri Indonesia. (Instagram.com/ranimulyasari)

Rani Mulyasari merupakan salah satu pemain senior di Timnas Putri Indonesia. Kemampuan lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini tidak perlu diragukan lagi.

Rani sebetulnya lebih banyak menghabiskan kariernya di dunia futsal. Namanya sangat berkibar di cabang olahraga tersebut.

Rani mengawali kiprahnya di dunia futsal dengan memperkuat Jaya Kencana Tangerang pada 2009-2012 sebelum hengkang ke tim futsal UNJ pada 2012-2014. Setelah itu Rani melanjutkan kariernya bersama Lampung Angels (2017), UPI Bandung (2018-2019), dan saat ini bermain untuk Persiba Balikpapan Female.

2. Ade Mustikiana Oktafiani

Ade Mustikiana Oktafiani saat beraksi dengan seragam latihan Timnas Indonesia. (Instagram.com/ademustikaaaa)

Ade Mustikiana Oktafiani merupakan kapten Timnas Putri Indonesia. Ia sudah memperkuat Garuda Pertiwi sejak 2015, tepatnya di ajang Piala AFF.

Setelah itu, namanya tidak pernah absen di Skuat Timnas Putri. Ia jadi andalan di ajang Piala AFF Putri 2017, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019.

Kemampuan Ade Mustika bahkan diakui klub raksasa Eropa, Bayern Munchen. Pemain berusia 22 tahun tersebut pernah diundang untuk mengikuti trial di Bayern pada 16 hingga 23 Agustus lalu.

3. Baiq Amiatun Shalihah

Baiq Aminatun Shalihah saat mempekuat Persikabo. (Instagram.com/amyejambonk99)

Keberhasilan Timnas Putri Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 tidak terlepas dari peran Baiq Amiatun Shalilah. Baiq merupakan pahlawan kemenangan Timnas Putri atas Singapura pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Jumat (24/9).

Berkat gol tunggal Baiq di menit keempat, Timnas Putri berhasil menang 1-0 pada leg pertama. Di leg kedua, Garuda Pertiwi juga meraih kemenangan dengan skor yang sama sekaligus memastikan satu tiket ke putaran final Piala Asia Wanita 2022.

Dengan kemampuannya itu, Baiq diprediksi jadi salah satu pemain yang bakal diandalkan Rudy Eka Priyambada di lini depan. Bukan tidak mungkin gelontoran gol dari kepala dan kakinya bisa mengantarkan Timnas Putri lolos dari babak penyisihan grup.

4. Zahra Muzdalifah

Zahra Muzdalifah, salah satu penyerang andalan Timnas Putri Indonesia. (Instagram.com/zahmuz12)

Zahra Muzdalifah adalah salah satu pemain paling populer di Timnas Putri Indonesia. Selain memiliki skill olah bola apik, Zahra juga dianugerahi paras rupawan.

Pesepakbola kelahiran Jakarta, 4 April 2001, mengenal dunia si kulit bundar saat berusia 7 tahun di SSB Madani Meruya. Zahra kemudian pindah ke SSB Patriot Merah Putih sebelum akhirnya bergabung dengan Akademi ASIOP pada 2012.

Kemampuan dan bakat Zahra di dunia sepak bola semakin berkembang di Akademi ASIOP. Zahra lantas jadi andalan lini depan Timnas Putri sejak 2018 sampai sekarang.

5. Shalika Aurelia

Shalika Aurelia
Shalika Aurelia saat memperkuat Timnas Putri. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Shalika Aurelia menjadi andalan Timnas Putri Selanjutnya. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini sudah membela Garuda Pertiwi sejak kelompok umur U-16.

Berbagai ajang mulai dari Piala AFF, Asian Games 2018, hingga SEA Games 2019 pernah dicicipinya. Penggemar Sergio Ramos ini juga menimba ilmu di West Ham sambil mengenyam pendidikan.

Shalika baru saja direkrut klub perempuan Serie B Italia, Roma CF. Ini merupakan tim satelit Roma Women, klub wanita AS Roma.