5 Pemain Arsenal yang Didepak di Era Mikel Arteta

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 30 September 2021
5 Pemain Arsenal yang Didepak di Era Mikel Arteta
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Mikel Arteta ditunjuk melatih Arsenal pada Desember 2019 menggantikan Unai Emery. Kala datang ke London Utara sebagai pelatih CV-nya baru sebatas menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City.

Dua tahun melatih Arsenal Arteta mempersembahkan titel Piala FA dan Community Shield, tapi inkonsistensi performa masih jadi masalah yang harus diselesaikan Arteta. The Gunners belum mencapai level persaingan di papan atas Premier League.

Akan tapi di bawah manajemen Arsenal, Arteta yang berkolaborasi dengan Edu (Direktur Olahraga Arsenal) terus berbenah dengan mendatangkan pemain-pemain atau berinvestasi untuk masa depan.

Dalam evolusi yang dilakukan Arteta di Arsenal beberapa pemain terdepak dan ia punya julukan spesial di Arsenal: Si Gubernur. Julukan itu didapatnya karena ketegasannya dalam memimpin Arsenal.

Baca Juga:

Mikel Arteta Layak Jadi Penerus Arsene Wenger di Arsenal

Barcelona dan Arsenal Masuk Deretan Tim Paling Percaya pada Pemain Muda

Sederet Fakta Menarik dari Kejayaan Arsenal di Derby London Utara

"Dia (Arteta) memiliki kemampuan fantastis untuk bekerja dengan tim ini. Dia menghabiskan waktu berjam-jam di lapangan latihan. Dia memimpin dirinya sendiri - jika (Mesut) Ozil tidak ada dalam pikirannya, dia keluar, sesimpel itu," tutur legenda Arsenal, Tony Adams setelah berbicara kepada Steve Bould mantan pelatih tim muda Arsenal.

"Saya tidak bisa berbicara banyak tentang dia. Kata-kata yang keluar (dari klub), ketika saya berbicara dengan rekan saya Steve Bould yang masih di klub mengambil U-23 saat ini - dia berkata kepada saya, 'Pemain ini telah mendapatkan semuanya, dia adalah gubernur'."

"Dia yang terbaik yang pernah dia lihat dalam waktu yang lama. Dia benar-benar memahami permainan, dia mengekspresikan dirinya; dia sangat percaya diri."

Tidak salah Bould menjuluki Arteta Si Gubernur. Sudah banyak pemain Arsenal yang 'disingkirkan' pada era Mikel Arteta karena alasan yang berbeda-beda.

Teranyar, kiper Arsenal Bernd Leno mengancam pergi dari klub karena disingkirkan dari posisi kiper utama setelah kedatangan Aaron Ramsdale. Jika Leno pergi maka ia akan menyusul eks Arsenal lainnya yang pergi di era Mikel Arteta, siapa saja?

1. Matteo Guendouzi

Gelandang bertalenta yang direkrut Arsenal dari Lorient pada 2018. Matteo Guendouzi (22 tahun) pergi meninggalkan Arsenal sebagai pemain pinjaman ke Hertha Berlin (2020-2021) dan Olympique Marseille (2021 sampai saat ini).

Momen keretakan Guendouzi dengan Arteta terjadi ketika ia ribut dengan pemain Brighton Neal Maupay pada Juni 2020. Sejak saat itu Guendouzi tak lagi jadi pilihan utama di Arsenal. Tinggal masalah waktu sebelum Guendouzi pergi permanen dari Arsenal.

2. Lucas Torreira

Datang di era Unai Emery melatih Arsenal. Lucas Torreira (25 tahun) diboyong dari Sampdoria pada 2018, tetapi saat ini dipinjamkan ke Fiorentina setelah musim lalu disekolahkan di Atletico Madrid.

Torreira tak masuk skema utama Mikel Arteta di Arsenal setelah kedatangan Thomas Partey. Seperti halnya Guendouzi, Torreira juga berpotensi pergi permanen dari Arsenal.

3. Mesut Ozil

Kualitas dan pengalamannya tak perlu diragukan lagi, tapi etos kerja selalu jadi hal yang jadi perhatian Arteta untuk Mesut Ozil. Delapan tahun karier Ozil yang direkrut Arsene Wenger dari Real Madrid pun berakhir.

Ozil (32 tahun) bergabung dengan Fenerbahce pada 2021 setelah tak lagi dipercaya bermain oleh Arteta di Arsenal. Akumulasi isu penolakan pemotongan gaji pemain, serta kritikan terkait Muslim Uyghur di China, menambah alasan kepergian juara Piala Dunia 2014 dengan Jerman itu.

4. Sokratis

Mikel Arteta datang dan Sokratis langsung disingkirkan dari tim utama bersama Ozil. Bek asal Yunani berusia 33 tahun saat ini bermain di kampung halamannya bersama Olympiakos setelah tiga tahun membela Arsenal.

Tidak ada alasan khusus mengapa Arteta mencoret namanya dari skuad utama Arsenal, tapi faktor perombakan skuad dan juga usia menjadi alasan kepergian Sokratis dari Emirates Stadium.

5. Emiliano Martinez

Penjaga gawang berusia 29 tahun sudah berada di Arsenal 2012 pasca promosi dari akademi, tapi lebih banyak dipinjamkan ke Oxford United, Sheffield Wednesday, Wolves, Getafe, dan Reading.

Di penghujung kariernya dengan Arsenal Martinez sempat dipercaya Arteta, tapi kehadiran Bernd Leno dan fakta Arsenal jarang memercayainya membuat Martinez hengkang pada 2020 ke Aston Villa.

Selain kelima nama itu ada juga nama-nama lainnya yang pergi dari Arsenal di era Arteta, yakni: Shkodran Mustafi, David Luiz, Willian, Joe Willock, Henrikh Mkhitaryan, Konstantinos Mavropanos, dan William Saliba (pinjaman).

Breaking News Arsenal Mesut Ozil Trivia Sepak Bola Mikel Arteta Matteo Guendouzi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.173

Bagikan