BolaSkor.com - Menorehkan hat-trick alias tiga gol dalam sebuah pertandingan tidaklah mudah. Tak ayal bagi mereka yang dapat melakukannya menjadi catatan spesial mencetak tiga gol dalam sebuah pertandingan.

Pun demikian bagi pesepak bola profesional asal Inggris yang memiliki catatan trigol di sebuah laga. Tidak hanya menorehkan hat-trick di liga domestik alias Inggris, beberapa pemain asal Inggris memiliki catatan spesial mencetak hat-trick di luar Inggris.

Stigma bahwa pemain-pemain Inggris 'jago kandang' karena berjaya di negerinya sendiri dengan kasta tertinggi mereka, Premier League hilang dengan catatan apik yang mereka catatkan tersebut.

Baca Juga:

Senada dengan Beckham, Wayne Rooney Juga Sebut Messi Lebih Baik ketimbang Ronaldo

Manchester United dan Chelsea Dapat Lawan Berat dalam Upaya Gaet Jadon Sancho

Borussia Dortmund Pesta Setengah Lusin Gol, Jadon Sancho Ukir Rekor Baru

Berikut BolaSkor.com menjabarkan lima pemain asal Inggris yang mencetak hat-trick di liga dunia:

1. Jadon Sancho

Jadon Sancho

Baru berusia 20 tahun dan bermain di liga kompetitif seperti Bundesliga sejak usianya baru berumur 17 tahun. Jadon Sancho menjadi komoditas panas berkat performa hebatnya dengan Borussia Dortmund yang merekrutnya dari akademi Manchester City pada 2017.

Pemain dengan banderol 100 juta euro itu kini diminati oleh Manchester United dan klub-klub top Eropa lainnya. Baru ini Jadon Sancho menorehkan hat-trick gol ketika Dortmund menang 6-1 atas Paderborn dalam lanjutan laga Bundesliga. Gol lainnya dicetak Thorgan Hazard, Achraf Hakimi, dan Marcel Schmelzer.

2. Wayne Rooney

Wayne Rooney

Siapa yang tak mengenal legenda Manchester United dan Inggris ini. Wayne Rooney masih aktif bermain saat ini pada usia 34 tahun bersama Derby County. Rooney mengukir sejarah kesuksesan dengan Red Devils dari medio 2004-2017.

Selama setahun Rooney pernah menjajal MLS (Major League Soccer) dengan membela DC United (2018-19). Pada 2019 lalu Rooney menorehkan hat-trick gol kala DC United menang telak 5-0 atas Real Salt Lake.

3. Gary Lineker

Gary Lineker

Bisa dilihat saat ini sebagai pemerhati sepak bola Inggris dan sering berkomentar di Twitter @GaryLineker. Di masa lalu Gary Lineker adalah penyerang top di Inggris dengan catatan 48 gol dari 80 caps, pernah bermain dengan Paul Gascoigne, dan legenda untuk Tottenham Hotspur (1989-1992).

Sebelum ke Spurs Lineker sempat memperkuat Barcelona (1986-1989) setelah membela Leicester City dan Everton. Dengan Barcelona Lineker memenangi Copa del Rey dan Piala Winners' Cup.

Lineker menorehkan hat-trick gol dalam laga yang spesial: El Clasico. Pada 1987 di Camp Nou Blaugrana menang 3-2 atas Real Madrid melalui tiga gol Gary Lineker. Kenangan indah itu tidak akan dilupakan fans Barcelona.

4. Robbie Fowler

Robbie Fowler

Alumni akademi dan legenda Merseyside Merah alias Liverpool. Pasca menuai kesuksesan besar kala masih berkarier di Inggris, Robbie Fowler menjalani penghujung karier di Australia dan Thailand bersama North Queensland Fury, Perth Glory, dan Muangthong United.

Torehan hat-trick gol dicatatkan Robbie Fowler kala Perth Glory menang 3-1 atas Melbourne Victory pada 2010. Saat ini lelaki berusia 45 tahun membesut Brisbaner Roar setelah sebelumnya melatih Muangthong United.

5. Kevin Keegan

Kevin Keegan

Nama yang populer di Inggris sebagai pemain dan juga manajer. Kevin Keegan legenda Liverpool kala masih aktif bermain sebagai penyerang pada medio 1971-1977. Setelahnya Keegan bermain dengan Hamburg selama tiga tahun sebelum ke Southampton, Newcastle United, dan pensiun dengan Blacktown City pada 1985.

Keegan menorehkan hat-trick gol ketika Hamburg menang 3-1 atas Arminia Bielefeld pada 1978 dan pada akhir musim memenangi titel Bundesliga.