BolaSkor.com - Sepak bola di Eropa terbuka lebar untuk siapa pun pemain berkarier di sana, tentu saja dengan kualitas yang dibutuhkan klub. Tidak terkecuali pemain asal Asia yang mencoba peruntungannya di Benua Biru.

Dua negara dari Asia, Jepang dan Korea Selatan, dominan dalam mengirim pemain-pemain mereka untuk berkarier di Eropa. Sejarah pun membuktikan apabila ada banyak pemain Asia dari kedua negara itu yang menghiasi sepak bola Eropa.

Ada yang sukses, seperti halnya Park Ji-sung dengan Manchester United atau pemain-pemain lain yang namanya cukup terkenal seperti Shunsuke Nakamura, Hidetoshi Nakata, Keisuke Honda.

Baca Juga:

Victor Osimhen Beri Kode untuk Manchester United

Pesan Ten Hag untuk Fans: Datang ke Old Trafford dan Saksikan Man United Kalahkan Barcelona

Jangan Lupakan Manchester United dalam Perburuan Titel Premier League

Beda di masa lalu berbeda juga di masa kini. Peran pemain Asia semakin besar di Eropa karena klub-klub besar mulai menaruh minat kepada mereka. Saat ini setidaknya ada empat pemain dari Asia yang masuk kategori terbaik di Eropa saat ini, siapa saja?

1. Kim Min-jae (26 Tahun)

Napoli merekrut Kim Min-jae dari Fenerbahce sebesar 18,05 juta euro pada musim panas 2022. Tugasnya tidak mudah sebagai pengganti bek senior dan salah satu yang terbaik di Serie A, Kalidou Koulibaly, tetapi Kim melakukannya dengan sangat baik.

Sejauh ini Kim sudah bermain 30 kali di seluruh kompetisi dan mencetak dua gol serta memberikan satu assist. Kim menjadi kekuatan di lini belakang Napoli dengan tinggi badan 1,90 meter. Alhasil, Napoli kini juga berada di jalur yang tepat dalam perebutan Scudetto dan titel Liga Champions.

2. Kaoru Mitoma (25 Tahun)

Namanya semakin populer di Premier League. Kaoru Mitoma menghadirkan ancaman bagi tim lawan di area sayap kala ia bermain. Sejauh ini dengan Brighton & Hove Albion di seluruh kompetisi, Mitoma sudah mencetak tujuh gol dan memberikan dua assists dari 22 laga di seluruh kompetisi.

Permainannya semakin berkembang di era Roberto De Zerbi pasca dilatih Graham Potter. Mitoma juga sempat dipinjamkan Brighton ke Union SG pasca merekrutnya dari Kawasaki Front pada 2021. Bermain sebagai winger, Mitoma punya kualitas teknik dan lincah bergerak untuk melewati lawan.

3. Mehdi Taremi (30 Tahun)

Tidak semua pemain Asia di Eropa berasal dari Jepang dan Korsel, ada juga pemain senior timnas Iran Mehdi Taremi. Taremi jadi target man andalan Sergio Conceciao di lini depan Porto, sejauh ini telah mencetak 20 gol dan memberikan 11 assists dari 34 laga di seluruh kompetisi.

Taremi sudah membela Porto sejak 2020 pasca direkrut dari Rio Ave dan ia juga pernah membela Al-Gharafa. Kendati sudah berusia 30 tahun, servis Taremi masih dibutuhkan di lini depan Porto.

4. Takehiro Tomiyasu (24 Tahun)

Sejauh ini Takehiro Tomiyasu di Arsenal terlihat kalah bersaing dengan Ben White untuk posisi bek kanan. Kendati demikian ketika dibutuhkan Mikel Arteta, Tomiyasu bermain baik menjalankan instruksinya dan kariernya masih relatif panjang.

Arsenal merekrutnya sebesar 18,6 juta euro dari Bologna pada 2021 dan Tomiyasu sudah bermain 27 kali di seluruh kompetisi sejauh ini, memberikan dua assists. Berka pengalamannya main di Bologna, dari sisi defensif Tomiyasu melakukannya dengan baik dan taktis.

5. Daichi Kamada (26 Tahun)

Eintracht Frankfurt merekrut Daichi Kamada pada 2017 dari Sagan Tosu dan ia sempat dipinjamkan ke Sint-Truiden. Pasca kembali ke Frankfurt pada 2019, Daichi Kamada langsung mengamankan tempat pada posisi gelandang.

Sejauh ini Kamada sudah mencetak 13 gol dan memberikan lima assists dari 30 laga di seluruh kompetisi. Kamada pernah memenangi titel Liga Europa dengan Frankfurt dan ia punya kreativitas bermain dan dapat membantu tim dalam fase ofensif.