5 Pemain Asing Terbaik Madura United Sejauh Ini

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 25 April 2020
5 Pemain Asing Terbaik Madura United Sejauh Ini
Peter Odemwingie. (BolaSkor.com/Bima Pamungkas)

BolaSkor.com - Madura United memang baru empat tahun beredar di kompetisi tertinggi sepak bola tanah air. Tapi klub berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut selalu dipandang sebagai favorit juara di setiap musim.

Sejak mengambil alih kepemilkan Pelita Bandung Raya (PBR), Achsanul Qosasi selaku presiden klub, selalu mengusung target tinggi. Pria asal Sumenep tersebut tak ingin klubnya menjadi pelengkap kompetisi.

Tak heran bila Madura United selalu bercokol di papan atas klasemen sejak mengikuti kompetisi Indonesia Soccer Championship di tahun 2016. Keberadaan pemain-pemain lokal terbaik serta pemain asing berkualitas membuat Madura United tak pernah bisa dipandang sebelah mata.

Bolaskor.com merangkum lima pemain asing terbaik Madura United yang pernah atau masih berseragam loreng khas Madura. Siapa saja mereka?

Baca Juga:

6 Penyerang yang Sulit Dihadapi Versi Hamka Hamzah

5 Pemain Asing Terbaik Persebaya Surabaya Sepanjang Sejarah

1. Pablo Rodriguez Aracil

Pablo Rodriguez Aracil
Pablo Rodriguez Aracil. (Istimewa)



Direkrut dari klub Maladewa, Maziya S&RC, Pablo Rodriguez berhasil memberikan ketajaman di lini depan Madura United. Dengan postur tinggi menjulang, Pablo tak hanya efektif dalam bola atas tapi juga mampu menuntaskan umpan daerah.

Pemain yang pernah menimba ilmu di klub ternama Spanyol, Valencia, berhasil melesakkan 14 gol dalam 30 penampilannya di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Sayangnya, kontraknya tak diperpanjang dan dirinya memutuskan hengkang ke Singapura bersama Hougang United.

Namun performa pemain asal Spanyol tersebut di Negeri Singa tak pernah sama, dengan Pablo hanya mampu mencetak dua gol dalam sembilan penampilan. Di akhir musim 2017, Pablo dilepas Hougang dan kini dia tak lagi bermain di klub profesional.

2. Dane Milovanovic

Dane Milovanovic
Dane Milovanovic. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)



Pemain berpaspor Australia tersebut itu merupakan salah satu pemain asing pertama yang direkrut Madura United setelah mengakuisisi PBR di tahun 2016. Bermain sebagai gelandang tengah, dirinya disukai penggemar berkat kemampuannya mengatur tempo serangan dengan umpan jauh nan tajam.

Salah satu hal yang paling diingat dari sosok Dane adalah gol spektakulernya ke gawang Persipura dari tengah lapangan. Selain itu dia juga dikenal dengan selebrasi Batman Face.

Meski tampil memukau di musim perdananya di Indonesia, Dane ternyata mendapatkan sanksi dari FIFA saat bermain di Hongkong. Hal yang membuatnya harus absen di awal kompetisi Liga 1 2017.

Pemain berdarah Serbia tersebut juga diketahui memiliki masalah medis serius yang membuatnya 'dirumahkan' di pertengahan musim 2017. Tetapi Dane kembali jelang penutupan bursa transfer tengah musim, namun kondisinya sudah menurun drastis dan jarang mendapatkan kesempatan hingga musim berakhir.

3. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie
Peter Odemwingie. (LIB)



Pemain asal Nigeria, Peter Odemwingie, merupakan sensasi terbesar yang pernah dimiliki Madura United. Mantan pemain klub Inggris, West Bromwich Albion tersebut hadir ke Indonesia dengan status marquee player.

Pada kompetisi Liga 1 2017, Indonesia tengah menerapkan aturan marquee players yang memungkinkan klub merekrut pemain bintang yang pernah bermain di lima liga top eropa atau bermain di Piala Dunia. Selain Odemwingie, nama-nama tenar seperti Didier Zokora, Mohammed Sissoko hingga Michael Essien, ikut meramaikan hingar bingar kompetisi resmi perdana usai pencekalan FIFA di tahun 2014.

Meski tak lagi muda, Odemwingie tetap mampu menunjukkan kualitasnya sebagai seorang goal getter. 15 gol berhasil diciptakan dari 23 penampilan selagi performanya terganggu dengan cedera jempol kaki di paruh kedua.

Sayangnya, hubungan Odemwingie dan manajemen Madura United sempat merenggang dan membuat keduanya sempat saling mengancam akan melaporkan ke FIFA. Namun di pertengahan musim 2018, kesepakatan bersama berhasil dibuat dan Odemwinge memutuskan pensiun lalu mulai menekuni karir di olahraga golf.

4. Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame
Fabiano Beltrame. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)



Bek tangguh asal Brasil, Fabiano Beltrame, masih berstatus pemain asing saat memperkuat Madura United dari tahun 2016 hingga 2018. Bertindak sebagai kapten utama, Fabiano berhasil menjelma menjadi sosok tangguh pertahanan klub asal pulau Garam tersebut.

Tak hanya tangguh dalam bertahan, Fabiano yang kerap maju membantu serangan saat bola mati juga merupakan salah satu bek tertajam di Indonesia pada era Liga 1. 11 gol berhasil dilesakkannya saat berseragam loreng Madura sebelum hengkang ke Persib Bandung di awal musim 2019.

Prestasi terbaiknya selama di Madura yaitu membawa Madura berada di peringkat ketiga ISC A 2016. Sesuatu yang tak lagi mampu diulangi Madura United hingga kini.

5. Jaimerson Xavier

Jaimerson Xavier
Jaimerson Xavier. (Madura United)



Madura United tak bisa lepas dari bek asal Brasil usai melepas Fabiano ke Persib di awal musim 2019. Sebagai bagian dari revolusi di kubu Madura United, Jaimerson yang baru saja merengkuh gelar juara bersama Persija Jakarta didatangkan demi membangun kejayaan Madura di pentas domestik.

Musim lalu, Madura United bahkan mendapat julukan Los Galacticos setelah mendatangkan sederet nama berkualitas di setiap posisi. Mulai dari M. Ridho, Aleksandar Rakic, Andik Vermansah, hingga Alberto Goncalves.

Tetapi sebelum liga berjalan, mereka mendapat pukulan telak saat takluk dari Persebaya Surabaya di semi-final Piala Presiden 2019. Tampil meyakinkan di awal kompetisi Liga 1, mereka seperti kehabisan bensin usai tersingkir dari PSM Makassar di ajang Piala Indonesia dimana sang juara berhak mendapatkan satu slot berlaga di kompetisi Asia musim depan.

Dipecatnya pelatih kepala Dejan Antonic menjadi puncak masalah bagi skuad bertabur bintang ini. Namun Jaimerson dan kawan-kawan berhasil bangkit jelang akhir musim dan mampu membawa timnya menyudahi klasemen di peringkat kelima.

Sempat diisukan menjadi salah satu pemain yang dipecat, Jaimerson memastikan tetap berkostum Loreng musim ini di bawah arahan pelatih berpengalaman, Rahmad Darmawan. Sayangnya kompetisi musim ini harus dihentikan pada pekan ketiga, menyusul pandemi Corona yang menyebar di Indonesia. (Laporan Kontributor Bima Pamungkas/Madura)

Madura united Jaimerson da Silva Xavier Fabiano Beltrame Peter Odemwingie Liga 1 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.013

Bagikan