BolaSkor.com - Barcelona dan Atletico Madrid akan melakoni duel hidup mati dalam lanjutan LaLiga 2020-2021, akhir pekan nanti. Pemenang laga ini sangat berpeluang mengakhiri musim dengan gelar juara.

Barcelona sedikit diuntungkan karena akan bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan ini rencananya berlangsung di Camp Nou, Sabtu (8/5) pukul 21.15 WIB.

Ini menjadi babak baru dalam rivalitas Barcelona dan Atletico. Sebelumnya, kedua tim memang cukup jarang terlibat persaingan yang ketat.

Baca Juga:

LaLiga 2020-2021 Sengit, Mascherano Terkenang Masa Lalu

LaLiga Lakukan Penyelidikan Terkait Pesta di Rumah Lionel Messi

Gol Tendangan Bebas ke-50 Lionel Messi, Pertanda Bagus untuk Barcelona

Rivalitas Barcelona dan Atletico Madrid memang bukan yang terpanas di Spanyol. Hubungan kedua tim relatif akrab jika dibandingkan dengan Real Madrid.

Keakraban ini bisa terlihat dari banyaknya daftar pemain yang pernah memperkuat Barcelona dan Atletico. Bahkan tak jarang mereka menyeberang langsung tanpa harus mampir ke klub lain.

Barcelona harus diakui sedikit lebih superior dalam urusan transfer. Blaugrana cukup sering membajak bintang yang dimiliki Atletico.

Sampai saat ini, setidaknya ada lima pemain Atletico yang membelot ke Barcelona. Berikut rinciannya:

1. Marcos Alonso Pena

Marcos Alonso Pena

Marcos Alonso Pena merupakan salah satu winger andalan Atletico Pada periode 1979 hingga 1982. Menariknya, ia merupakan produk akademi Real Madrid.

Penampilan apik Marcos membuat Barcelona tertarik meminangnya pada 1982. Raksasa Spanyol itu bahkan rela menjadikannya sebagai pemain termahal dengan biaya transfer 150 juta peseta (mata uang Spanyol pada 1868 hingga 2002).

Bersama Barcelona, Marcos turut membantu klub meraih sejumlah gelar bergengsi seperti LaLiga 1984-1985 dan Copa del Rey 1982-1983.


2. Julio Salinas

Julio Salinas (tengah)

Julio Salinas merupakan produk akademi Athletic Bilbao yang memperkuat Atletico pada periode 1986 sampai 1988. Namun kariernya tak terlalu cemerlang di Madrid.

Salinas memang selalu mampu mencetak dua digit gol selama memperkuat Atletico. Sayangnya tidak ada trofi yang mampu dipersembahkannya.

Ketajaman Salinas nyatanya membuat Barcelona tertarik meminangnya jelang musim 1988=1989 bergulir. Sang pemain pun sulit untuk menolak tawaran tersebut karena akan bertemu banyak pemain berdarah Basque lain seperti Txiki Begiristain, Jose Ramon Alexanko, Jose Mari Bakero, hingga Jon Andoni Goikoetxea.

Keputusan Salinas pindah ke Barcelona terbukti tepat. Ia mampu meraih sepuluh trofi bergengsi termasuk empat gelar Laliga secara beruntun.


3.Eusebio Sacristan

Eusebio Sacristan

Nama Eusebio Sacristan memang terdengar asing di telinga pecinta sepak bola. Namun yang bersangkutan merupakan bagian Dream team Barcelona asuhan Johan Cruyff pada awal 1990 an.

Sacristan memperkuat Barcelona selama tujuh musim pada 1988 hingga 1995. Sebelas trofi bergengsi mampu diraihnya dalam periode tersebut.

Sebelum memperkuat Barcelona, Sacristan sempat satu musim memperkuat Atletico. Namun kariernya kurang bersinar di sana.


4. Arda Turan

Arda Turan

Atletico memboyong Arda Turan dari Galatasaray pada musim panas 2011 dengan biaya 12 juta euro. Namun ini merupakan salah satu pembelian terbaik klub asal ibu kota Spanyol tersebut.

Tak butuh waktu lama bagi Turan untuk menjadi andalan di lini tengah. Ia bahkan berperan penting membawa Atletico menjuarai LaLiga dan finalis Liga Champions pada musim 2013-2014.

Penampilan apik itu membuat klub-klub besar Eropa tertarik meminang Turan. Namun Barcelona yang akhirnya memenangi perburuannya.

Turan resmi bergabung ke Barcelona pada 6 Juli 2015 dengan biaya transfer 34 juta euro. Namun kariernya di Camp Nou tak berjalan mulus sehingga ia memilih pulang kampung ke negaranya dengan memperkuat Istanbul Basaksehir dan kini ke Galatasaray.


5. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann menjadi bintang Atletico Madrid yang membelot ke Barcelona. Pemain berkebangsaan Prancis itu bahkan melakukannya dengan diiringi sebuah drama.

Atletico memboyong Griezmann dari Real Sociedad pada musim panas 2014. Saat itu dana yang harus dikeluarkan mencapai 30 juta euro.

Harga yang cukup tinggi tersebut mampu dijawab Griezmann dengan penampilan maksimal di lapangan. Ia membantu Atletico meraih tiga gelar bergengsi termasuk trofi Liga Europa 2017-2018.

Barcelona kemudian membajak Griezmann pada musim panas 2019. Klub asal Catalunya itu rela mengeluarkan dana sebesar 120 juta euro.