BolaSkor.com - Musim 2019-2020 terasa berbeda karena diwarnai pandemi virus corona yang membuat kompetisi sempat ditangguhkan. Musim ini juga menjadi saksi meredupnya sejumlah pemain bintang.

Pandemi virus corona memaksa kompetisi ditangguhkan sejak Maret lalu. Sejumlah kompetisi ada yang dihentikan secara prematur tapi banyak juga yang akhirnya berlanjut.

Musim yang penuh persoalan ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pemain. Mereka harus menjaga performanya meski kompetisi sempat libur panjang dan program latihan tak maksimal.

Baca Juga:

5 Statistik Menarik di Balik Ketajaman Trio Man United: Rashford, Martial, dan Greenwood

3 Buruan Ralf Rangnick untuk Perkuat AC Milan

6 Kandidat Pelatih Barcelona jika Quique Setien Dipecat

Alhasil ada pemain yang penampilannya menurun setelah kompetisi dilanjutkan. Namun ada juga pemain yang performanya justru meningkat pesat usai pandemi.

Sayangnya hal itu tak berlaku bagi sejumlah bintang. Sebelum dan sesudah pandemi, mereka tetap kesulitan menembus tempat di skuat inti.

Padahal secara kualitas, para pemain ini tak perlu diragukan. Beberapa di antaranya bahkan pernah menjadi andalan klubnya.

Berikut lima pemain bintang yang sinarnya meredup sepanjang musim 2019-2020:


1. Mesut Ozil

Pergantian manajer dari Unai Emery ke Mikel Arteta tak terlalu memberikan pengaruh terhadap karier Mesut Ozil di Arsenal. ia tetap kesulitan menembus skuat utama.

Sepanjang musim ini, ia hanya tampil 12 kali di Premier League. Dari jumlah tersebut Ozil cuma membukukan satu gol dan dua assist.

Pemain berkebangsaan Jerman itu bahkan sudah tak pernah bermain sejak kompetisi bergulir kembali di masa pandemi. Ozil seperti memiliki konflik dengan Arteta.

Padahal secara kualitas, Ozil tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan salah satu gelandang kreatif yang berstatus juara dunia.

Dengan situasi terkini, Ozil sangat mungkin meninggalkan Arsenal meski kontraknya tersisa satu tahun lagi. masalahnya, tak banyak klub besar yang menunjukkan ketertarikan untuk memboyongnya.


2. James Rodriguez

Nasib James Rodriguez serupa dengan Ozil. Ia seperti tak punya masa depan lagi di Real Madrid.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane hanya memberikan James kesempatan untuk tampil delapan kali di LaLiga musim ini. Padahal Los Blancos sempat mengalami krisis pemain di lini tengah dengan cederanya Marco Asensio dan Eden Hazard.

Secara kualitas, James juga tak perlu diragukan. Madrid bahkan rela mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro untuk memboyongnya dari AS Monaco pada 2014 silam.

James sebenarnya sudah berniat untuk meninggalkan Madrid sejak awal musim ini. Namun klub-klub peminat kesulitan menebus harga tinggi dan gaji sang pemain.


3. Edinson Cavani

Reputasi Edinson Cavani sebagai mesin gol Paris Saint-Germain (PSG) memang mulai memudar sejak datangnya Neymar dan Kylian Mbappe pada musim panas 2017 silam. Namun musim 2019-2020 menjadi masa terburuk bomber Uruguay tersebut.

Cavani hanya diberi kesempatan tampil dalam 14 laga di Ligue 1 musim ini. Hebatnya ia masih mampu membukukan empat gol dan dua assist.

Cavani kini telah berstatus bebas transfer. Kontraknya bersama PSG berakhir pada 30 Juni lalu.

Meski musim ini sinarnya meredup, Cavani masih mampu menarik minat sejumlah klub top Eropa. Ia dikabarkan akan melanjutkan karier di Spanyol.


4. Ander Herrera

Nasib tak jauh berbeda dialami rekan setim Cavani di PSG, Ander herrera. Pemain berkebangsaan Spanyol yang baru bergabung di awal musim itu kesulitan menembus tempat di skuat utama.

Datang dari klub sebesar Manchester United bukan jaminan bagi Herrera bisa dengan mudah jadi andalan PSG. Ia kalah bersaing dengan gelandang-gelandang Les Parisiens lain yang tak kalah berkualitas.

Herrera hanya tampil delapan kali sepanjang Ligue 1 musim 2019-2020. Ia menorehkan satu gol dan satu assist.

Meski begitu, Herrera nampaknya masih akan bertahan di PSG musim depan. Ia tentu masih penasaran untuk membuktikan kualitasnya.


5. Mario Gotze

Mario Gotze menjalani masa-masa sulit sepanjang musim 2019-2020. Ia gagal merebut tempat di skuat inti Borussia Dortmund hingga memilih pergi pada musim panas ini.

Gotze berniat membangkitkan kariernya kembali saat memilih pulang ke Dortmund pada 2016 silam. Seperti diketahui, Die Borussen merupakan klub yang membesarkan nama pemain berusia 28 tahun tersebut.

Sayang hal itu tak terwujud karena ia kalah bersaing dengan pemain Dortmund lainnya. Musim ini Gotze hanya tampil 15 kali di Bundesliga dan mencetak tiga gol.

Kinin Gotze sudah resmi berstatus bebas transfer. Ia dirumorkan akan melanjutkan karier di luar Jerman.