BolaSkor.com - Sepak bola telah berkembang menjadi bisnis yang melibatkan banyak uang. Bahkan, untuk menjaga sang pemain tetap dalam genggaman, tak jarang klub memasukkan klausul rilis setinggi langit.

Satu di antara klausul pelepasan yang banyak dibicarakan belakangan ini adalah milik Lionel Messi. Nilai yang tinggi membuat Manchester City mengambil langkah mundur teratur.

Baca juga:

5 Calon Top Skorer Serie A 2020-2021

Krause Group, Bisnis Keluarga Miliader Amerika, dan Visi Mengembalikan Kejayaan Parma

Bursa Transfer Manchester United: Antara Berhati-hati atau Medit

Sebelumnya, Barcelona kehilangan Neymar karena Paris Saint-Germain berani menebus klausul rilis Neymar yang menyentuh angka 222 juta euro. Berkat klausul tersebut, Neymar menjadi pemain termahal sepanjang sejarah.

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan klausul rilis? Klausul rilis adalah nilai jual yang ditetapkan oleh klub pemilik pemain. Itu artinya, jika ada klub peminat yang bersedia menggelontorkan dana seperti yang tertera dalam kontrak, klub pemilik wajib menerima.

Meski demikian, ada beberapa kasus pemain berpindah klub tanpa menggunakan klausul rilis. Contohnya adalah saat Cristiano Ronaldo menuju Juventus. Kabarnya, Ronaldo memiliki klausul pelepasan 1 miliar euro dalam kontraknya.

Namun, karena ada beberapa kondisi tertentu dan Real Madrid memberi restu, akhirnya Juventus hanya perlu mengucurkan 110 juta euro untuk mendapatkan CR7.

Penasaran siapa saja pemain dengan klausul pelepasan tertinggi? Berikut lima teratas:

Lionel Messi - 592,5 juta pounds

Messi

Nilai 592,5 juta pounds menjadi tembok terjal bagi Lionel Messi angkat kaki dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Klausul tebus tersebut sangat tinggi, terlebih dalam kondisi pandemi virus corona.

Akan tetapi, terselip klausul khusus dalam kontrak La Pulga yang memungkinkannya pergi secara cuma-cuma setiap akhir musim, sebelum 31 Mei. Klausul tersebut yang coba digunakan Messi untuk meninggalkan Barcelona beberapa waktu lalu.

Menurut Messi, waktu yang tertera akan mundur karena kompetisi pun molor dari jadwal seharusnya. Sayangnya, keinginan Messi meninggalkan Barcelona tidak terwujud pada musim ini.

Brahim Diaz - 634 juta pounds

Brahim Diaz

Brahim Diaz memiliki klausul yang sangat tinggi untuk pemain seusianya. Angka tersebut memberikan indikasi jika Real Madrid percaya Diaz memiliki talenta besar.

Akan tetapi, Diaz tak juga bisa menembus skuad utama Los Blancos. Penampilan cemerlang Karim Benzema menjadi halangan bagi mantan pemain Manchester City tersebut.

Saat ini, Diaz sedang dalam masa peminjaman selama satu musim di AC Milan. Kontrak sang pemain bersama Real Madrid masih berlaku hingga Juni 2025. Tentunya, Madrid ingin Diaz kembali dalam keadaan siap pakai.