BolaSkor.com - Chelsea akan menjamu Juventus pada matchday 5 Grup H Liga Champions 2021-2022, Rabu (24/11) dini hari WIB. Menariknya, The Blues punya sejumlah kisah manis dengan pemain asal Italia.

Hasil imbang sudah cukup mengantarkan Chelsea ke babak berikutnya. Saat ini, Chelsea menempati posisi kedua dengan sembilan poin atau unggul enam angka dari peringkat kedua, Zenit.

Kendati demikian, mendapatkan poin dari Juventus bukan perkara mudah. Pada laga sebelumnya, Chelsea keok 1-0 di markas Bianconeri.

Baca Juga:

Diincar Manchester United, Jules Kounde Curhat soal Kegagalannya Gabung Chelsea

6 Pemain yang Perlu Dirotasi pada Laga Chelsea Vs Juventus

Ratu Transfer Chelsea Tentukan Tiga Prioritas di Musim Dingin

Satu hal yang menarik di luar pertandingan adalah soal kegemaran Chelsea mendatangkan pemain asal Italia. Menurut catatan Transfermarkt, Chelsea pernah menggaet 17 pemain asal Negeri Pizza itu. Jumlah tersebut menjadi Italia sebagai negara ketiga yang mengekspor pemain ke The Blues.

Lantas, siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut lima di antaranya"

Gianfranco Zola

Pemain pertama yang dipilih BolaSkor masuk daftar ini adalah Gianfranco Zola. Eks Napoli tersebut cukup lama memperkuat Chelsea.

Gianfranco Zola menuju Chelsea pada bursa transfer musim dingin 1997. The Blues mendapatkan Zola dari AC Parma dengan mahar 6,2 juta euro.

Zola pun memperkuat Chelsea hingga 2003 sebelum akhirnya kembali ke Italia dengan membela Cagliari. Selama di Stamford Bridge, Zola menorehkan 75 gol dan 21 assist dalam 301 pertandingan. Selain itu, Zola juga memenangi satu titel Piala Liga Inggris, dua trofi Piala FA, Piala Super Eropa, dan Piala Super Liga Inggris.

Usai gantung sepatu, Zola sempat kembali ke Chelsea sebagai asisten manajer. Ia bersama The Blues dalam semusim.

Gianluca Vialli

Pada era Zola, Chelsea juga punya pemain Italia lainnya yakni Gianluca Vialli. Bahkan, Vialli menjadikan Chelsea sebagai tempat gantung sepatu.

Usai berjuang bersama Juventus selama empat musim, Vialli memutuskan mencoba peruntungan baru di Inggris. Ia datang pada musim panas 1996 dengan status bebas transfer.

Pria yang kini menjadi bagian dari tim pelatih tim nasional Italia itu melakoni 81 laga dengan catatan 38 gol dan satu assist. Vialli pun membawa Chelsea juara Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Super Eropa.

Carlo Cudicini

Italia terkenal sebagai pabrik kiper papan atas. Chelsea beruntung bisa merasakan satu di antaranya dalam diri Carlo Cudicini.

Awalnya, Cudicini bergabung sebagai pemain pinjaman dari Castel di Sangro pada 1999. Kemudian, The Blues menebusnya satu musim berselang.

Selama 10 tahun di Chelsea, Cudicini beraksi 216 kali menjaga gawang. Hebatnya, Cudicini mencatatkan 101 clean sheet.

Christian Panucci

Christian Panucci dikenal sebagai legenda AS Roma. Namun, pada awal perjalanannya, Panucci sempat mencicipi berkarier di Chelsea.

Peristiwa itu terjadi ketika Panucci membela Inter Milan. Ia dipinjamkan ke Chelsea selama satu musim yakni pada 2000-2001. Dengan waktu yang singkat, Panucci hanya bermain dalam 10 laga dengan torehan satu gol.

Jorginho

Ketika empat pemain sebelumnya berasal dari masa lalu, pemain berikutnya berasal dari masa kini. Ya, pemain itu adalah Jorginho.

Chelsea membeli Jorginho pada musim panas 2018 bukan tanpa alasan. Apalagi, uang yang dikeluarkan mencapai 57 juta euro.

The Blues rela mengucurkan uang sebesar itu karena ingin memenuhi permintaan Maurizio Sarri. Sang pelatih menilai, Jorginho adalah kepingan yang hilang di lini kedua The Blues. Apalagi, Sarri sudah mengenal Jorginho karena pernah bekerja sama di Napoli.

Investasi Chelsea pun berbuah manis. Jorginho membawa Chelsea juara Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa. Gelandang 29 tahun itu pun terpilih sebagai pemain terbaik UEFA 2021.