BolaSkor.com - Raksasa Bavaria alias Bayern Munchen kembali menjadi yang terbaik di Bundesliga pada musim ini. Sempat terseok-seok karena inkonsistensi bermain di awal musim, performa Die Roten membaik kala Hans-Dieter Flick datang menggantikan Niko Kovac pada November lalu.

Di bawah arahannya Bayern memenangi 26 laga dari 29 pertandingan di seluruh kompetisi. Teranyar Manuel Neuer dkk menang 1-0 atas Werder Bremen dalam lanjutan laga Bundesliga di Weserstadion, Rabu (17/06) dini hari WIB via gol tunggal Robert Lewandowski.

Hasil itu sudah cukup menjadikan Bayern juara dengan dua laga tersisa melawan Freiburg (20/06) dan Wolfsburg (27/06). Bayern Munchen memenangi titel ke-30 Bundesliga - memecahkan rekor - dan kedelapan beruntun.

Baca Juga:

Lewandowski Hampir Berpaling dari Munchen demi Berduet dengan Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Hasil Laga Liga-liga Eropa: Bayern Munchen Juara, Barcelona Jaga Momentum

Juara Bundesliga, Bayern Munchen Selangkah Menuju Treble Winners

Bayern sama sekali tidak mengendurkan gas meski sudah menjuarainya selama tujuh musim beruntun sebelumnya dan dominan di Jerman. Tiap musim memiliki ceritanya sendiri. Pun demikian musim ini.

Menilik data dari laman resmi Bundesliga, BolaSkor.com merangkum lima pemain Bayern Munchen yang menjadi kunci keberhasilan klub meraih titel Bundesliga musim ini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Serge Gnabry

Serge Gnabry

Semakin berkembang bersama Bayern Munchen dan bakatnya bahkan dilewatkan oleh Arsenal dan West Bromwich Albion. Serge Gnabry (24 tahun) terlibat langsung dalam 15 gol Bayern di antara pekan 11 hingga 25.

Gnabry juga mencatatkan catatan personal 10 gol dan 11 assists liga terbaik dalam kariernya musim ini. Dalam empat musim bersama Bayern penyerang sayap asal Jerman itu juga mencetak 10 gol atau lebih.

2. Thomas Muller

Thomas Muller

Nasibnya sempat tak menentu kala dilatih Niko Kovac yang lebih memilih Philippe Coutinho. Tapi kedatangan Flick mengubah situasinya dan Thomas Muller kembali jadi pemain andalan klub dalam perannya sebagai raumdeuter (penafsir ruang).

Muller (30 tahun) mencetak tujuh gol dan memberikan 20 assists (angka yang fantastis) hingga dia jadi penyuplai assist terbaik di Eropa. Muller juga telah melewati 500 laga dalam kariernya. Pengalaman dan kualitasnya masih dibutuhkan klub.

3. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski

Tua-tua keladi. Pada usia 31 tahun Robert Lewandowski justru semakin ganas mencetak gol dan kini telah mencetak 31 gol di Bundesliga (46 di seluruh kompetisi). Rekor sepanjang masa top skor Bundesliga masih dipegang Gerd Muller dengan 40 gol. Pada dua laga tersisa sulit baginya mencetak sembilan gol.

Striker asal Polandia juga ada dalam daftar top skor sepanjang masa klub di urutan tiga dengan 233 gol. 18 klub yang berpatipasi di Bundesliga musim ini juga merasakan ketajaman gol Lewandowski.

4. Alphonso Davies

Alphonso Davies

Memanfaatkan baik kepercayaan Hansi Flick menempatkannya sebagai bek kiri menggantikan David Alaba. Alphonso Davies (19 tahun) menjadi pelari tercepat Bundesliga dan sosok yang sulit dilalui di sisi kiri permainan Bayern.

Davies kuat ketika bertahan dan cepat ketika membangun serangan seolah ia menjadi penyerang sayap meski ditempatkan sebagai bek kiri. Kala sudah melakukan sprint bek-bek lawan kesulitan mengejarnya.

5. Joshua Kimmich

Joshua Kimmich

Permainannya yang sederhana, efektif, dan kolektif sangat berguna bagi Bayern. Apalagi pemain berusia 25 tahun bisa menjadi bek kanan atau gelandang tengah. Kontribusi besarnya dalam permainan tim bisa dilihat dari 92 persen percobaan operan yang berhasil.

Joshua Kimmich juga menyentuh bola sebanyak 3.003 kali dan berlari menjelajah ruang sebanyak 231 mil. Itu sudah melebihi pemain mana pun di liga.