BolaSkor.com - Genderang perang Piala AFF 2020 segera ditabuh. Piala AFF 2020 akan berlangsung terpusat di Singapura pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. Skuat Garuda akan melawan Kamboja (9 Desember), Laos (12 Desember), Vietnam (15 Desember), dan Malaysia (19 Desember).

Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mengumumkan 30 nama pemain Skuat Garuda untuk Piala AFF 2020.

Dari 30 nama tersebut, enam pemain diambil dari klub luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town/Inggris), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia). Sisanya diambil dari klub-klub Liga 1.

Dari empat lawan Timnas Indonesia, terdapat segelintir pemain yang wajib diwaspadai Evan Dimas dkk. Berikut 5 pemain patut diwaspadai Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 versi BolaSkor.com:

Baca Juga:

Cegah COVID-19, Pemain Timnas Makan Pakai Boks dan Dilarang Keluar Hotel

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

1. Chan Vathanaka (Kamboja)

Chan Vathanaka
Chan Vathanaka. (AFF)

Chan Vathanaka menjadi pemain yang harus diwaspadai Timnas Indonesia saat bersua Kamboja, 9 Desember mendatang. Pemain berumur 27 tahun itu merupakan andalan Kamboja di Piala AFF 2020.

Pemain Boeung Ket itu sudah berpengalaman membela Kamboja di Piala AFF sejak usai belia. Chan Vathanaka sudah memulai debutnya sejak umur 19 tahun. Namun, debutnya dimulai di Piala AFF saat edisi 206.

Chan Vathanaka merupakan pemain sayap yang memiliki kelincahan dalam men-dribble bola. Ia dijuluki Lionel Messi Kamboja karena permainanya mirip sang megabintang Argentina tersebut.

Total ia sudah melesakkan 10 gol dalam 25 pertandingan bersama timnas Kamboja.

2. Billy Ketkeophomphone (Laos)

Billy Ketkeophomphone
Billy Ketkeophomphone. (Istimewa)

Billy Ketkeophomphone menjadi andalan baru Timnas Laos. Ia lahir dari orang tua yang merupakan pengungsi Laos, yang melarikan diri ke Prancis pada 1980-an dan lahir di Champigny-sur-Marne, Prancis pada 24 Maret 1990.

Billy Ketkeophomphone kini membela klub Ligue 2 Prancis Dunkerque. Ia sebelumnya tampil di Ligue 1 ketika berbaju Angers SCO.

3. Nguyen Chan Poung dan Nguyen Tien Linh (Vietnam)

Nguyen Chan Poung
Nguyen Chan Poung. (AFF)

Nguyen Chan Poung dan Nguyen Tien Linh merupakan duet striker timnas Vietnam. Keduanya memiliki ciri khas berbeda dalam memerankan perannya di lini depan The Golden Stars.

Nguyen Cong Phuong merupakan pemain timnas Vietnam U-23 yang dijuluki Lionel Messi Vietnam. Ia memiliki karakter bermain agak melebar dengan kemapuang individu yang baik.

Nguyen Cong Phuong pernah bermain pada Piala AFF 2018. Tujuh kali ia bermain, tiga gol dilesakkannya. Ia juga pernah bermain untuk klub Liga Belgia Sint-Truidense VV.

Sementara itu, Nguyen Tien Linh adalah striker bertipikal target man. Pemain berumur 24 tahun itu pernah dua kali membobol gawang Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Saat itu, Timnas Indonesia kalah 1-3 dan 0-4.

4. Safawi Rasid (Malaysia)

Safawi Rasid
Safawi Rasid. (Istimewa)

Safawi Rasid merupakan pemain andalan timnas Malaysia di lini sayap. Pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) itu memiliki kemampuan dribbel yang bagus dan kecepatan. Pemain berumur 24 tahun tersebut juga lihai dalam mengambil tendangan bebas.

Safawi Rasid pernah merepotkan Timnas Indonesia ketika berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Ia mencetak dua gol kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia di Bukit Jalil.

Uniknya, bakat Safawi Rasid ditemukan mantan pelatih dan pemain Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan. Ia menemukan bakatnya ketika melatih Terengganu FC.