5 Pemain Pinjaman yang Paling Tokcer pada Dua Dekade Terakhir

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 12 Januari 2020
5 Pemain Pinjaman yang Paling Tokcer pada Dua Dekade Terakhir
Romelu Lukaku (zimbio)

BolaSkor.com - Meminjam pemain dari klub lain merupakan salah satu cara untuk menambal kekurangan yang ekonomis. Tidak sedikit peminjaman pemain berjalan sukses.

Saat ini Tottenham Hotspur sedang dipusingkan dengan cederanya Harry Kane. Sebagai penyumbang utama gol, Spurs tidak memiliki pelapis mumpuni. Namun untuk mencari penyerang baru di bursa musim dingin tidaklah mudah. Karenanya Spurs dikabarkan akan mencari pemain pinjaman sebagai pengganti sementara Kane.

Baca Juga:

Rumor Transfer Chelsea: Lepas Olivier Giroud, Boyong Timo Werner

6 Pemain yang Punya Potensi Besar Hengkang pada Januari 2020

Melihat ke belakang, pemain biasanya dipinjamkan guna memberi menit bermain. Karena itulah mayoritas pemain pinjaman adalah para talenta muda. Selain itu ada pula pemain yang dipinjamkan karena sudah tidak lagi mendapatkan tempat dalam tim.

Dalam dua dekade terakhir, ada beberapa pemain pinjaman yang tampil mengesankan, tidak sedikit yang pada akhirnya dipermanenkan.

Berikut lima pemain pinjaman yang sukses dalam dua dekade terakhir.


Fernando Moriente (AS Monaco 2003-04)

Bergabungnya Ronaldo-nya Brasil ke Real Madrid membuat Fernando Morientes kehilangan posisi di skuat utama. Sepanjang musim 2002-03, Morientes hanya tampil 18 kali di LaLiga.

Tak masuk ke dalam rencana Los Galacticos, Morientes kemudian dipinjamkan ke AS Monaco di musim berikutnya. Kehadiran Morientes langsung berdampak positif bagi Monaco. Di musim itu Morientes mampu mencetak 22 gol di semua kompetisi.

Hebatnya lagi, Morientes ikut berperan saat Monaco menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions. Sejak saat itu Real Madrid selalu memasukkan klausul yang melarang pemain yang dipinjamkan tampil melawan mereka.

Monaco melaju ke final Liga Champions meski akhirnya dikalahkan FC Porto asuhan Jose Mourinho.

Monaco gagal mempermanenkan Morientes yang kembali ke Madrid dan akhirnya dijual ke Liverpool.


Edgar Davids (Barcelona 2004)

Saat Barcelona terpuruk di papan tengah LaLiga, mereka memutuskan mendatangkan Edgar Davids untuk memperkuat lini tengah. Davids sendiri mulai kehilangan posisi di Juventus. Akhirnya Davids bergabung dengan Barcelona yang dibesut kompatriotnya Frank Rijkaard.

Kedatangan Davids sontak mengubah budaya di klub. Barcelona bermain lebih bertenaga dan tidak lagi tampil seperti tim yang kelelahan.

Lambat laun Barcelona terbangun dan mampu memperbaiki posisi. Akhirnya Barcelona berhasil finis di peringkat kedua di belakang sang juara Valencia.


Mikel Arteta (Everton 2005)

Mikel Arteta datang ke Everton yang saat itu sedang naik daun di bawah asuhan David Moyes. Masuknya Arteta langsung berdampak positif bagi Everton.

Arteta bergabung Everton sebagai pemain pinjaman setelah tidak lagi mendapatkan kesempatan bermain di Real Sociedad. Everton yang saat itu tengah berburu tiket ke Liga Champions membutuhkan suntikan pemain di lini tengah.

Keputusan Moyes untuk meminjam Arteta berbuah manis. Arteta langsung menjadi jantung permainan Everton. Pada akhirnya Everton berhasil finis di empat besar pada 2004-05 dan memastikan tiket ke Liga Champions.

Arteta kemudian dipermanenkan Everton dan terus menjadi andalan selama enam tahun sebelum hengkang ke Arsenal.

Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan