5 Pemain Tak Terduga yang Dapat Jadi Pembeda di Final Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 16 Desember 2022
5 Pemain Tak Terduga yang Dapat Jadi Pembeda di Final Piala Dunia 2022
Antoine Griezmann kala melawan Maroko (Twitter)

BolaSkor.com - Lusail Stadium akan jadi panggung terakhir bagi pertandingan final Piala Dunia 2022 yang dihelat Minggu (18/12) pukul 22.00 WIB. Juara bertahan, timnas Prancis, akan melawan timnas Prancis di laga pamungkas.

Dua pemain dapat sorotan lebih karena dapat jadi pembeda bagi timnya dan keduanya memang sedang on fire, atau dalam performa bagus saat ini, yakni Lionel Messi (35 tahun) di Argentina dan Kylian Mbappe (23 tahun) di Prancis.

Dua pemain yang bermain di PSG (Paris Saint-Germain) itu saat ini sama-sama memuncaki daftar top skorer dengan lima gol, plus Messi dengan tiga assists dan diikuti oleh Mbappe yang punya dua assists.

Baca Juga:

Emiliano Martinez: Seluruh Dunia Ingin Argentina Kalah

Persahabatan Bagai Kepompong, Lionel Messi Pilih Hampiri Emiliano Martinez Usai Drama Penalti

Piala Dunia 2022: Emiliano Martinez Bikin Arsene Wenger Bangga

Akan tapi ketika semua sorotan tertuju kepada mereka ada potensi faktor X atau pemain tak terduga dapat menjadi bintang di final, seperti halnya Mario Gotze kala Jerman juara Piala Dunia 2014 kala menang atas Argentina. Berikut lima pemain tak terduga yang dapat jadi pembeda di final Piala Dunia 2022:

1. Julian Alvarez

Pemain berusia 22 tahun dibawa Lionel Scaloni ke Qatar bukan sebagai penghangat bangku cadangan. Julian Alvarez membuktikannya melalui torehan empat gol di Piala Dunia dan seyogyanya diwaspadai lini belakang Prancis.

Alvarez pekerja keras kala coba merebut bola dari penguasaan lawan, mengejar bola, dan bahkan cepat dalam melakukan transisi bermain. Perkembangannya itu juga dibantu dengan didikan Pep Guardiola di Manchester City.

"Setiap pemain melakukannya dengan sangat baik, tetapi jika saya harus memilih, saya akan memberikan penghargaan )Man of the Match) ini kepada Julian Alvarez. Dia memiliki permainan yang luar biasa," puji Messi kepada Alvarez usai Argentina menang 3-0 atas Kroasia.

2. Antoine Griezmann

Usianya tak lagi muda (31 tahun) tetapi Antoine Griezmann tahu persis apa yang dibutuhkan untuk tetap bertahan di level top dunia. Griezmann menjalani transformasi peran dengan sangat baik dari winger menjadi gelandang serang atau playmaker.

Pada taktik 4-2-3-1 Prancis Griezmann jadi penghubung sekaligus kreator serangan di lini tengah. Ia telah memberikan tiga assists dan permainannya itu bisa jadi faktor tak terduga di final, ketika pertahanan Argentina fokus kepada Mbappe dan Olivier Giroud.

3. Ousmane Dembele

Belum mencetak gol tapi sudah memberikan dua assists. Ousmane Dembele kalah mencolok ketimbang Kylian Mbappe, tetapi seperti halnya di Barcelona, pemain berusia 25 tahun juga dapat jadi pembeda dengan kualitas bermainnya.

Dembele bukan sekedar pendribel bola hebat tetapi juga kreator serangan handal. Ia dapat menarik atensi lawan dengan pergerakannya dan itu bisa jadi peringatan untuk Argentina, khususnya di sisi kiri pertahanan Argentina.

4. Enzo Fernandez

Gelandang Benfica berusia 21 tahun bukan gelandang pencetak gol reguler, tetapi ia tetap jadi perhatian dengan talentanya dalam mengontrol lini tengah Argentina. Enzo Fernandez menjaga kekuatan di area itu dari sisi defensif dan juga ofensif.

Seperti halnya Aurelien Tchouameni di kubu Prancis, Enzo Fernandez juga dapat mencetak gol dari tendangan spekulasi di luar kotak penalti. Suatu kewaspadaan tentunya untuk pertahanan Prancis.

5. Olivier Giroud

Top skorer sepanjang masa Prancis dan juga sudah mendulang empat gol di Piala Dunia 2022. Olivier Giroud bak anggur merah yang semakin baik kala bertambahnya usia, mengingat saat ini Giroud berumur 36 tahun.

Giroud tidak cepat tetapi ia target man sejati yang bahkan tak dimiliki Argentina. Apabila bola diarahkan kepadanya, Giroud dapat menahannya sembari menunggu pergerakan rekan setim dan bahkan mengonversi peluang jadi gol.

Trivia Sepak Bola Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Argentina Timnas Argentina Prancis Timnas Prancis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan