BolaSkor.com - Chelsea mengalami fase transisi musim ini (2019-20) dari Maurizio Sarri ke tangan legenda klub Frank Lampard. Sarri kembali ke Italia dan melatih Juventus, sedangkan Lampard sebelumnya melatih Derby County.

Chelsea bermain inkonsisten musim ini dan telah tersingkir di ajang Piala Liga serta tidak bertarung merebutkan titel Premier League. Kendati demikian, Cesar Azpilicueta dkk masih bertarung di Liga Champions, Piala FA, dan perebutan tempat di zona Liga Champions.

Sisi positif lainnya adalah Chelsea memainkan skuat muda musim ini. Lampard memberikan kepercayaan kepada Tammy Abraham, Mason Mount, Fikayo Tomori, Billy Gilmour, dan Reece James untuk tampil di tim utama. Kinerja Lampard itu mendapatkan pujian dari eks pemain Chelsea, Joe Cole.

Baca Juga:

Armada Muda Chelsea - Frank Lampard Dipanggil untuk Mengubah Filosofi The Blues? (Video)

Legenda Chelsea Sarankan The Blues Rekrut Jadon Sancho

Alternatif Ben Chilwell, Chelsea Bidik Alex Telles

Frank Lampard

"Dia (Lampard) memainkan pemain-pemain muda dan memberi nilai untuk klub. Saya pikir dia melakukan pekerjaan yang luar biasa," ucap Joe Cole dikutip dari Express.

Tidak hanya Cole, legenda Chelsea lainnya, John Terry, juga dibuat kagum dengan filosofi sepak bola Lampard yang mengandalkan kombinasi pemain muda-senior.

"Saya sangat terkesan dengan gaya permainan, kemampuan para pemain muda yang datang dan yang bercampur dengan orang-orang seperti Cesar dan yang berpengalaman membantu mereka sepanjang jalan, memberi mereka dukungan di musim pertama Frank," tambah Terry

"Saya benar-benar senang melihat para pemain melakukannya dengan sangat baik," lanjut dia.

Chelsea saat ini duduk di peringkat empat klasemen dengan raihan 48 poin dari 29 laga yang telah berlangsung sebelum liga ditunda karena virus corona. Dari perjalanan Chelsea sejauh ini, BolaSkor.com menilik data Whoscored dan melihat lima pemain terbaik tim.

Kelima pemain itu plus poinnya adalah: Marcos Alonso (7,49), Willian (7.25), Tammy Abraham (7,12), Cesar Azpilicueta (7,11), dan Christian Pulisic (7,08). Dari data itu dapat dianalisis masalah dalam skuat Chelsea.

Marcos Alonso merupakan bek kiri yang sudah mencetak empat gol di Premier League dari 11 laga yang sudah dimainkan (tiga assists). Ironisnya, pemain terbaik Chelsea itu dikabarkan masuk daftar jual klub yang mencari bek kiri baru.

Selain itu, tidak adanya nama Kepa Arrizabalaga di dalam lima besar pemain terbaik Chelsea musim ini semakin menguatkan rumor hengkangnya dari klub.

Kiper termahal dunia sebesar 80 juta euro justru diramaikan akan hengkang menyusul blunder yang kerap dilakukannya. Dalam catatan Whoscored, poin Kepa sebesar 6,42.

Lampard memiliki banyak pekerjaan rumah untuk membenahi kekurangan timnya. Bursa transfer musim panas menjadi solusi, sebab dalam dua bursa transfer terakhir klub tidak merekrut pemain baru selain Christian Pulisic yang didatangkan dari Borussia Dortmund.