BolaSkor.com - El Clasico menjanjikan pertandingan sepak bola kelas wahid. Sejumlah pemain terbaik dunia saling beradu meraih kemenangan.

Real Madrid dan Barcelona adalah dua di antara tim terbaik dunia. Tak heran, sejumlah pemain dengan kualitas bintang membela kedua tim. Bahkan, 11 pemenang Ballon d'Or pernah bermain untuk Madrid atau Barcelona.

Baca Juga:

5 Statistik Menarik El Clasico: Real Madrid di Atas Angin

Serba-serbi El Clasico: Bukan Derby, Asal-usul, dan Duel Pertama

6 Momen Paling Kontroversial dalam Sejarah El Clasico

Tak heran, El Clasico memiliki sejumlah nama besar yang menghiasi perjalanan selama ini. Berikut ini adalah lima pemain terbaik yang pernah tampil di El Clasico:

Lionel Messi

El Clasico

Tak ada keraguan Messi adalah satu di antara pemain terbaik dalam sejarah. Pemain Argentina itu merupakan top skorer El Clasico dengan 26 gol dari 44 penampilan. Sebagian besar golnya (15) dicetak di Stadion Santiago Bernabeu, menjadikan catatan ini semakin spesial.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah lawan sepadan bagi Messi. Penyerang Portugal tersebut menjalani periode terbaiknya di Real Madrid dan menjadi bintang El Clasico dari 2009 hingga 2018.

Siapa yang bisa melupakan sundulannya yang membawa Real Madrid menjuarai Copa del Rey 2011? Atau golnya di Camp Nou pada musim 2011-2012 yang memastikan gelar LaLiga bagi Real Madrid? Secara keseluruhan, ia mencetak 18 gol dari 30 penampilan El Clasico.

Alfredo di Stefano

Sebelum Messi dan Ronaldo hadir untuk memecahkan segala rekor yang ada, top skorer El Clasico adalah legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano.

Setelah secara mengejutkan pindah ke Real Madrid dibanding Barcelona pada tahun 1953, Di Stefano menjalani El Clasico pertamanya dengan dua gol dalam kemenangan 5-0 Real Madrid atas Barca. Ia juga mencetak gol dalam kemenangan 4-0 di tahun 1963.

El Clasico

Luis Figo

Tidak banyak pemain yang membela kedua tim ini dalam kariernya, tetapi Luis Figo adalah satu di antaranya, dalam kepindahan kontroversial pada 2000.

Setelah bermain dalam 13 laga El Clasico dan mencetak tiga gol untuk Barcelona di tahun 1995-2000, ia pindah ke ibu kota dan bermain dalam 10 duel El Clasico bersama Los Blancos. Hingga saat ini ia masih menjadi sosok ikonik dalam rivalitas kedua tim.

Sergio Ramos

Kapten Real Madrid saat ini memegang rekor penampilan terbanyak di El Clasico (43 pertandingan), mengungguli pemain lain seperti Manuel Sanchis, Paco Gento, Xavi Hernández, dan Lionel Messi.

Walaupun seorang pemain bertahan, Ramos juga mahir mencetak gol. Sang bek mengemas lima gol. Ia juga mendapat kartu merah sebanyak lima Kali dalam pertandingan ini.