BolaSkor.com - Bursa transfer musim dingin 2021 sudah dibuka. Beberapa klub mulai mendekati pemain incaran. Jangan heran jika ada pemain yang membuat klub peminat mengeluarkan uang setinggi langit.

Bursa transfer musim dingin memang tak seramai musim panas. Penyebabnya beragam. Sulit meyakinkan klub pemilik untuk menjual pemainnya hingga kemungkinan pembelian gagal yang tinggi akibat proses adaptasi mepet menjadi dua di antara penyebabnya.

Baca juga:

Profil Bryan Reynolds, Produk Impor Terbaru dari Negeri Paman Sam

Profil Omar Rekik, Rekrutan Anyar Arsenal Tanpa Informasi di Wikipedia

Profil Matthew Hoppe, Harapan Baru Schalke untuk Bertahan di Bundesliga

Namun, bukan berarti bursa transfer musim dingin tanpa banyak peredaran uang. Sepanjang sejarahnya, ada beberapa pesepak bola yang menjadi pemain termahal dalam bursa transfer musim dingin.

Berikut ini adalah lima pemain termahal sepanjang sejarah bursa transfer musim dingin:

Pierre-Emerick Aubameyang - Borussia Dortmund ke Arsenal, Januari 2018 (78 juta dolar)

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang menempati posisi kelima. Arsenal membutuhkan dana 78 juta dollar untuk membuat Borussia Dortmund.

Setelah sempat tak bersinar bersama Arsenal, Aubameyang menemukan ketajamannya di Borussia Dortmund. Dari 213 laga, Aubameyang mengemas 141 gol plus 36 assist.

Arsenal yang sedang membutuhkan penyerang baru pun mengajukan penawaran. Kepindahan Aubameyang yang terjadi jelang penutupan bursa transfer membuat publik heboh.

Hingga saat ini, Aubameyang masih menjadi penggawa The Gunners. Ia menambah durasi kontrak hingga Juni 2023.

Christian Pulisic - Borussia Dortmund ke Chelsea, Januari 2019 (79 juta dollar)

Christian Pulisic

Christian Pulisic menjadi satu di antara pemain yang mengawali proyek besar yang dibangun Chelsea. Untuk bisa mendapatkan Pulisic, The Blues membutuhkan dana hingga 79 juta dollar.

Lagi-lagi Borussia Dortmund menjadi tim yang melakukan penjualan. Dortmund memang dikenal gemar mengorbitkan pemain sebelum menjualnya dengan harga tinggi. Dortmund juga diuntungkan dalam transfer ini karena Pulisic dipinjamkan kembali hingga musim 2018-2019 berakhir.

Chelsea menjadikan Pulisic sebagai penerus Eden Hazard yang menuju Real Madrid. Namun, hingga saat ini Pulisic masih belum bisa menyamai apa yang ditorehkan Hazard bersama The Blues.

Aymeric Laporte - Athletic Bilbao ke Manchester City, Januari 2018 (80 juta dollar)

Aymeric Laporte

Sebagai satu di antara klub yang memiliki kekuatan finansial tinggi, sulit tak melihat Manchester City masuk dalam daftar. The Citizens mengucurkan 80 juta euro untuk memboyong Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao.

Manchester City membutuhkan amunisi baru sebagai pemegang tongkat estafet di lini belakang dari Vincent Kompany. Kompany mulai memasuki masa-masa akhir kariernya di Etihad Stadium.

Manchester City pun bergerak mendatangkan Laporte. Bek asal Prancis itu dianggap menjadi satu di antara pemain bertalenta yang akan gemilang di masa depan. Pada usia yang masih 23 tahun, Laporte mendapatkan banyak acungan jempol.

Virgil van Dijk - Southampton ke Liverpool, Januari 2018 (103 juta dollar)

Virgil van Dijk

Banyak yang mencibir ketika Liverpool menghabiskan dana hingga 103 juta dollar untuk mendapatkan Virgil van Dijk dari Southampton. Para kaum skeptis itu mempertanyakan kemampuan Van Dijk.

Namun, Van Dijk menjawabnya dengan penampilan impresif. Ia membuat pertahanan Liverpool menjadi sulit ditembus. Selain itu, bek asal Belanda tersebut juga memegang tongkat komando di pos pertahanan.

Philippe Coutinho - Liverpool ke Barcelona, Januari 2018 (178 juta dollar)

Philippe Coutinho

Kemampuan Liverpool membeli Van Dijk tak terlepas dari transfer Philippe Coutinho ke Barcelona. The Reds mendapatkan dana hingga 178 juta dollar dari hasil penjualan Coutinho.

Sejatinya, Liverpool melakukan berbagai cara untuk mencegah Coutinho bergabung dengan Barcelona. Namun, pemain asal Brasil itu terus menekan manajemen untuk melepasnya ke Camp Nou. Hubungan kedua kubu pun menjadi memanas.

Akhirnya, Liverpool merelakan Coutinho hijrah ke Barcelona. Kepindahan tersebut menjadi yang termahal sepanjang sejarah bursa transfer musim dingin.

Sayangnya, Coutinho kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaik seperti saat di Liverpool. Barcelona pun sempat meminjamkan mantan penggawa Inter Milan itu ke Bayern Munchen. Saat ini, Coutinho masih terus berjuang mendapatkan tempat utama di Barcelona.