skin-banner-left-home
skin-banner-right-home

5 Pemain Timnas Indonesia Paling Berpengalaman di Piala AFF 2020

5 Pemain Timnas Indonesia Paling Berpengalaman di Piala AFF 2020 Evan Dimas. (PSSI)

BolaSkor.com - Manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mengumumkan 30 nama pemain Skuat Garuda untuk Piala AFF 2020.

Dari 30 nama tersebut, enam pemain diambil dari klub luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town/Inggris), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia). Sisanya diambil dari klub-klub Liga 1.

Baca Juga:

Distribusi Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020: Persebaya Terbanyak

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Rata-rata pemain yang dipanggil Shin Tae-yong berumur 19-26 tahun. Hanya beberapa yang umurnya di atas 26 tahun, bahkan menginjak angka 30.

Namun hanya segelintir pemain yang memiliki pengalaman bermain di Piala AFF. Berikut BolaSkor.com jabarkan 5 pemain Timnas Indonesia yang paling berpengalaman di Piala AFF 2020:

1. Fachruddin Aryanto (Piala AFF 2012, 2014, 2016, dan 2018)

Fachruddin Aryanto
Fachruddin Aryanto (ketiga dari kanan) saat merayakan gol ke gawang Thailand. (AFFSuzukiCup.com)

Fachruddin Aryanto merupakan pemain paling berpengalaman di Skuat Timnas Indonesia. Bek tengah Madura United itu sudah berkiprah di Piala AFF 2012.

Saat itu, Fachruddin tampil tiga kali. Dua kali menjadi starter saat menghadapi Singapura dan Malaysia. Satu lagi turun sebagai pemain pengganti saat menghadapi Laos. Namun, Skuat Garuda tidak lolos dari babak penyisihan grup.

Dua edisi selanjutnya, bek berumur 32 tahun itu hanya sekali turun saat Timnas Indonesia menang lawan Laos 5-1. Sayang, Timnas Indonesia tidak dapat lolos dari babak penyisihan grup.

Pada Piala AFF 2016, Fachruddin tampil saat babak penyisihan grup melawan Thailand, Filipina, dan Singapura. Lalu ia tampil dalam semifinal kedua melawan Vietnam di Hanoi, setelah absen pada pertemuan pertama.

Ia tampil pada babak final melawan Thailand sebanyak dua kali. Total, Fachruddin mencetak satu gol saat menghadapi Filipina (2-2). Sayang, Timnas Indonesia tidak menjadi juara setelah dikalahkan Thailand dengan agregat 2-3.

Di Piala AFF 2018, Fachruddin tampil sebanyak empat laga di babak penyisihan grup. Ia mencetak satu gol kala Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand di Stadion Rajamangala. Sayang, Skuat Garuda tidak bisa melaju ke babak semifinal.

2. Evan Dimas (Piala AFF 2014, 2016, dan 2018)

Evan Dimas
Evan Dimas. (PSSI)

Evan Dimas tampil sebanyak tiga kali dalam ajang Piala AFF. Ia tampil perdana di Piala AFF 2014. Pemain berumur 26 tahun itu hanya tampil satu kali saat Timnas Indonesia menang 5-1 atas Laos.

Di Piala AFF 2016, Evan Dimas bermain sebagai pemain pengganti saat Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand. Selanjutnya, ia tampil sebagai starter saat melawan Filipina dan Singapura. Sayang, pemain Bhayangkara FC itu tak tampil dalam dua leg semifinal dan final.

Pada edisi Piala AFF 2018, Evan Dimas tampil dalam empat laga babak penyisihan grup. Sayang, Skuat Garuda tidak bisa melaju ke babak semifinal.

3. Victor Igbonefo (Piala AFF 2014)

Victor Igbonefo
Victor Igbonefo. (BolaSkor.com/Istimewa)

Victor Igbonefo hanya tampil satu kali dalam edisi Piala AFF. Pemain berumur 36 tahun tersebut hanya bermain sebanyak satu kali saat Timnas Indonesia menang 5-1 atas Laos di babak penyisihan grup Piala AFF 2014.

4. Irfan Jaya (Piala AFF 2018)

Irfan Jaya
Irfan Jaya. (PSSI)

Irfan Jaya juga hanya tampil satu kali dalam edisi Piala AFF. Pemain PSS Sleman tersebut terakhir membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018.

Di Piala AFF 2018, Irfan Jaya tampil sebagai starter saat Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura di National Stadium. Selanjutnya, ia hanya tampil sebagai pemain pengganti saat Timnas Indonesia ditahan imbang Filipina 0-0.

Sebelumnya, pemain berumur 25 tahun itu hanya jadi penghangat bangku cadangan saat Skuat Garuda melawan Timor Leste (3-1) dan Thailand (2-4). Sayang, Skuat Garuda tidak bisa melaju ke babak semifinal.

5. Dedik Setiawan (Piala AFF 2018)

Dedik Setiawan
Dedik Setiawan. (PSSI)

Dedik Setiawan sama seperti Irfan Jaya. Ia baru tampil di Piala AFF pada edisi 2018. Pemain berumur 27 tahun tersebut hanya tampil sebagai pemain pengganti saat menghadapi Thailand dan Filipina. Sisanya, striker Arema FC ini hanya jadi penghangat bangku cadangan saat Skuat Garuda melawan Singapura (1-2) dan Timor Leste (3-1).

tengku

Pencinta sepak bola Indonesia.

Leave a Comment

Klasemen