BolaSkor.com - Duopoli seakan sudah terjadi di ajang penghargaan Ballon d'Or. Dalam lebih dari satu dekade, hanya ada dua nama yang menjadi pemenang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kedua bintang tersebut mengantongi 11 dari 12 penghargaan terakhir. Dan, hampir bisa dipastikan Messi dan Ronaldo akan kembali menjadi unggulan terdepan untuk edisi 2020.

Baca Juga:

5 Bintang dari Napoli yang Berpeluang Hengkang di Bursa Transfer Musim Panas 2020

Achraf Hakimi dalam Genggaman, Berikut 5 Target Inter Milan Lainnya

4 Bocah Ajaib yang Pecahkan Rekor Sepanjang Musim 2019-2020

Namun tentu saja sangat tergantung pekerjaan mereka di Barcelona dan Juventus. Membawa klub meraih trofi akan menjadi modal berharga bagi Messi dan Ronaldo untuk kembali melanjutkan dominasi di Ballon d'Or.

Dengan kata lain, para pemain lain masih memiliki peluang mengingat Barcelona dan Juventus berpeluang gagal meraih trofi. Apakah akan terjadi seperti 2018 saat memunculkan Luka Modric?

Berikut lima pemain yang bisa menggusur dominasi Messi dan Ronaldo di Ballon d'Or 2020, seperti dilansir Sportskeeda.


1. Ciro Immobile (Lazio)

Peluang striker Lazio Ciro Immobile meraih Ballon d'Or 2020 mungkin terbilang jauh. Namun penampilan impresifnya musim ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Immobile musim mencetak 28 gol di Serie A, unggul lima lebih banyak dari Cristiano Ronaldo. Plus Immobile juga menyumbang tujuh assist pada musim ini.

Kontribusi 35 gol di berbagai kompetisi tersebut menjadikan Immobile sebagai salah satu pemain paling produktif di lima liga top Eropa.

Immobile bersama Lazio sudah mengalahkan Juventus pada ajang Piala Super Italia, Desember silam. Kembali mengalahkan Juventus dalam perebutan Scudetto bisa mengangkat peluang Immobile di atas Ronaldo di ajang Ballon d'Or.

"Jika terus seperti ini, dia akan layak memenangi Ballon d'Or. Dia benar-benar pantas meraih banyak sukses," ujar rekan setim Immobile, Francesco Acerbi.


2. Sadio Mane (Liverpool)

Berkat sukses menjuarai Premier League 2019-2020, kemungkinan besar Liverpool akan menempatka wakil dalam persaingan di Ballon d'Or. Salah satu pemain The Reds yang paling menonjoladalah Sadio Mane.

Tak dimungkiri lagi, musim ini Mane menjadi salah satu motor penggerak Liverpool. Tidak sekadar gol, Mane juga rajin memanjakan rekan setimnya dengan assist. Musim ini Mane telah mengoleksi 15 gol dan sembilan assist.

Selain itu, trofi Premier League, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub menjadi modal berharga bagi Mane dalam persaingan di Ballon d'Or.


3. Thomas Muller (Bayern Munchen)

Penyerang Bayern Munchen Thomas Muller sempat meredup, terutama setelah tampil tidak mengesankan di Piala Dunia 2018 bersama Jerman.

Di awal musim ini juga Muller sempat mulai kehilangan peran di Bayern Munchen, hingga nasibnya berubah ketika Hansi Flick masuk menjadi pelatih baru.

Saat ini Muller mengukuhkan diri sebagai raja assist Bundesliga dengan 21 operan berbuah gol. Catatan ini mengalahkan pencapaian Kevin De Bruyne pada 2014-2015. Total, Muller terlibat langsung dalam 37 gol musim ini.


4. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Meski Manchester City mencuat menjadi kekuatan dominan di Inggris, para pemainnya sering tak masuk dalam persaingan penghargaan.

Untuk kali ini ada satu nama yang bisa menjadi wakil City, dia adalah Kevin De Bruyne. Gelandang asal Belgia tersebut mencatat musim mengesankan.

De Bruyne mencetak sepuluh gol dan 16 assist. Artinya saat ini dia sedang mendekati rekor 20 assist milik legenda Arsenal, Thierry Henry.

De Bruyne juga menjadi bagian penting Belgia yang menjadi favorit menjuarai Euro 2020 (2021). Meski gagal membawa Man City menjadi juara Premier League, De Bruyne telah mengamankan Piala Liga dan masih berpeluang di Piala FA dan Liga Champions.


5. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Salah satu pemain yang mendapatkan sorotan musim ini adalah lumbung gol Bayern Munchen Robert Lewandowski. Tidak heran jika Lewandowski disebut pemain paling potensial merebut Ballon d'Or tahun ini.

Pemain internasional Polandia tersebut menunjukkan ketajaman di depan gawang, dan membantu FC Hollywood mengukuhkan gelar Bundesliga kedelapan beruntun. Lewandowski juga masih berpeluang merebut Piala Jerman dan dan Liga Champions.

Saat ini dia mencetak 34 gol dalam 31 penampilan di Bundesliga, catatan tertinggi yang pernah diukir pemain asing dalam satu musim. Lewy juga memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga Champions dengan 11 gol, jauh meninggalkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.