BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA, mengumumkan penundaan Piala Eropa yang seyogyanya berlangsung tahun ini menjadi tahun 2021. Penundaan event tempat tahunan itu terjadi karena penyebaran virus corona yang semakin ganas.

"UEFA hari ini mengumumkan penundaan kompetisi tim nasional andalannya, Piala Eropa 2020, yang akan dimainkan pada Juni dan Juli tahun ini," demikian pernyataan di laman resmi UEFA.

"Kesehatan semua yang terlibat dalam pertandingan adalah prioritas, serta untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional yang terlibat dalam pertandingan. Langkah ini akan membantu semua kompetisi domestik, saat ini ditahan karena darurat Covid-19, untuk diselesaikan."

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 Ditunda, Presiden UEFA Tegaskan Pentingnya Kesehatan di Tengah Pandemi Virus Corona

Pandemi Virus Corona, Piala Eropa Ditunda hingga 2021

Piala Eropa 2020 Ditunda, UEFA Minta Dana Kompensasi Rp5 Triliun

Penundaan itu menjadi angin segar bagi kompetisi di Eropa agar bisa menyelesaikan musim 2019-20 dengan menggunakan waktu di bulan Juni hingga Juli - yang seharusnya untuk Piala Eropa. Tapi, kabar itu juga menjadi kabar 'bagus' bagi beberapa pemain.

Setidaknya ada lima pemain yang dirangkum BolaSkor.com kini memiliki kesempatan emas untuk tampil bersama negaranya di Piala Eropa 2021. Siapa saja kelima pemain itu? Berikut ulasannya:

1. Nicolo Zaniolo - AS Roma

Nicolo Zaniolo

Gelandang serang berusia 20 tahun mengalami cedera ligamen lutut serius ketika Roma bermain melawan Juventus pada awal Januari lalu. Cedera itu sudah memastikan musim berakhir bagi mantan pemain Inter Milan.

Kabar mundurnya Piala Eropa itu menjadi berkah bagi Zaniolo yang menjadi pemain andalan Italia di bawah asuhan Roberto Mancini. Betapa senangnya Zaniolo dituturkan oleh ibunya, Francesca Costa.

"Nicolo sangat bersemangat dan tidak mudah untuk pemain berusia 20 tahun mengatasi situasi ini," ucap Francesca kepada Corriere dello Sport.

"Dia sangat termotivasi, lututnya mulai merespons dengan baik dan dia berpikir akan segera bisa melakukanya segalanya dengan normal. Saat ini dia belum siap (bermain), tapi prospek (bermain) di Piala Eropa membuatnya semangat."

Musim ini Zaniolo telah tampil 24 kali dengan torehan enam gol dan dua assists di seluruh kompetisi untuk Roma. Zaniolo juga memiliki lima caps dan dua gol untuk timnas Italia.

2. Memphis Depay - Olympique Lyonnais

Memphis Depay

Cedera lutut serius juga mengakhiri musim Memphis Depay bersama Olympique Lyonnais. Mantan pemain Manchester United diprediksi pulih pada Juli dan dia sedianya pemain andalan Ronald Koeman di timnas Belanda.

Pengemas 51 caps dan 19 gol dengan timnas Belanda kini bisa menatap positif kansnya tampil di Piala Eropa. Pemain berusia 26 tahun sudah mencetak 14 gol dan memberikan dua assists dari 18 penampilannya bersama Olympique Lyonnais di seluuh kompetisi.

3. Paul Pogba - Manchester United

Paul Pogba

Paul Pogba bisa tenang untuk mencoba peruntungannya kembali di Piala Eropa usai gagal di tahun 2016 melawan Portugal di final. Musim ini, Pogba baru tampil tujuh kali untuk Manchester United besutan Ole Gunnar Solskjaer di seluruh kompetisi.

Badai cedera terus menerjang Pogba hingga ia jarang main dengan United. Jikalau pun sembuh nanti tidak ada jaminan Didier Deschamps akan memanggilnya ke timnas Prancis karena kondisi kebugaran Pogba diragukan prima.

Tapi kini dengan diundurnya Piala Eropa maka Pogba punya kans tampil dengan Les Bleus di Piala Eropa 2021. Kualitas dan pengalaman juara Piala Dunia 2018 masih dibutuhkan Prancis.

4. Ousmane Dembele - FC Barcelona

Ousmane Dembele

Cedera bukan hal baru bagi Ousmane Dembele. Penyerang sayap berusia 22 tahun juga memiliki kans tampil yang sama seperti Pogba di timnas Prancis pada Piala Eropa 2021. Musim ini Dembele hanya tampil sembilan kali dan mencetak satu gol dengan Barca.

Kendati usianya masih berumur 22 tahun dan Dembele bisa bermain di tiga atau empat Piala Eropa lagi, tentu eks pemain Borussia Dortmund tak mau melewatkan Piala Eropa terdekat. Dalam kondisi prima Dembele selalu jadi momok pertahanan tim.

5. Eden Hazard - Real Madrid

Eden Hazard

Sejak datang dari Chelsea di awal musim panas ini sebesar 100 juta euro, penampilan Eden Hazard jauh dari kata memuaskan dan ia baru mencetak satu gol dan memberikan lima assists dari 15 laga bersama Real Madrid.

Selain proses adaptasi dan inkonsisten bermain, Eden Hazard juga diganggu cedera hingga kesulitan tampil optimal. Dalam kondisi itu pemain berusia 29 tahun tidak akan bisa tampil bagus untuk timnas Belgia jika Piala Eropa berlangsung tahun ini.

Beruntungnya Piala Eropa digeser hingga 2021 dan Hazard punya kesempatan menemukan performa terbaiknya kembali agar prima tampil dengan timnas.