5 Pemain yang Kariernya Membaik di Chelsea Sejak Dilatih Tuchel

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 24 Februari 2021
5 Pemain yang Kariernya Membaik di Chelsea Sejak Dilatih Tuchel
Thomas Tuchel dan Olivier Giroud (Twitter)

BolaSkor.com - Delapan laga enam kemenangan dan dua hasil imbang. Catatan itu adalah hasil-hasil laga Chelsea di delapan laga pertama bersama manajer asal Jerman, Thomas Tuchel. Eks pelatih PSG (Paris Saint-Germain) memberi warna baru dalam permainan The Blues.

Sejak ditunjuk menggantikan Frank Lampard pada Januari 2021 Tuchel membangkitkan performa Chelsea. Nada skeptis kala ia datang seketika hilang.

Wajar jika kedatangan Tuchel membuat beberapa orang khawatir karena ia juga sebelumnya dipecat oleh PSG dan digantikan Mauricio Pochettino. Kekhawatiran lainnya adalah adanya Tuchel jadi kabar buruk bagi pemain-pemain muda Chelsea.

Baca Juga:

Atletico Madrid 0-1 Chelsea: Gol Salto Giroud Bungkam Los Rojiblancos

Thomas Tuchel Ungkap Kunci Kemenangan Chelsea di Markas Atletico

Olivier Giroud, Penyerang Spesialis Cetak Gol Akrobatik

Faktanya tidak demikian. Tuchel memanfaatkan dengan baik kedalaman skuad Chelsea dan memilih susunan pemain dengan pertimbangan terbaik.

Bahkan beberapa pemain yang tadinya tak terlihat atau 'tenggelam' di bawah arahan Lampard kini bangkit kariernya. Berikut BolaSkor.com menjabarkan lima pemain tersebut:

1. Marcos Alonso

Marcos Alonso

Pemain berusia 30 tahun sebelumnya dirumorkan hengkang dari Chelsea karena jarang dimainkan Lampard. Marcos Alonso kalah bersaing dengan Ben Chilwell dan bahkan Emerson Palmieri.

Kedatangan Tuchel mengubah nasib Alonso. Dalam taktik 3-4-2-1 atau 3-4-3 yang digunakannya Alonso jadi pemain penting sebagai bek sayap kiri. Kemampuannya kala membantu serangan menjadi nilai plus dan solusi tambahan bagi permainan ofensif Chelsea.

Alhasil, kini gantian Chilwell yang ada di bangku cadangan dan Alonso jadi pemain reguler. Tugasnya untuk bertahan juga tidak sebanyak kala bermain sebagai bek kiri karena di belakangnya ada tiga bek yang disiplin.

2. Olivier Giroud

Olivier Giroud

Lampard sedianya memercayai striker veteran ini bermain, tetapi Olivier Giroud tidak bermain sebanyak Timo Werner atau Tammy Abraham. Kepercayaan Tuchel kepadanya tak pudar dan Giroud mencetak gol kemenangan 1-0 Chelsea atas Atletico Madrid di Liga Champions.

Kepercayaan yang diberikan Giroud itu menjadi kabar bagus bagi persaingan di lini depan Chelsea. Kini Giroud, Abraham, dan Werner bisa saling bersaing sehat untuk merebutkan posisi di lini depan Chelsea.

3. Timo Werner

Timo Werner

Timo Werner juga sering bermain dengan Lampard hanya saja ia kesulitan beradaptasi dan perbedaan bahasa jadi kendala. Masuknya Tuchel mengubah permainan eks striker RB Leipzig dan Werner meresponsnya dengan baik.

Dengan bahasa Jerman Werner lebih memahami keinginan bermain Tuchel di Chelsea. Pergerakan dengan atau tanpa bolanya tetap berbahaya. Tinggal masalah waktu sebelum Werner konsisten mencetak gol.

4. Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta

Kapten Chelsea banyak dicadangkan kala klub dilatih Lampard. Posisi bek kanan lebih sering dimainkan oleh Reece James. Kini pada taktik tiga bek yang diterapkan Tuchel Cesar Azpilicueta memiliki tempat sebagai bek tengah-kanan.

Pemain asal Spanyol sudah tidak asing lagi dengan taktik itu karena pernah juga diterapkan oleh Antonio Conte. Alhasil sang kapten kini kembali memimpin lini belakang Chelsea yang belakangan kukuh dan solid.

5. Callum Hudson Odoi

Callum Hudson-Odoi

Meski sempat ada drama pada laga imbang 1-1 melawan Southampton di Premier League, ketika Callum Hudson-Odoi dimainkan lalu ditarik keluar kembali, performanya tetap baik dan ia menjaga profesionalisme itu.

Dalam peran bek sayap yang diberikan Tuchel performa Hudson-Odoi membaik dan perlahan kembali ke performa terbaik. Hudson-Odoi mengikuti Reece James dan Mason Mount yang jadi tulang punggung Chelsea dengan latar belakang produk akademi tim.

Breaking News Chelsea Trivia Sepak Bola Thomas Tuchel Olivier giroud Callum Hudson-Odoi Marcos Alonso
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan