BolaSkor.com - Antoine Griezmann bukan satu-satunya sorotan publik kala Barcelona menang telak 5-2 atas Real Betis di pekan dua LaLiga yang berlangsung akhir pekan lalu. Produk La Masia, Ansu Fati, juga menjadi pusat perhatian tersendiri.

Fati dimasukkan Ernesto Valverde di menit 77 menggantikan Carlez Perez dan memulai debut dengan tim utama Barcelona. Fati jadi pemain termuda yang memulai debut dalam sejarah klub pada usia 16 tahun sembilan bulan dan 25 hari.

Debut Fati mendapatkan apresiasi tinggi dari fans karena ia mewarisi tradisi La Masia yang promosi ke tim utama. Bahkan megabintang asal Argentina, Lionel Messi, mengapresiasinya dan memberi ucapan selamat kepada Fati.

Baca Juga:

9 Jebolan La Masia yang Debut di Era Ernesto Valverde

Alasan Ansu Fati Tolak Real Madrid dan Pilih Barcelona

Mengenal Ansu Fati, Pemain 16 Tahun sebagai Debutan Termuda Barcelona Sepanjang Sejarah

Fati bukan satu-satunya pemain 'spesial' yang memulai debut profesional pada usia 16 tahun. Sejarah mencatat beberapa pemain lainnya juga pernah mengalami nasib seperti Fati. Dilansir dari Marca, berikut penjabarannya:

1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Memulai debut pada 2 Desember 2015 bersama AS Monaco ketimbang imbang 1-1 melawan Caen. Kylian Mbappe kala itu berusia 16 tahun 11 bulan dan 12 hari. Tiga tahun setelahnya, Mbappe menjadi juara Piala Dunia 2018 dengan timnas Prancis.

Setahun sebelumnya, Mbappe menjadi juara Ligue 1 dan setelahnya dengan PSG dua kali pada tahun 2018 dan 2019. Baru berusia 20 tahun, Mbappe diprediksi kelak bisa jadi pemain terbaik dunia.

2. Eden Hazard

Eden Hazard

Lille memberikan debut kepada Eden Hazard pada 24 November 2017 pada usia 16 tahun 10 bulan dan 17 hari. Lille saat itu kalah 0-2 melawan Nancy. Talentanya terus berkembang pesat hingga Chelsea memboyongnya pada 2012.

Hazard, kini berusia 28 tahun, bermain selama tujuh tahun dengan Chelsea dan saat ini memulai petualangan baru bersama raksasa Spanyol, Real Madrid.