BolaSkor.com - Akhir pekan lalu Federico Chiesa memainkan debutnya bersama Juventus di Serie A. Bukan debut yang spesial dan akan diingat selamanya, sebab selain assist yang diberikannya Chiesa justru diusir dari lapangan pertandingan.

Chiesa (22 tahun) dipinjam dua musim oleh Juventus dari Fiorentina dengan bayaran tiga juga euro di musim pertama, tujuh juta euro di musim kedua, lalu dengan kewajiban membeli sebesar 40 juta plus 10 juta euro variabel.

Berlangsung di Stadio Ezio Scida, Minggu (18/10) dini hari WIB Chiesa tampil jadi starter kontra Crotone dan memberikan assist untuk gol Alvaro Morata di menit 21 yang membalas gol penalti Simeon Tochukwu Nwankwo di menit 12.

Baca Juga:

Detail Transfer Federico Chiesa ke Juventus

Cetak Gol Tidak Lagi Menjadi Obsesi Lionel Messi

Dituduh Langgar Protokol Kesehatan, Cristiano Ronaldo Lakukan Pembelaan

Chiesa bermain selama 60 menit sebelum menerima kartu merah langsung dari wasit. Chiesa dianggap melakukan pelanggaran yang dapat membuat lawan (Luca Cigarini) cedera parah kala berebut bola di menit 60. Bukan debut impian tentunya bagi Federico Chiesa.

Chiesa bukan satu-satunya pemain yang menerima kartu merah di laga debutnya. Berikut BolaSkor.com menjabarkan lima pemain lainnya:

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo terima kartu merah kontra Valencia

Tenang Chiesa, Anda tidak sendirian. Rekan setimnya Cristiano Ronaldo juga pernah mendapatkan kartu merah ketika memainkan debutnya untuk Juventus di Liga Champions 2018-2019 di fase grup melawan Valencia.

Bermain di Estadio Mestalla melawan tim yang tidak asing untuknya ketika membela Real Madrid, Ronaldo menerima kartu merah pada menit 29 ketika dianggap menjambak pemain Valencia Jeison Murillo. Itu jadi kartu merah pertamanya dari 154 laga di Liga Champions.

Raut wajah Ronaldo tersenyum seolah tidak memercayai apa yang sedang terjadi kala itu. Namun satu kejadian itu tak mengubah kariernya di Juventus dan Ronaldo (35 tahun) mempersembahkan dua Scudetto serta satu Piala Super Italia sejauh ini.

2. Lionel Messi

Lionel Messi terima kartu merah kontra Hungaria

Ronaldo dan Lionel Messi, dua ikon sepak bola dengan level bermain 'alien' selama dua dekade terakhir dalam persaingan jadi pesepak bola terbaik dunia. Mengikuti Ronaldo, Messi juga pernah menerima kartu merah di laga debut.

Messi menerimanya di laga internasional bersama timnas Argentina pada 2005. Kala itu berusia 18 tahun La Pulga dimainkan Jose Pekerman di menit 63 kontra Hungaria di laga uji coba. Messi hanya bertahan selama dua menit di pertandingan.

Wasit langsung memberinya kartu merah setelah melanggar Vilmos Vanczak. Messi dinilai telah menyikut sang pemain hingga diusir dari lapangan pertandingan. Kabarnya Messi menangis di ruang ganti pemain setelah itu.

Noda kecil dalam karier panjang dan sukses Lionel Messi tentunya. Setelah itu kariernya di level klub fantastis, meski belum mempersembahkan titel untuk Argentina.

3. Jonathan Woodgate

Jonathan Woodgate terima kartu merah kontra Athletic Bilbao

Namanya selalu ada ketika membahas kenangan soal Real Madrid dan Jonathan Woodgate, pemain asal Inggris yang 'beruntung' dapat bermain untuk Los Blancos. Real Madrid merekrut Woodgate dari Newcastle United pada 2004.

Athletic Bilbao jadi panggung debut Woodgate dan di laga itu debutnya sangat buruk: Woodgate mencetak gol bunuh diri dan menerima kartu merah. Untungnya Madrid menang 3-1 dan ia kemudian bermain di Middlesbrough, Tottenham, dan pensiun pada 2016 silam.

4. Laurent Koscielny

Kartu merah Laurent Koscielny

Mantan kapten Arsenal yang loyal bermain selama sembilan tahun dari 2010-2019 sebelum pulang kampung dan bermain untuk Girondins Bordeaux. Laurent Koscielny direkrut dari Lorient pada 2010 dengan predikat pemuda dengan potensi besar.

Debutnya dimulai di laga besar melawan Liverpool yang berakhir imbang 1-1 di Anfield pada laga Premier League. Sayang Koscielny menerima kartu merah setelah menerima kartu kuning keduanya di pertandingan tersebut.

5. Clement Lenglet

Kartu merah Clement Lenglet

Barcelona menebus klausul pembelian Clement Lenglet dari Sevilla pada 2018 sebesar 35 juta euro. Debutnya di LaLiga terjadi pada September melawan Girona dan Lenglet dianggap menyikut Pere Pons hingga menerima kartu merah.

Kartu merah itu tidak memengaruhi karier bek asal Prancis. Pasalnya Lenglet (25 tahun) saat ini masih jadi palang pintu andalan Barca bersama Gerard Pique. Barcelona butuh bek dengan kaki kidal yang melengkapi pertahanan seperti Lenglet.