BolaSkor.com - Derby della Mole antara Torino dan Juventus selalu mempertaruhkan gengsi dua tim sekota dan juga gengsi yang mewakili kaum buruh serta para borjuis kaya. Selayaknya derby negara lain, Derby della Mole juga menarik dinanti.

Meski Juventus lebih digdaya di banyak aspek dari kualitas individu pemain, pengalaman meraih trofi, dan menjadi salah satu tim terbaik di Italia dan disegani di Eropa, Torino yang mewakili kaum pekerja tak begitu saja menyerah dalam pertandingan.

Gengsi dan tensi dapat terlihat dalam pertandingan, namun ketika sudah berbicara mengenai situasi di luar lapangan seperti transfer pemain atau pemain-pemain yang pernah membela kedua klub, ketegangan itu tak terlihat lagi.

Baca Juga:

Bersiap Ditinggal Zlatan Ibrahimovic, AC Milan Bidik Striker Torino

Juventus Obral Cristiano Ronaldo, Harganya Lebih Murah dari Gajinya

Juventus Akan Tetap Bergandengan Tangan dengan Ronaldo dan Pirlo

Terhitung oleh BolaSkor.com ada 10 pemain yang pernah membela Juventus dan Torino, lima di antaranya akan kami ulas seperti penjabaran di bawah ini, siapa saja?

1. Fabio Quagliarella

Striker veteran yang bahkan masih bermain saat ini di usia 39 tahun dengan Sampdoria. Torino adalah tempat yang spesial bagi Quagliarella karena ia produk akademi Torino, bermain di awal pada 1999-2005 dan di periode kedua pada 2014-2016.

Dalam kurun waktu periode pertama dan kedua itu Quagliarella sempat memperkuat Fiorentina, Udinese, Napoli, dan Juventus (2010-2014). Quagliarella setidaknya sudah merasakan tiga Scudetto dengan Juventus dari 2011 hingga 2014 di bawah arahan Antonio Conte.

2. Ciro Immobile

Berkebalikan dengan Quagliarella, Ciro Immobile justru mempopulerkan namanya dengan Torino selama dua periode (2013-2014 dan 2016), padahal striker timnas Italia alumni akademi Juventus pada 2009.

Selama tiga tahun di Juventus Immobile lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Siena, Grosseto, dan Pescara. Barulah dengan Torino Immobile jadi top skorer Serie A (2014) hingga dibawa masuk ke timnas Italia.

Saat ini pada usia 31 tahun Immobile menemukan ketajamannya kembali yang hilang setelah sempat bermain di Borussia Dortmund dan Sevilla.

3. Guglielmo Gabetto

Legenda bagi kedua klub, Juventus dari medio 1934 hingga 1941 dan Torino dari tahun 1941 sampai 1949. Selain Alfredo Bodoira, Guglielmo Gabbetto adalah satu-satunya pemain yang memenangi Serie A dengan kedua tim.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang meninggal dunia pada 1949 setelah menjadi korban kecelakaan pesawat Superga. Superga mengangkut hampir sebagian besar skuad Torino dan mengalami kecelakaan di bukit dekat Turin.

4. Marco Motta

Torino juga jadi tempatnya mempopulerkan diri ketika membela klub pada medio 2007-2008 sebagai pemain pinjaman dari Udinese. Setelah itu Marco Motta membela Roma dan baru hengkang ke Juventus pada 2010.

Sayang, mantan kapten timnas Italia U-21 mengalami kesulitan di Juventus dan lebih banyak dipinjamkan dari Catania hingga Genoa sebelum dilepas pada 2015.

Selepas itu karier Marco Motta tak menentu dengan Watford, Charlton Athletic, Almeria, Omonia, dan kini pemain dengan posisi bek itu bermain di Indonesia bersama Persija Jakarta.

5. Silvio Piola

Striker terbaik di eranya dan dianggap yang terbaik sepanjang masa, Silvio Piola juga pernah memenangi Piala Dunia bersama timnas Italia pada 1938. Rekor demi rekor dipecahkannya di Italia.

Silvio Piola dalam kariernya membela lima klub, yakni Pro Vercelli (1929-1934), Lazio (1934-1943), Torino (1943-1944), Juventus (1945-1947), dan Novara (1947-1954). Piola meninggal dunia pada usia 83 tahun pada 4 Oktober 1996.

Selain kelima nama di atas pemain-pemain lain yang pernah membela Torino dan Juventus adalah: Emiliano Moretti, Kwadwo Asamoah, Rubinho, Angelo Ogbonna, Cristian Molinaro, Amauri, Tomas Rincon.