5 Pemain yang Pernah Mencicipi Karier di Barcelona dan Valencia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 18 Februari 2022
5 Pemain yang Pernah Mencicipi Karier di Barcelona dan Valencia
David Villa (Situs Valencia)

BolaSkor.com - Barcelona versus Valencia adalah satu di antara pertandingan yang dinanti oleh para penggemar sepak bola dan bukan sebuah kejutan jika banyak nama besar yang pernah bermain untuk kedua klub. Pada pertandingan Minggu malam (20/2), Ferran Torres dan Ilaix Moriba akan menghadapi mantan timnya.

Namun, nama-nama tak hanya berhenti sampai di sana. Ada beberapa pendahulu lainnya yang pernah merasakan membela Barcelona dan Valencia.

Baca Juga:

Masih Berani Meragukan Luuk de Jong?

Tertinggal 16 Poin dari Madrid, Barcelona Percaya Masih Bisa Juara

Tak Tergoda Label Mewah, Frenkie de Jong Setia dengan Barcelona

Berikut ini adalah lima penggawa yang pernah membela Barcelona dan Valencia:

David Villa

Tidak banyak pemain yang berhasil menjadi legenda di dua klub berbeda, tetapi David Villa berhasil melakukannya di Valencia CF dan FC Barcelona. Penyerang asal wilayah Asturia tersebut datang ke Mestalla di tahun 2005 dan mencatatkan total 129 gol dalam lima musim. Villa pun menjadi pencetak gol terbanyak kelima dalam sejarah klub.

Ia telah lama dikabarkan akan pindah dari Mestalla, hingga pada akhirnya pindah ke FC Barcelona pada tahun 2010, tepatnya setelah Piala Dunia di Afrika Selatan. Ia kembali meraih sukses bersama Blaugrana, di mana memenangi gelar LaLiga dan Liga Champions pada musim pertamanya. Kedatangannya ke Blaugrana menjadi salah satu momen penting dalam sejarah klub.

Jordi Alba

Jordi Alba memang seorang lulusan akademi Valencia, tetapi ia memulai perjalanan sepak bolanya di akademi La Masia milik FC Barcelona. Setelah dilepas oleh La Masia, Alba pindah ke Cornella lalu ke Valencia, di mana ia menjelma menjadi salah satu pemain muda terbaik di dunia.

Ketika tampil dalam tiga musim yang impresif di Valencia, Alba berganti posisi dari sayap kiri menjadi bek kiri. Kemudian, Alba kemudian diboyong Barcelona dan berhasil menjadi bek kiri andalan hingga saat ini.

Paco Alcacer

Paco Alcacer menjadi andalan Valencia sebelum ia pindah ke Barcelona pada tahun 2016. Ia menghabiskan dua musim di Camp Nou.

Lahir di wilayah Valencia, Alcacer bergabung dengan akademi Valencia CF dan menjalani debutnya di tim utama pada usia 17 tahun. Ia mencatatkan 43 gol dalam 124 penampilan dan menjadi kapten klub sebelum pindah ke Barcelona.

Di Camp Nou, Alcacer mencatatkan rasio menit per gol yang cukup baik yakni satu gol setiap 153 menit dan membantu Blaugrana menjuarai Copa del Rey secara beruntun dan satu gelar LaLiga Santander.

Alcacer lalu pindah ke Jerman bersama Borussia Dortmund dan berhasil mencetak gol di pertandingan-pertandingan penting, sebelum kembali ke LaLiga bersama Villarreal di tahun 2020.

Gaizka Mendieta

Gaizka Mendieta dikenal lewat performanya bersama Valencia CF dari 1992 hingga 2001. Selain itu, aksinya yang paling masyhur adalah gelar Copa del Rey 1999 dan mencetak salah satu gol terbaik di turnamen tersebut dalam pertandingan final melawan Atletico Madrid.

Dari situ, ia menjadi pemain Spanyol termahal sepanjang sejarah ketika ia pindah ke Lazio, sebelum kembali ke LaLiga bersama FC Barcelona sebagai pemain pinjaman. Sekarang, Mendieta menjadi seorang LaLiga Ambassador dan masih dikenang dengan baik oleh pendukung kedua tim.

Andre Gomes

Andre Gomes pindah ke Premier League berkat performanya bersama Valencia CF dan FC Barcelona. Gelandang asal Portugal ini pindah dari Benfica ke Valencia pada musim panas 2014 dan menjalani dua musim bersama Los Che.

Setelah menjuarai Euro 2016 bersama timnas Portugal, ia pindah ke Barcelona dan menghabiskan dua musim di Camp Nou dan membantu Blaugrana memenangi empat trofi sebelum pindah ke Premier League.

Barcelona Breaking News Valencia Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.507

Bagikan