5 Pemain yang Pernah Perkuat Man United dan Atletico Madrid

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 14 Maret 2022
5 Pemain yang Pernah Perkuat Man United dan Atletico Madrid
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United dan Atletico Madrid harus saling bunuh pada babak 16 besar Liga Champions 2021-2022. Menariknya, sejumlah pemain bintang pernah memperkuat kedua klub tersebut.

Manchester United akan menjamu Atletico pada leg kedua di Old Trafford, Rabu (16/3) dini hari WIB. Agregat kedua tim kini 1-1.

Laga nanti diprediksi berlangsung sengit. Kekuatan Manchester United dan Atletico memang relatif seimbang.

Baca Juga:

Mantan Rekan Setim Ungkap Penyebab Melempemnya Harry Maguire

Liga Champions: Rekor Buruk Ronaldo Hantui Langkah Man United

Rangnick Minta Pemain Manchester United yang Lainnya Ikuti Jejak Ronaldo

Selain itu, kedua tim juga diperkuat banyak pemain bernama besar. Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez menjadi dua di antaranya.

Sepanjang sejarah, ada sejumlah nama yang pernah memperkuat Manchester United dan Atletico. Berikut lima pemain yang termasuk dalam daftar tersebut:

1. David De Gea

De Gea merupakan produk asli akademi Atletico. Namun yang bersangkutan kini berstatus kiper andalan Manchester United.

De Gea sudah masuk akademi Atletico sejak usia 13 tahun. Perkembangannya yang pesat membuat Los Rojiblancos memberi kontrak profesional perdana pada 2008.

Satu tahun berselang, De Gea melakoni debut di tim utama Atletico. Ia memanfaatkan kesempatan itu dengan baik hingga merebut status kiper nomor satu.

Penampilan apik De Gea membuat Manchester United tergoda memilikinya. Raksasa Inggris itu memang butuh kiper baru seiring keputusan Edwin van der Sar untuk pensiun di akhir musim 2010-2011.

Atletico tak kuasa menahan kepergian De Gea. Manchester United rela menebusnya dengan harga 18.9 poundsterling.

De Gea sempat mengalami masa-masa sulit pada awal kedatangannya ke Inggris. Tubuh yang kurus membuatnya kesulitan tampil maksimal.

Namun De Gea menjawab keraguan dengan penampilan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Posisi kiper utama pun menjadi miliknya dalam satu dekade terakhir sampai saat ini.


2. Diego Forlan

Diego Forlan dicap sebagai salah satu pembelian gagal Manchester United. Penyerang berkebangsaan Uruguay itu memang kurang bersinar sejak diboyong dari Independiente pada Januari 2002.

Forlan tercatat hanya dua musim memperkuat Manchester United. Ia kemudian melanjutkan karier ke Spanyol bersama Villarreal.

Forlan membangun reputasinya kembali bersama Villarreal. Ia mulai diakui sebagai penyerang berkualitas setelah mencetak 58 gol dari 125 laga selama tiga musim membela panji The Yellow Submarine.

Performa apik itu membuat Atletico meminangnya pada musim panas 2007. Forlan diproyeksikan sebagai pengganti Fernando Torres yang hengkang ke Liverpool.

Membela Atletico bisa dibilang menjadi puncak karier Forlan. Ia bertahan selama empat musim dan mempersembahkan trofi Liga Europa dan Piala Super Eropa.


3. Radamel Falcao

Setelah Forlan pergi, Atletico mendatangkan Radamel Falcao sebagai penggantinya. Ia diboyong dari FC Porto dengan biaya 40 juta euro pada musim panas 2011.

Keputusan Atletico terbukti jitu. Falcao langsung mencetak 36 gol pada musim perdananya.

Namun Falcao hanya tampil dua musim bersama Atletico. AS Monaco secara berani menebusnya dengan harga 60 juta euro pada musim panas 2013.

Namun keputusan ini menjadi awal meredupnya sinar Falcao. Ia mulai sering mengalami cedera parah saat memperkuat Monaco.

Setelah pulih, Falcao kesulitan menemukan performa terbaiknya. Monaco kemudian meminjamkannya ke Manchester United pada musim panas 2014.

Namun karier Falcao tak berjalan mulus di Old Trafford. Ia gagal membuat petinggi klub terkesan sehingga enggan mempermanenkan statusnya di akhir musim.


4. Quinton Fortune

Quinton Fortune dikenal sebagai salah satu bek sayap Manchester United era Sir Alex Ferguson. Ia memperkuat tim ini pada musim panas 1999 atau setelah era treble winners.

Fortune tercatat memperkuat Manchester United selama tujuh musim. Ia ikut mempersembahkan tiga trofi bergengsi yaitu Premier League 2002-2003, Community Shield 2003, dan Piala Interkontinental 1999.

Namun sebelum memperkuat Manchester United, Fortune lebih dulu memperkuat Atletico Madrid. Pemain berkebangsaan Afrika Selatan itu bahkan memulainya dari Atletico B pada tahun 1996.

Fortune memperkuat Atletico selama tiga musim. Ia kemudian dipinang Manchester United dengan biaya sekitar 1,5 juta euro.


5. Ricardo

De Gea bukan kiper pertama yang pernah memperkuat Manchester United dan Atletico Madrid. Beberapa tahun sebelumnya, status tersebut sudah dijalani Ricardo.

Sama seperti De Gea, Ricardo merupakan jebolan akademi Atletico. Ia menembus tim utama Atletico sejak tahun 1994.

Meski begitu, Ricardo gagal merebut status kiper nomor satu di tim utama Atletico. Ia terpaksa pindah ke Valladolid pada musim panas 1998.

Setelah empat musim memperkuat Valladolid, Manchester United datang meminang Ricardo. Ia menjadi pembelian panik pada penghujung bursa transfer musim panas 2002 untuk menggantikan Fabian Barthez yang cedera.

Sayang, karier Ricardo tak berkembang di Manchester United. Ia jarang mendapat kesempatan tampil hingga akhirnya dilepas secara gratis pada akhir musim 2004-2005.

Manchester United Atletico Madrid David De Gea Radamel Falcao Diego forlan Quintone fortune Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan