5 Pemilik Klub Terkaya di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 09 Oktober 2021
5 Pemilik Klub Terkaya di Premier League
Fans Newcastle United (Twitter)

BolaSkor.com - Kejutan besar terjadi di tengah berlangsungnya jeda internasional di bulan Desember. Di kala publik fokus menyaksikan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan UEFA Nations League, Newcastle United memberi kejutan.

Setelah ramai diperbincangkan sejak 2020 akuisisi itu menjadi kenyataan. PIF (Saudi Arabia's Public Investment Fund), PCP Capital Partners, dan RB Sports & Media yang berada di bawah naungan Pangeran Mohammed Bin Salman membeli Newcastle sebesar 300 juta poundsterling.

"Premier League, Newcastle United Football Club dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," tutur pernyataan yang dimuat di Premier League.

"Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Premier League, klub telah dijual ke konsorsium dengan segera."

Baca Juga:

3 Efek dari Pergantian Pemilik Klub di Newcastle United

Akhir Era Mike Ashley, Perusahaan Arab Saudi Beli Newcastle Seharga 300 Juta Poundsterling

5 Hal Menarik dari Ivan Toney, Striker yang Ditakdirkan Bermain di Premier League

Fans Newcastle United

"Premier League sekarang telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Klub Sepak Bola Newcastle United."

Itu mengakhiri 14 tahun era Mike Ashley sebagai supremo Newcastle. Selain itu kehadiran konsorsium Arab Saudi itu menambah panjang daftar pemilik terkaya di klub-klub Premier League. Berikut daftar lima besar pemilik terkaya di Premier League

5. Nassef Sawiris - Aston Villa

Konsorsium dari Mesir mengakuisisi Aston Villa pada 2018 dari Tony Xia. Dalam kurun waktu 12 bulan Sawiris melihat Villa promosi ke Premier League setelah membeli 55 persen saham besar klub.

Sawiris salah satu yang terkaya di antara saudaranya dengan kekayaan mencapai 5,3 miliar poundsterling. Selama dua musim panas terakhir Sawiris menginvestasikan 200 juta poundsterling untuk merekrut pemain.

4. Stan Kroenke - Arsenal

Percaya atau tidak Stan Kroenke ada di lima besar daftar ini. Arsenal belum kembali ke bentuk performa terbaik dan inkonsisten di bawah arahan Mikel Arteta, tapi Kroenke sang pemilik klub ada di urutan empat.

Pengusaha Amerika Serikat pertama terlibat dengan Arsenal pada 2007 sebelum mengambilalih saham besar klub empat tahun setelahnya.

Kroenke menikah dengan Ann Walton, pewaris Walmart pada 1974 dan kemudian mendirikan perusahaan Kroenke pada 1983. Kekayaan Kroenke mencapai 6,35 miliar poundsterling dan di musim panas 2021 berinvestasi banyak kepada pemain-pemain muda.

3. Roman Abramovich - Chelsea

Pengusaha asal Rusia sudah memulai tren terlebih dahulu pada 2003 kala membeli Chelsea dari Ken Bates. Dalam kurun waktu 18 tahun Roman Abramovich berhasil menjadikan The Blues sebagai tim top di Inggris dan juga Eropa.

Investasi yang dilakukannya tidak tanggung-tanggung demi kesuksesan klub. Kekayaan Abramovich mencapai 9,6 miliar poundsterling. Di eranya Chelsea sukses memenangi lima titel Premier League dan dua trofi Liga Champions.

2. Sheikh Mansour - Manchester City

Nama yang satu ini sudah tidak asing lagi. Sejak datang mengambilalih Manchester City pada 2008, Sheikh Mansour langsung membawa The Citizens keluar dari bayang-bayang Manchester United.

Saat ini bahkan di era Pep Guardiola City menjadi tim yang lebih baik dari United. Tujuh titel Premier League sudah dimenangi City dan lima di antaranya diraih dalam sedekade terakhir. City saat ini selalu jadi unggulan juara. Kekayaan Mansour mencapai 22,9 miliar juta poundsterling.

1. Pangeran Mohammed Bin Salman - Newcastle United

Mengakhiri 14 tahun era Mike Ashley di Newcastle dan perusahaan yang berada di bawah naungan Pangeran Mohammed Bin Salman, Pangeran Arab Saudi diharapkan dapat mengembangkan tim dari sekedar klub yang bersaing di papan tengah serta menjauh dari zona degradasi.

Dengan kekayaan mencapai 320 miliar poundsterling, PIF dapat menginvestasikan uang mereka untuk merekrut nama-nama top dan juga manajer top. Menarik untuk dilihat bagaimana Newcastle setelah pergantian pemilik klub tersebut.

Breaking News Premier League Trivia Sepak Bola Newcastle United Chelsea Arsenal Manchester City Aston villa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan