BolaSkor.com - Perjalanan grup Liga Champions 2020-2021 dimulai. Meski musim ini sama seperti separuh akhir musim lalu tanpa adanya penonton di dalam stadion karena virus corona, turnamen antarklub Eropa terbaik dunia akan selalu dinantikan fans.

Begitu banyak drama yang terjadi, aksi bintang-bintang yang dinanti, taktik dan performa tim, hingga pemain-pemain muda berbakat yang dapat menarik atensi publik.

Mereka yang namanya belum dikenal publik bisa tiba-tiba mencuri perhatian dengan kontribusi atau performa yang hebat. Musim ini pun demikian. Ada beberapa pemuda (wonderkid) berbakat yang aksinya dinanti. Siapa saja?

Baca Juga:

Pencetak Gol Termuda dalam 110 Tahun Sejarah Dortmund, Jude Bellingham Jadi Pusat Perhatian di Jerman

5 Bintang Muda yang Masuk Radar Real Madrid

Cetak Gol Kontra Ukraina, Eduardo Camavinga Masuk Buku Sejarah Timnas Prancis

1. Jude Bellingham - Borussia Dortmund

Jude Bellingham

Borussia Dortmund berada di grup F bersama Club Brugge, Lazio, dan Zenit Saint Petersburg. Popularitas Dortmund sebagai klub pengembang bakat-bakat muda sudah tidak asing lagi di Eropa, mereka punya Erling Haaland, Jadon Sancho, dan musim ini ada Jude Bellingham.

Dortmund merekrutnya sebesar 25 juta euro dari Birmingham City di musim panas ini ketika usianya baru berumur 17 tahun. Lucien Favre menilainya tinggi: Jude Bellingham masih muda namun memiliki ketenangan bermain di lini tengah.

Posisinya adalah gelandang tengah. Bellingham dapat mendorong permainan tim dengan kemampuannya membantu serangan dari lini kedua, membantu tim bertahan, dan menjaga penguasaan bola.

2. Eduardo Camavinga - Stade Rennes

Eduardo Camavinga

Stade Rennes akan memulai musim debut di Liga Champions dari grup E yang berisikan Krasnodar, Sevilla (juara Liga Europa), dan klub besar Inggris Chelsea. Dalam skuad Rennes ada satu nama yang menarik: Eduardo Camavinga.

Sejak promosi dari akademi pada 2019 performa Camavinga terus berkembang dari gelandang bertahan menjadi box to box yang dapat membantu serangan. Tak heran banyak klub Eropa mengincar pemain yang baru berumur 17 tahun itu, termasuk Real Madrid.

Tinggal menunggu waktu sebelum Camavinga yang baru-baru ini mencetak gol untuk timnas Prancis pindah ke klub top Eropa.

3. Pedri dan Francisco Trincao - Barcelona

Francisco Trincao

Musim lalu Barcelona telah mengenalkan Ansu Fati di Eropa. Gol Fati bahkan mengirim Inter Milan ke Liga Europa. Performanya akan terus membaik di musim ini mengingat pengalaman dan performanya yang terus meningkat.

Selain Fati ada juga dua penyerang muda Barca yang dapat mencuri perhatian, yakni Pedri dan Francisco Trincao. Pedri (17 tahun) direkrut dari Las Palmas memiliki visi bagus, kaki cepat, dan kemampuan mengatur serangan.

Sementara Trincao direkrut dari Braga dengan biaya 31 juta euro dan klausul pembelian 500 juta euro. Penyerang sayap berusia 20 tahun akan menunjukkan kualitas yang membuat Barca membelinya sebesar 31 juta euro.

4. Ryan Gravenberch - Ajax Amsterdam

Ryan Gravenberch

Gelandang berusia 18 tahun kerap dibandingkan dengan Paul Pogba. Ryan Gravenberch promosi ke tim utama Ajax Amsterdam pada 2018 dan tinggal menunggu waktu sebelum mengikuti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, dan Donny van de Beek pergi ke klub top Eropa lainnya.

Dua tahun di tim utama Ajax performa Gravenberch berkembang. Dia memiliki kemampuan mengontrol lini tengah dan operan bola yang akurat. Mengingat agennya Mino Raiola, Gravenberch punya peluang besar gabung tim top Eropa kelak.

Ajax Amsterdam arahan Erik ten Hag berada di grup D bersama dengan Atalanta, Liverpool, dan Midtjylland.

5. Jamal Musiala - Bayern Munchen

Jamal Musiala

Gelandang serang berusia 17 tahun diboyong dari akademi Chelsea ke Bayern Munchen dan promosi pada 2020. Hans-Dieter Flick tidak begitu saja melupakan talenta dari akademi seperti Jamal Musiala meski timnya berstatus juara bertahan Liga Champions.

Kans bermain Musiala memang tidak akan sebanyak pemain senior berpengalaman lainnya di tim utama Bayern, namun Musiala masih memiliki kesempatan unjuk gigi ketika Flick melakukan rotasi pemain. Beberapa waktu lalu dia memainkan debutnya dan mencetak gol untuk Bayern di Bundesliga.