5 Penjualan Pemain yang Datang Tepat pada Waktunya

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 10 Juli 2022
5 Penjualan Pemain yang Datang Tepat pada Waktunya
Eden Hazard (Twitter)

BolaSkor.com - Aktivitas transfer di bursa transfer musim dingin atau panas tidak sekedar menjual atau mendatangkan pemain baru. Dibutuhkan juga timing (penempatan waktu) yang tepat ketika klub tahu persis kapan harus menjual pemain.

Salah satu contoh penjualan di waktu yang tepat itu pernah dilakukan Manchester United kala menjual Park Ji-sung ke Queens Park Rangers (QPR), atau saat Barcelona melepas Philippe Coutinho ke Aston Villa. Itu beberapa contoh nyata.

Penjualan harus dilakukan dengan tepat, sebab jika tak melakukannya di waktu yang tepat maka klub bisa kehilangan pemain yang notabene sudah mengenal klub, lalu kepergiannya menyisakan ruang di dalam skuad dan sulit digantikan pemain lainnya - tanpa persiapan.

Baca Juga:

Siapa Suruh Kembali ke Manchester United, Cristiano Ronaldo

5 Pemain yang Dapat Menggantikan Cristiano Ronaldo di Manchester United

5 Aturan Ketat yang Diterapkan Erik ten Hag di Manchester United

Dikutip dari Mirror, berikut lima penjualan pemain yang dilakukan klub tepat pada waktunya atau berada di timing yang tepat:

1. Park Ji-sung

Selama tujuh musim dengan Man United Park Ji-sung meraih sukses besar di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Park yang memainkan lebih dari 200 laga layak disebut legenda Man United, kemudian pada 2012 klub menjualnya ke QPR.

Dari harga jual Man United ke QPR tidak tinggi, tapi waktunya tepat sebab Park jadi pemain sering cedera kala pindah dan kemudian pensiun pada 2014 setelah sempat membela PSV Eindhoven. Mengingat kontribusi besarnya selama membela Man United, klub tepat menjualnya.

"Saya tidak menangis tentang hal itu kemarin, dan saya tidak menangis tentang hal itu hari ini, itu berarti saya pergi tanpa penyesalan," kata Park pada tahun 2014 setelah pensiun.

"Saya menikmati bermain sepak bola. Saya telah mencapai lebih dari yang saya kira. Saya benar-benar berterima kasih atas semua dukungan yang saya terima dan saya akan menjalani sisa hidup saya dengan memikirkan bagaimana saya bisa membayarnya kembali."

2. Bastian Schweinsteiger

Kali ini Man United jadi klub pembeli ketika Bayern Munchen melepas legenda mereka, Bastian Schweinsteiger, ke Man United pada 2015 setelah 13 tahun berkarier di Bayern. Benar saja, Schweinsteiger telah 'habis' dan sering cedera dengan Man United.

Pengemas 500 laga dengan Bayern hanya main 35 kali untuk Man United dan empat di antaranya terjadi saat klub dilatih Jose Mourinho. Pada akhirnya Schweinsteiger diasingkan ke tim cadangan Man United dan ia pergi ke Chicago Fire pada 2017, pensiun pada 2019.

3. Philippe Coutinho

Barcelona sudah cukup bersabar dengannya sejak direkrut dari Liverpool pada 2018 sebesar 142 juta poundsterling. Coutinho tak menjalani masa-masa terindah di Barcelona, bahkan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Aston Villa.

Siapa pun pelatih Barca, Coutinho tak pernah lagi tampil sama seperti saat di Liverpool. Pada akhirnya Barca menjualnya ke Villa dengan banderol 17 juta poundsterling. Barca merugi tapi tepat menjual pemain berusia 30 tahun selagi ada klub yang mau menampungnya.

4. Eden Hazard

Menilik performa Eden Hazard saat ini dengan Real Madrid, sudah tepat bagi Chelsea menjual pemain berpaspor Belgia itu. Pasalnya pemain berusia 31 tahun telah berkontribusi besar selama tujuh tahun memperkuat The Blues.

Jika melihat situasinya saat ini di Madrid yang tidak lagi jadi pemain kunci seperti di Chelsea, Chelsea sudah tepat menjualnya di harga yang sangat tinggi. Kabarnya transfernya mencapai 100 juta poundsterling.

5. Theo Walcott

Arsenal juga sudah cukup bersabar menanti performa terbaik dari winger asal Inggris, Theo Walcott. Tidak tanggung-tanggung Walcott (33 tahun) bermain selama 12 tahun di Arsenal dari 2006 hingga melepasnya ke Everton pada 2018.

Arsenal menjualnya di waktu yang tepat selagi masih ada klub yang menginginkannya. Kini pengemas 47 caps dan delapan gol dengan timnas Inggris memperkuat Southampton.

Isu Transfer Trivia Sepak Bola Theo Walcott Eden hazard Park Ji-sung
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan